Blogger Reporter Events Product Review Sinar Mas

Berburu Minyak Goreng Murah di Bazaar Rakyat Sinar Mas

Saat Bulan Ramadan, apalagi menjelang lebaran seperti sekarang ini, biasanya beredar isu bahwa harga-harga sembilan bahan pokok (sembako), khususnya minyak goreng, melambung tinggi. Wah, kabar yang kayak gitu-gitu , biasanya suka bikin puyeng kepala teman-teman, terutama ibu-ibu, nih…

Maklum, saat Ramadan kan biasanya para ibu suka memasak menu buka puasa spesial. Apalagi, ketika menjelang dan pas Hari Raya Idul Fitri, biasanya para ibu bersiap menjamu tamu dengan masakan yang lezat-lezat. Nah, kalau minyak goreng naik, bisa-bisa buyar deh rencana masak-masaknya, hehe.

Meski demikian, apabila mengetahui informasi semacam itu, kita harus tetap berkepala dingin ya teman-teman? Jangan panik, apalagi kemudian misuh-misuh nyalah-nyalahin pemerintah. Udahnya sia-sia, bisa bikin puasa batal pula. Sebaiknya, gali informasi lagi, apakah betul harga-harga minyak goreng naik semua?

Trus, jangan lupa, setiap tahun kan saat Ramadan gini, selalu ada bazaar-bazaar yang menjual sembako murah. Nah, kita bisa mencari tahu informasi mengenai dimana dan kapan bazaar-bazaar tersebut diselenggarakan. Sehingga, kita bisa memanfaatkannya buat berburu sembako, khususnya minyak goreng.

Sinar Mas menyalurkan minyak goreng melalui Bazaar Rakyat

Salah satu bazaar murah yang setiap tahun terselenggara pada bulan Ramadan adalah Bazaar Rakyat Sinar Mas. For your information, Sinar Mas merupakan industri nasional yang karyawannya berkisar sekitar 380.000 orang lebih. Salah satu pilar usaha Sinar Mas bergerak di bidang agribisnis dan makanan, yakni PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk atau PT SMART. PT Smart ini aktif menjadi penyelenggara kegiatan Bazaar Rakyat setiap tahunnya, khususnya ketika Bulan Ramadan.

Sinar Mas aktif menggelar Bazaar Rakyat sejak 2005.

Sinar Mas telah aktif menyalurkan minyak goreng ke masyarakat melalui Bazaar Rakyat semenjak tahun 2005. Kegiatan Bazaar Rakyat yang diselenggarakan oleh Sinar Mas, memang merupakan salah satu bagian dari Corporate Social Responsibillity (CSR) perusahaan. Setiap tahun, masyarakat juga banyak yang antusias menyambut Bazaar Rakyat Sinar Mas ini.

Hingga saat ini, Sinar Mas telah menyalurkan lebih dari 30 juta liter minyak goreng kemasan kepada masyarakat. Dalam setiap kegiatan Bazaar Rakyat-nya, Sinar Mas kerap tidak sendiri. Namun, Sinar Mas juga menggandeng mitra dari berbagai lembaga. Mulai dari TNI, Polri, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, serta pesantren.

Gambaran Bazaar Rakyat Sinar Mas. Sumber foto: Instagram Sinar Mas.

Dari tahun ke tahun, banyak perkembangan yang terjadi pada Bazaar Rakyat Sinar Mas ini. Salah satunya, kini, Bazaar Rakyat Sinar Mas enggak cuma diselenggarakan di kota-kota besar yang ada di Pulau Jawa aja, melainkan juga di pulau-pulau lain di seluruh Indonesia. Tahun 2018 sekarang ini, Sinar Mas mengadakan Bazaar Rakyat di 39 kota besar di Pulau Jawa, lima kota di Pulau Sumatera, dan satu kota di Pulau Sulawesi.

Produk yang dijual di Bazaar Rakyat Sinar Mas 2018 sebenarnya enggak hanya minyak goreng, melainkan juga produk Sinar Mas lainnya, seperti biskuit, minuman ringan, dan buku. Meski demikian, minyak goreng masih menjadi produk utama yang akan dijual di Bazaar Rakyat Sinar Mas ini. Target penjualannya sebanyak 520.000 liter minyak goreng selama Ramadan tahun 2018.

