Cerita Makan-makan Cerita Masak-masak Cooking Tips Experience FiberCreme Food Food Product Review Mom Life Product Review Resep Camilan Tips & Opinion

Resep Camilan Anak yang Gampang dan Sehat Pakai FiberCreme

Hai, moms, dari judul di atas mungkin moms udah bisa menebak ya, saya mau memposting artikel apa kali ini, hehe. Yup, bener banget, sesuai judul, saya mau sharing nih ke moms semua mengenai resep camilan anak yang gampang dan sehat pakai FiberCreme.

BTW, sudah kenal FiberCreme belum? Nanti, saya kenalin deh, buat yang belum kenal. Namun, sebelumnya, izinkan saya curcol dulu yaaa.

Bikin camilan sendiri, banyak untungnya!

Semuanya berawal, pada suatu sore ketika anak saya merengek minta camilan, huhuhu.

Bunda gak ada camilan,” protes Maxy, anak pertama saya.

Mau camilan?” Tanya saya.

Iyaaa,” jawabnya.

Tapi sabar yaaa, kita bikin dulu,” kata saya.

Hmmm, entah perasaan saya aja atau gimana ya, semenjak ada anjuran #WorkFromHome dan #dirumahsaja gara-gara wabah Corona seperti sekarang, orang serumah jadi lebih banyak porsi makannya. Terutama anak-anak tuh, kerjaannya ngemiiiil melulu. Walau sebelumnya udah makan besar,  ya tetep aja, tak lama kemudian minta camilan. Stock camilan ringan yang biasa kami sediakan untuk satu bulan, cepet banget abisnya.

Bikin camilan anak sendiri yuk moms pakai FiberCreme.

Sebenarnya, kalau stock  camilannya habis, bisa aja sih tinggal beli kue/ snack pakai pesan antar online aja udah beres. Tapiiii,  dalam situasi seperti sekarang, kalau beli-beli mulu, tekor donk. Kapan kita bisa nabung buat keperluan yang lebih penting kalau duitnya abis buat latte factor kayak jajan mulu, yekaaan? #emakpelittapirasionalmodeon haha.  Belum lagi, kita enggak bisa menjamin makanan di luar lebih bersih. 

Wes, amannya ya bikin saja camilan buat anak sendiri. Lebih hemat dan tentu saja yakin makanannya bersih, karena kita sendiri yang bikin, yekanYaaa, walau kemampuan cooking dan baking kita (eh, atau saya sendiri ya? hehe) mungkin cuma sekian persen doank, haha. Namun, percayalah, dalam kondisi kayak sekarang, sepertinya apa pun yang moms hidangkan di meja makan, akan cepet ludes, deh.

Yes, moms, saran saya, ketimbang sering-sering beliin camilan untuk anak, sebaiknya kita coba bikin sendiri aja. Bikin camilan sendiri buat anak tuh banyak untungnya lho, antara lain:

  • Mengurangi latte factor

Tadi udah saya singgung di atas ya moms, enggak banget deh, kalau tiap anak minta camilan trus kita beli. Biasanya itu akan membuat anggaran belanja jadi bocor alus (latte factor). Biasanya kebiasaan jajan ini baru terasanya di akhir bulan, tiba-tiba duit udah abis aja, tanpa kita sadari. Gara-gara dikit-dikit jajan. Walau kelihatannya jajannya murah, tapi kalau beberapa kali bahkan tiap hari jajan ya lumayan nih bolongnya 😀 .

  • Camilan lebih sehat

Pastinyaaa donk! Kita memasak sendiri makanan/ camilan tersebut. Kita tahu bahan-bahan dan peralatan apa saja yang kita pakai, sehingga insyaAllah lebih aman, bersih, dan sehat dikonsumsi oleh anak-anak kita, ketimbang kita beli camilan di luar sana yang belum tentu jelas kebersihannya.

  • Secara tak langsung mengajari anak beberapa hal

Biasanya kalau bikin camilan sendiri di rumah, anak tuh suka kepengen tahu.

Bunda sedang apa?”

