007-Pundi Company Cooking Tools Review Cosmos Cosmos SPB 007-PUNDI Tips Menyimpan Beras

Jaga Beras Sehat dengan Simpan Beras Pakai Cosmos SPB 007-PUNDI

Siapa sih yang enggak kesel saat mau masak nasi, eh, ternyata ada semut atau bahkan kutu di berasnya? Dahulu, waktu masih menaruh beras dalam baskom biasa, saya juga sering mengalaminya. Namun, sejak menyimpan beras menggunakan Cosmos SPB 007-PUNDI alhamdulillah beras di rumah terjaga kualitasnya.

Semenjak menyimpan beras di dalam Cosmos SPB 007-PUNDI beras jadi bebas kutu dan serangga.

FYI, sesuai akronim namanya “SPB”, Cosmos SPB 007-PUNDI adalah sarana penyimpanan beras atau dispenser beras dari Cosmos. Bedanya dengan dispenser beras kebanyakan, Cosmos SPB 007-PUNDI ini bentuknya tidak terlalu besar, compact size.

Pentingnya menyimpan beras di dispenser beras

Berdasarkan pengalaman, menurut saya menyimpan beras di dalam dispenser beras memang lebih baik ketimbang meletakkan beras di dalam wadah lain, sebab:

  • Setelah menyimpan beras di sarana penyimpanan beras kondisi beras jadi lebih baik. Beras jadi lebih awet dan tidak ada berbau apek.

  • Beras terlindungi dari debu dan kotoran lainnya.

  • Tidak lagi ada binatang seperti semut, kutu, dll di beras yang disimpan.

  • Kualitas beras terlindung sehingga lebih bersih dan nutrisinya masih bagus.

Berbeda dengan waktu saya masih menyimpan beras di baskom atau ember kecil. Beras yang saya simpan sering disemutin. Kadang beberapa bulir-bulir berasnya hancur dan jadi berbau tak sedap. Kemungkinan karena diserang kutu beras.

Mengapa beras harus bebas semut, kutu, dan kotoran lainnya?

Ngobrolin tentang semut dan kutu yang sering bersarang di beras yang tidak disimpan dengan baik, memang sih binatang itu tidak berbahaya. Namun, yakin deh, kalau kita melihat semut apalagi kutu di beras, pasti bikin galau, apakah beras tersebut masih layak dikonsumsi atau enggak kan?

Kutu di beras kerap membuat beras jadi berbau tak sedap. Memang enggak berbahaya, namun membuat kandungan nutrisi beras jadi rusak. Padahal, kita mengkonsumsi beras atau nasi kan untuk mendapatkan nutrisinya yang meliputi vitamin, mineral, asam lemak, zat besi, dll.

Menyimpan beras sembarangan bisa merusak kandungan nutrisinya.

Kalau berasnya rusak, tentu saja nutrisi yang kita harapkan untuk kesehatan tubuh tersebut juga tidak sesuai harapan. Kalau udah sepertu itu, bisa memengaruhi kesehatan tubuh juga, lho. Ada kemungkinan tubuh kita mengalami manutrisi karena kehilangan zat-zat nutrisi yang berharga yang seharusnya kita dapatkan dari nasi yang konsumsi.

Ingat lho, sebaiknya jangan menyepelekan malnutrisi. Apabila malnutrisi terjadi pada anak-anak, maka anak-anak akan mengalami gangguan pada tumbuh kembangnya. Jika terjadi pada orang dewasa, maka akan menyebabkan susah fokus dan konsentrasi, risiko mudah terkena infeksi penyakit, serta gangguan kesehatan jangka panjang. Itulah sebabnya, jangan sampai kita makan nasi yang kualitasnya tidak bagus.

Maka, sangat penting untuk kita selalu menjaga kualitas nutrisi beras kita dari semut, kutu, atau binatang/ kotoran lain yang sering menyerang beras yang kita simpan. Salah satu caranya dengan menyimpan beras di sarana penyimpanan beras yang bagus.

Sarana penyimpanan beras yang bagus

Sebaiknya simpan beras di sarana penyimpanan beras yang memiliki syarat sebagai berikut:

  • Sarana penyimpanan beras tersebut terbuat dari bahan berkualitas

Pastikan bahan sarana penyimpanan beras kita terbuat dari bahan yang bagus, kuat, dan tebal. Tujuannya supaya binatang seperti semut atau kutu tidak mudah masuk menembus tempat beras kita disimpan. Kalau bisa pakai yang bahannya food grade juga, sehingga yakin bahan makanan beras yang kita simpan aman dari bahan-bahan kimia berbahaya. Dengan begitu kita bisa yakin higienitas beras yang kita olah menjadi nasi akan selalu terjadi.