Tujuan Sinar Mas menjual minyak goreng murah di Bazaar Rakyat

Mengapa sih kok Sinar Mas mau repot-repot bikin bazaar segala untuk jual minyak murah ke masyarakat?” Ada yang penasaran? Jadi begini, teman-teman, Sinar Mas, sebenarnya menyelenggarakan Bazaar Rakyat dengan berbagai tujuan, antara lain:

Sebagai bagian dari CSR perusahaan

Tadi, di atas sudah saya jelaskan secara singkat ya, bahwa Bazaar Rakyat ini merupakan bagian dari CSR Sinar Mas. CSR sendiri merupakan kontribusi perusahaan untuk masyarakat. Salayh satunya yang dilakukan Sinar Mas adalah bentuk CSR yang dilakukan dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat.

Komitmen perusahaan menjamin ketersediaan pasokan minyak goreng

Sinar Mas merupakan salah satu produsen utama minyak kelapa sawit, bahan dasar pembuatan minyak goreng, sehingga pasti punya pasokan yang cukup buat masyarakat. Untuk itu, Sinar Mas sengaja membuat kegiatan semaca Bazaar Rakyat ini untuk memunculkan semacam efek psikologis yang menenangkan masyarakat, bahwa pasokan minyak goreng masih memadai dan harga tetap stabil, malah lebih murah.

Mengedepankan produk dan merek milik sendiri

Sinar Mas memiliki beberapa produk dan merk minyak goreng. Bazaar Rakyat menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan produk dan merek Sinar Mas kepada masyarakat.

Sinar Mas menjual tiga produk dan merek minyak goreng dalam kegiatan Bazaar Rakyat ini, yakni Filma, Kunci Mas, dan Mitra. Ketiganya dijual sekitar Rp. 8.000,-an/ 1 liter saja. Jauh lebih murah dari harga minyak goreng di pasaran yang dibandrol sekitar Rp. 13.000,-an. Dalam Bazaar Sinar Mas ini, masing-masing pembeli mendapatkan kupon untuk mendapatkan dua liter minyak goreng.

Salah satu produk minyak goreng andalan SInar Mas, Filma. Sumber foto: website Sinar Mas.

Filma, Kunci Mas, dan Mitra dipilih sebagai minyak goreng untuk Bazaar Rakyat karena Sinar Mas berkomitmen memberikan produk terbaik mereka kepada masyarakat. Baik, Filma, Kunci Mas, maupun Mitra adalah:

  • Merupakan minyak goreng berkualitas yang dihasilkan dari buah sawit yang dipilih seksama.
  • Minyak goreng ini dihasilkan melalui teknologi penyulingan terbaru dengan pengendalian kualitas terbaik untuk memastikan kejernihannya.

Penjualan minyak goreng kemasan adalah bagian komitmen sektor industri menjamin ketersediaan pasokan bagi masyarakat, khususnya di Bulan Ramadan. Bazaar rakyat sekaligus menjadi kesempatan kami guna berbagi dengan masyarakat, mengedepankan produk, dan merek sendiri,” kata Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto dalam siaran pers-nya.

Mengaplikasikan semangat berbagi di Bulan Ramadan

Mumpung Bulan Ramadan, tentunya waktu-waktu seperti sekarang ini cocok untuk kegiatan-kegiatan berbagi seperti Bazaar Rakyat ini. Jadi selain ingin mengedepankan produknya, sebagai perusahaan besar, Sinar Mas juga ingin mengaplikasikan nilai-nilai kepedulian, semangat berbagi, dan silaturahmi dengan sesama di Bulan Ramadan ini.

Beberapa kegiatan Bazaar Rakyat Sinar Mas

Berikut adalah beberapa kegiatan Bazaar Rakyat Sinar Mas yang baru-baru ini terselenggara:

  • 30 Mei 2018: Sinar Mas menyelenggarakan Bazaar Rakyat di Pondok Pesantren Aiddanuriyah, Gemah, Semarang. Kegiatan Bazaar Rakyat ini bekerjasama dengan Polda Jawa Tengah.
  • 31 Mei 2018: Sinar Mas bersama Kodam Diponegoro Semarang mengadakan Bazaar Rakyat yang menjual minyak goreng berkualitas. Bazaar Rakyat ini diseleggarakan di Pondok Pesantren Wali.
  • 2 Juni 2018: Sinar Mas menggandeng pengurus Gereja St Anna membuka Bazaar Rakyat untuk menjual minyak goreng murah kepada masyarakat di sekitar Klender, Jakarta Timur. Bazaar Rakyat ini mengambil tema kepedulian dan kebersamaan.
  • 4 Juni 2018: Sinar Mas bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyelenggarakan Bazaar Rakyat.
  • 5 Juni 2018: Sinar Mas bermitra dengan Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Bazar Rakyat.