Sedang bikin puding,” misalnya.

Trus, anak mengamati apa yang kita lakukan. Kita bisa jelaskan sedang bikin camilan untuknya dan kita juga bisa menjabarkan alasan mengapa memasak sendiri ketimbang beli. Dengan demikian secara enggak langsung kita mengajari anak beberapa hal, misal ngajarin masak (biasanya anak pasti suka ikutan bantuin kan moms?), trus meletakkan dasar literasi keuangan juga, seperti berhemat, dll.

Apa yang kita ajarkan hari ini biasanya akan diserap oleh anak dan (semoga) kalau udah dewasa kelak, mereka akan meniru apa yang kita lakukan hari ini.

Tentang FiberCreme, bahan untuk bikin camilan anak

Lanjut lagi ke resep yang mau saya share yaaa. Jadi, seperti yang tadi saya sebut di awal saya memulai postingan ini, semua resep camilan anak kali ini pakai bahan FiberCreme.

Apakah FiberCreme itu?

Moms, yang biasanya suka mengeksplorasi rak etalase bagian makanan di supermarket pasti enggak asing deh dengan FiberCreme ini. Seperti namanya, FiberCreme ini adalah krimer multifungsi yang bisa kita pakai untuk membuat makanan dan minuman, baik yang gurih maupun yang manis. FiberCreme ini rasanya creamy sehingga cocok untuk pengganti santan maupun susu untuk memasak makanan atau membuat minuman.

FYI, FiberCreme ini terbuat dari karbohidrat alami yang bernama oligosakarida yang tinggi serat plus minyak kelapa, sehingga mudah diserap oleh usus besar. FiberCreme ini juga diklaim:

  • Rendah gula (hanya 1,44 gr gula per 100 gr-nya)
  • Memiliki Indeks glikemik yang rendah
  • Bebas laktosa
  • Bebas gluten
  • Minyak kelapanya bebas lemak trans dan kolesterol.

FiberCreme memiliki beberapa kemasan.

Berdasarkan kandungan bahan-bahannya tersebut, FiberCreme lebih menyehatkan ya moms dibanding santan atau susu. Cocok buat mereka yang menderita penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, dll. Daaan, buat anak-anak yang mungkin memiliki intoleransi terhadap laktosa/ alergi susu protein sapi dan alergi gluten, FiberCreme ini cocok untuk membuat makanan mereka lebih terasa enak dan creamy. Anak-anak pun lebih lahap makannya, deh.

Selain itu, FiberCreme ini juga punya beberapa keunggulan lain:

  • Bikin kenyang lebih lama karena tinggi serat, cocok juga nih buat yang sedang diet.
  • Mudah membuatnya, tinggal campur saja ke makanan/ minuman yang dibuat.
  • Makanan jadi tidak mudah basi dan awet, sebab terbuat dari bahan dengan tingkat stabilitas bagus sehingga membuat makanan tidak mudah tengik.
  • Trus, yang lebih penting FiberCreme telah mengantongi sertifikat halal dari MUI dan sudah terdaftar pula di BPOM. Informasinya sudah tertera pada kemasan produknya ya moms.

FiberCreme bisa kita temukan di minimarket dan supermarket terdekat dalam tiga ukuran yakni 100 gr, 168 gr, dan 450 gr. Moms, bisa membelinya sesuai kebutuhan. Kalau cukup sering masak pakai santan/ susu bisa juga lho stock FiberCreme di rumah. Lebih sehat soalnya 🙂 .

Info lebih lengkap tentang FiberCreme bisa moms dapatkan di:

Tiga resep camilan anak pakai FiberCreme

Nah, sekarang balik lagi ke resep camilan untuk anak…

Kalau bikin camilan, biasanya saya mengusahakan supaya bahan-bahannya mengandung elemen yang bernutrisi buat anak, misal buah-buahan, protein hewani, dll. Bahan-bahan ini biasanya kalau dimakan langsung agak kurang diminati oleh anak-anak. Namun, kalau dijadikan olahan makanan atau camilan, biasanya anak mau memakannya dengan lahap 😀 .