  • Sarana penyimpanan beras tertutup

Wadah kita menyimpan beras wajib tertutup rapat, supaya tidak ada debu, kotoran, dan binatang masuk dan merusak kualitas beras. Selain itu, menyimpan beras dalam sarana penyimpanan yang tertutup akan mencegah beras menjadi lembab.

Beras yang disimpan dalam wadah penyimpanan tidak tertutup akan mudah menyerap air. Akibatnya, nanti beras akan menggumpal serta menyebabkan munculnya jamur. Kita tentu tak mau donk mengkonsumsi beras rusak dan berjamur?

  • Sarana penyimpanan beras dengan suhu ruang

Jangan menyimpan beras di sarana penyimpanan beras yang memiliki suhu lebih tinggi dari suhu ruang, karena nanti bisa merusak nutirsi dan kualitas rasa beras.

Nah, salah satu sarana penyimpanan beras yang memenuhi persyaratan di atas adalah Cosmos SPB 007-PUNDI.

Tentang Cosmos SPB 007-PUNDI

Cosmos SPB 007-PUNDI ini memiliki kapasitas penyimpanan 7 kg beras. Tidak terlalu besar maupun berat, sehingga mudah dipindahkan. Body sarana penyimpanan beras ini terbuat dari bahan plastik tebal yang sudah food grade, sehingga bagus untuk menjaga kualitas beras.

Terbuat dari plastik food grade.

Cosmos SPB 007-PUNDI ini memiliki beberapa keunikan, yakni:

  • Memiliki teknologi FIFO (Firts In First Out)

Teknologi FIFO ini memungkinkan beras yang masuk pertama kali ke sarana penyimpanan beras akan keluar terlebih dahulu. Soalnya, cara pengambilan berasnya adalah dengan membuka “laci” dari bawah, bukan dari atas. Hal ini bagus untuk menjadikan beras yang disimpan lebih sehat dan higienis karena sirkulasinya teratur.

Tinggal buka laci bawah untuk mengeluarkan beras.
  • Desainnya Korean-style

Desainnya stylish dengan warna hijau tosca membuat sarana penyimpanan beras inin terlihat model dan bergaya. Bagus juga untuk memperindah ruangan dapur di rumah kita.

  • Compact size

Seperti yang saya bilang sebelumnya, kapasitas penyimpanannya 7 kg, sehingga tidak makan tempat dan mudah dipindahkan.

  • Bebas tikus dan karat

Terbuat dari plastik food grade, sehingga anti karat dan tidak mengundang tikus.

  • Tersedia takaran otomatis

Sekali tarikan “laci” akan mengeluarkan 130 gr beras.

Desainnya ala Korean style.
  • Terdapat jendela intip

Jendela intip ini akan memudahkan kita melihat persediaan beras dalam wadah.

Bisa mengecek ketersediaan beras melalui jendela intip.
  • Anti selip

Walau produk ini memiliki compact size dan ringan, namun tetap anti selip dan tidak mudah bergeser.

Terakhir, sarana penyimpan beras dari Cosmos ini memiliki lifetime service garansi produk selama 1 tahun. Namun, insyaAllah awet sih. Saya juga memiliki beberapa barang dengan merek Cosmos yang sudah saya miliki bertahun-tahun, seperti kipas, rice cooker, blender, dll. Semua awet.

Cosmos yang sudah 45 tahun lebih berkiprah di bidang peralatan rumah tangga ini memang ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Cosmos juga ingin menunjukkan bahwa produk brand lokal tidak kalah dari produk luar. Itulah sebabnya Cosmos mendukung program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan membuat produk-produk yang berkualitas baik.

Tak hanya itu, sejak Juni lalu, Cosmos menggelar lomba desain Kreasi Rice Cooker (KRC) yang terbuka untuk masyarakat umum dengan tema “Aku Indonesia, Aku Berkarya”. Lomba ini sekaligus untuk merayakan hari jadi Cosmos ke-45 tahun.

Pengumuman pemenang lomba kontes kreasi desain rice cooker. Sumber gambar: website Cosmos.

Hadiah lomba KRC ini tidak tanggung-tanggung, yakni:

  • Juara 1: hadiah uang senilai Rp. 8.000.000,00

  • Juara 2: hadiah uang senilai Rp. 5.000.000,00

  • Juara 3: hadiah uang senilai Rp. 3.000.000,00

  • 5 juara favorit: hadiah uang senilai @Rp. 1.000.000,00

  • 6 juara sosial media: hadiah uang senilai @Rp. 500.000,00

Siapa saja yang menjadi pemenang lomba sudah diumumkan bulan Oktober lalu. Apabila teman-teman penasaran siapa saja yang beruntung, bisa langsung melihat pengumumannya di https://store.cosmos.id/juarakreasiricecooker ya.