Untuk mendapatkan gambaran mengenai antusiasme masyarakat menyambut Bazaar Rakyat Sinar Mas, teman-teman bisa melihat video ini yaaa…

Suasana Bazaar Rakyat Sinar Mas. Sumber: YouTube Channel Sinar Mas.

Sinar Mas juga wakafkan mushaf Al Quran

Tidak hanya menyemarakkan Ramadan dengan Bazaar Rakyat saja, Sinar Mas juga melakukan gerakan wakaf mushaf Al Quran di beberapa tempat. Sama dengan Bazaar Rakyat, kegiatan Wakaf Al Quran ini sudah terselenggara sejak lama, tepatnya sejak tahun 2008, dengan dukungan Asia Pulp and Paper Sinar Mas.

Sepanjang waktu tersebut, Sinar Mas sudah menyalurkan lebih dari 800 ribu mushaf Al Quran, 50 ribu buku panduan membaca Al Quran dan Juz Amma, serta 300 set Al Quran Braille untuk penyandang tuna netra. Menariknya, seluruh Al Quran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper, sebuah kertas yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp and Paer Tangerang khusus untuk percetakan kitab suci dan buku agama.

Dokumentasi acara Wakaf Al Quran. Sumber foto: website Sinar Mas.

Sebagai kertas yang dipakai untuk mencetak kitab suci dan buku agama, Quran Paper ini telah mendapatkan sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kertas ini enggak hanya dipakai di Indonesia saja, namun juga diekspor ke berbagai negara seperti di Asia dan Afrika.

Beberapa kegiatan Wakaf Al Quran yang telah terlaksana beberapa waktu terakhir antara lain:

  • 18 Mei 2018: Sinar Mas mewakafkan Al Quran dengan kertas premium ke Masjid Istiqlal, Jakarta.
  • 28 Mei 2018: Sinar Mas mewakafkan pula 1.000 mushaf Alquran kepada Masjid Nogotirto, Sleman, Yogyakarta.
  • 29 Mei 2018: Sinar Mas dan Metro TV mengadakan acara Wakaf Al Quran di Yayasan Pondok Pesantren Al Washilah, Jakarta.

Wah, cukup menarik ya teman-teman Bazaar Rakyat 2018  dan Wakaf Al Quran yang diselenggarakan oleh Sinar Mas ini? Kalau teman-teman tertarik, ingin tahu informasi kapan Bazaar Rakyat dan Wakaf Al Quran ini terselenggara lagi, teman-teman bisa mencari informasinya di media sosial Sinar Mas berikut:

  • Instagram: @sinar_masid
  • Twitter: @Sinar_MasID
  • Facebook: @SinarMasID
  • YouTube Channel: SinarmasNet

Semoga informasi ini bermanfaat ya teman-teman. Jadi, jangan panik lagi kalau ada isu minyak goreng naik. InsyaAllah, minyak goreng dari Sinar Mas pasokannya cukup dan harganya stabil, kok 🙂 .

April Hamsa

22 Comments

  1. Ria Bilqis 7 Juni, 2018
  2. Rach Alida Bahaweres 7 Juni, 2018
  3. Tian lustiana 7 Juni, 2018
  4. Okti Li 7 Juni, 2018
  5. Beautyasti 7 Juni, 2018
  6. Beautyasti1 7 Juni, 2018
  7. Milda Ini 7 Juni, 2018
  8. Emak Petualang 7 Juni, 2018
  9. Annafi 7 Juni, 2018
  10. Fenni Bungsu 7 Juni, 2018
  11. Nova Violita 7 Juni, 2018
  12. Amallia Sarah 7 Juni, 2018
  13. retno 7 Juni, 2018
  14. gita siwi 7 Juni, 2018
  15. Valka 7 Juni, 2018
  16. Ira duniabiza 8 Juni, 2018
  17. Septia 8 Juni, 2018
  18. Mayuf 8 Juni, 2018
  19. Elly Nurul 8 Juni, 2018
  20. Widia 8 Juni, 2018
  21. Ade UFi 8 Juni, 2018
  22. Windah 8 Juni, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!