Berikut ketiga resep camilan anak pakai FiberCreme ya moms:

Es Buah Campur FiberCreme (1 porsi)

Es buah campur pakai FiberCreme.

Bahan-bahan:

  • Semangka
  • Mangga
  • Blewah
  • Agar-agar hijau
  • 150 ml air
  • 1-2 sdm sirup
  • 1 sdm FiberCreme
  • Es batu (sesuai selera)

Cara memasak:

  • Potong-potong buah semangka, mangga, blewah, dan agar-agar hijau dalam bentuk kotak-kotak/ dadu kecil.
  • Masukkan 1 sdm sirup (atau 2 sdm jika ingin lebih manis) ke dalam 150 ml air). Aduk hingga rata.
  • Campurkan 2 sdm FiberCreme ke dalam larutan sirup. Aduk sampai tercampur rata.
  • Masukkan potongan buah dan agar-agar.
  • Masukkan 2-3 balok es batu.
  • Maka, Es Buah Campur FiberCreme pun siap dinikmati. Cocok juga disajikan untuk tamu.

Spageti Kornet Sapi FiberCreme (3 porsi)

Resep pasta spageti pakai FiberCreme yang gampang banget.

Bahan-bahan:

  • 150 gr pasta spageti
  • 50 gr Kornet sapi
  • FiberCreme
  • Keju cheddar
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 butir telur
  • 1 butir telur
  • 2 sdm FiberCreme
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdm margarin
  • air sesuai kebutuhan

Cara memasak:

  • Didihkan air. Masukkan pasta spageti ke dalam air dan rebus hingga matang. Tambahkan sedikit garam.
  • Setelah spageti matang, sisihkan terlebih dahulu.
  • Untuk bumbunya, iris bawang putih dan tomat.
  • Panaskan margarin di penggorengan, aduk-aduk sampai harum.
  • Masukkan irisan bawang putih dan tomat aduk-aduk kembali.
  • Masukkan kornet, campur dengan tumisan bawang putih dan tomat tadi. Aduk hingga merata.
  • Tambahkan sedikit air dan tumis kembali campuran kornet tersebut.
  • Masukkan pasta spageti yang tadi dimasak. Aduk-aduk sampai merata.
  • Tambahkan lada, gula, dan garam. Aduk lagi hingga tercampur semua bahan dan sekiranya udah siap dihidangkan.
  • Sementara itu jangan lupa campur telur dengan FiberCreme aduk-aduk.
  • Matikan kompor yang dibuat untuk memasak spageti tadi, lalu siramkan campuran telur dan FiberCreme ke atas pasta. Biarkan panasnya pasta mematangkan adonan telur dan FiberCreme tadi. Ketika dirasa sudah siap dihidangkan, maka angkat dari kompor.
  • Untuk cara menghidangkannya, taruh seporsi pasta spageti ke dalam piring. Kemudian beri parutan keju sebagai topping-nya.
  • Spageti Kornet Sapi FiberCreme pun siap dinikmati.

Puding Mangga FiberCreme (6 porsi)

Puding mangga pakai FiberCreme lebih sehat.

Bahan-bahan:

  • 1 buah mangga
  • 1 bungkus agar-agar
  • 3 sdm FiberCreme
  • 900 ml air
  • 6-7 sdm gula pasir

Cara memasak

  • Campur agar-agar, air, FiberCreme, dan gula pasir dalam satu panci, kemudian masak sambil diaduk-aduk sampai matang/ mendidih.
  • Potong-potong buah mangga dalam bentuk kotak/ dadu.
  • Masukan potongan mangga ke dalam cetakan puding.
  • Setelah larutan agar-agar matang, maka siramkan ke atas potongan mangga tadi.
  • Tunggu sampai dingin dan mengeras, kemudian masukkan ke kulkas, jika ingin dinikmati dalam kondisi dingin.

Nah, itulah moms, ketiga resep camilan anak yang gampang dan sehat pakai FiberCreme. Gampang bukan bikinnya?