Selain membuat kontes KRC, Cosmos juga mendukung penanganan Covid-19 di Indonesia. Salah satunya dengan membagikan ribuan lampu UVC (tipe CZR-5055 MG) untuk beberapa rumah sakit di Jakarta dan Semarang, antara lain: RS Tsu Chi, RS Roemani, RS Tlogorejo, RS Panti Wiloso, dan RS Colombia.

Wah, jadi ikut bangga deh selama ini sudah pakai beberapa produk Cosmos. Teman-teman bagaimana? Ada yang punya pengalaman pakai produk Cosmos juga?

Kembali lagi ke produk Cosmos SPB 007-PUNDI, saya sangat merekomendasikan produk ini, deh. Masih inget enggak tagline “Ingat Beras, Ingat Cosmos”? Memang sebagus itu, kok. Sarana penyimpanan beras ini bikin beras bebas dari semut, kutu jahat, dan binatang serta kotoran lainnya.

FYI, Cosmos SPB 007-PUNDI ini bisa teman-teman dapatkan di https://store.cosmos.id/cosmos-sarana-penyimpan-beras-007-pundi-rice-box-7-kg. Sedangkan untuk informasi mengenai produk Cosmos yang lain bisa teman-teman dapatkan di akun Instagram @cosmosonline. Semoga informasi produk ini bermanfaat ya 🙂 .

April Hamsa

56 Comments

  1. Yeni Sovia 27 Desember, 2021
  2. Era Sapamama 27 Desember, 2021
  3. Gusti yeni 28 Desember, 2021
  4. Helena 28 Desember, 2021
  5. Arda Sitepu 28 Desember, 2021
  6. Widyanti Yuliandari 28 Desember, 2021
  7. Aminnatul Widyana 28 Desember, 2021
  8. Ruli retno 28 Desember, 2021
  9. Ainhy 29 Desember, 2021
  10. Damar Aisyah 29 Desember, 2021
  11. Sekolah parenting Harum 29 Desember, 2021
  12. Firsty ukhti molyndi 29 Desember, 2021
  13. antung apriana 29 Desember, 2021
  14. maya rumi 29 Desember, 2021
  15. Dedew 29 Desember, 2021
  16. Dian 29 Desember, 2021
  17. RAch alida 29 Desember, 2021
  18. Andiyani Achmad 29 Desember, 2021
  19. Mirna Rahardjo 29 Desember, 2021
  20. Sri Widiyastuti 29 Desember, 2021
  21. Hidayah Sulistyowati 29 Desember, 2021
  22. Siti Hairul 29 Desember, 2021
  23. Milda Ini 29 Desember, 2021
  24. Maya Siswadi 29 Desember, 2021
  25. Nunung 29 Desember, 2021
  26. Wiwied Widya 29 Desember, 2021
  27. lendyagassi 29 Desember, 2021
  28. Fenni Bungsu 2 Januari, 2022
  29. lendyagassi 2 Januari, 2022
  30. Mpo Ratne 3 Januari, 2022
  31. Sarieffe 3 Januari, 2022
  32. lendyagassi 3 Januari, 2022
  33. Hani 3 Januari, 2022
  34. Herva yulyanti 3 Januari, 2022
  35. Hida 3 Januari, 2022
  36. Yayat 3 Januari, 2022
  37. nita juwithafina 3 Januari, 2022
  38. silvie 4 Januari, 2022
  39. nurulrahma 5 Januari, 2022
  40. Rani Yulianty 5 Januari, 2022
  41. Peri Hardiansyah 5 Januari, 2022
  42. Rindang Yuliani 5 Januari, 2022
  43. Eko Prasetyo 5 Januari, 2022
  44. Rudi Soedjono 6 Januari, 2022
  45. Anita Makarame 6 Januari, 2022
  46. Fandhy Achmad Romadhon 6 Januari, 2022
  47. unggulcenter 6 Januari, 2022
  48. Tomi Purba 6 Januari, 2022
  49. Eni Rahayu 6 Januari, 2022
  50. Jiah Al Jafara 6 Januari, 2022
  51. Khoirur Rohmah 6 Januari, 2022
  52. Retno Kusuma Wardani 6 Januari, 2022
  53. lendyagassi 7 Januari, 2022
  54. Susindra 9 Januari, 2022
  55. Dian Farida Ismyama 11 Januari, 2022
  56. kurnia amelia 17 Januari, 2022

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!