Oh iya, kalau moms mau rekomendasi resep camilan/ masakan enak, sehat, dan gampang dibuat yang lainnya, moms bisa lihat di Instagram FiberCreme  @FiberCreme_TV . Jangan lupa follow juga ya moms supaya tahu updatean resep-resepnya 🙂 . 

Well, semoga postingan kali ini bisa membantu moms yang mungkin sama pusingnya dengan saya, ketika anak minta jajan/ camilan selama kondisi #dirumahsaja gara-gara Corona seperti sekarang ini yaaa 🙂 .

April Hamsa

80 Comments

  1. herva yulyanti 19 Maret, 2020
    • April Hamsa 19 Maret, 2020
      • herva yulyanti 23 Maret, 2020
    • Yeni Sovia 21 Maret, 2020
  2. Faridilla Ainun 19 Maret, 2020
    • April Hamsa 19 Maret, 2020
      • Lina W. Sasmita 24 Maret, 2020
  3. Efi Fitriyyah 19 Maret, 2020
  4. Rhoshandhayani KT 19 Maret, 2020
  5. NurulRahma 19 Maret, 2020
  6. Nchie Hanie 19 Maret, 2020
  7. Siti Nurjanah 19 Maret, 2020
  8. Mutia Ramadhani 19 Maret, 2020
  9. Helena 20 Maret, 2020
  10. Bambang Irwanto 20 Maret, 2020
  11. Nanik Nara 20 Maret, 2020
  12. Dyah ummu AuRa 20 Maret, 2020
  13. Yeni Sovia 20 Maret, 2020
  14. Mpo Ratne 20 Maret, 2020
  15. Keke Naima 20 Maret, 2020
  16. Jiah Al Jafara 20 Maret, 2020
  17. Susindra 20 Maret, 2020
  18. Suciarti Wahyuningtyas 20 Maret, 2020
  19. HELEN FETRIANI 21 Maret, 2020
  20. Tuty Queen 21 Maret, 2020
    • Tuty Queen 23 Maret, 2020
  21. Citra 21 Maret, 2020
  22. Dian Restu Agustina 21 Maret, 2020
  23. Eryvia Maronie 21 Maret, 2020
  24. Nur Husna Annisa 21 Maret, 2020
  25. Melina Sekarsari 21 Maret, 2020
  26. Lina W. Sasmita 21 Maret, 2020
  27. Dian Restu Agustina 21 Maret, 2020
  28. Rani Yulianty 21 Maret, 2020
  29. tukang jalan jajan 21 Maret, 2020
  30. Ruli retno 21 Maret, 2020
  31. Oky Maulana 21 Maret, 2020
  32. Nathalia DP 21 Maret, 2020
  33. RACHMANITA 21 Maret, 2020
  34. Aswinda Utari 21 Maret, 2020
  35. lendyagasshi 21 Maret, 2020
    • lendyagasshi 24 Maret, 2020
  36. Anisa Deasty Malela 21 Maret, 2020
  37. unggulcenter 21 Maret, 2020
  38. Marf 21 Maret, 2020
  39. Maria Soraya Az Zahra 21 Maret, 2020
  40. Nanie 21 Maret, 2020
  41. Zefy Arlinda 22 Maret, 2020
  42. Peri Hardiansyah 22 Maret, 2020
  43. Niken Nawang Sari 22 Maret, 2020
  44. Rindang Yuliani 22 Maret, 2020
  45. NurulRahma 22 Maret, 2020
  46. Wiwied Widya 23 Maret, 2020
  47. Zia 23 Maret, 2020
  48. Reyne Raea 23 Maret, 2020
  49. Keke Naima 23 Maret, 2020
  50. Dizaz 23 Maret, 2020
  51. Rosanna Simanjuntak 23 Maret, 2020
  52. Lusi 23 Maret, 2020
  53. Mechta 23 Maret, 2020
  54. Lidya 23 Maret, 2020
  55. Yuni 23 Maret, 2020
  56. Kartika Nugmalia 24 Maret, 2020
  57. Okti Li 24 Maret, 2020
  58. Afifah 24 Maret, 2020
  59. Nia Haryanto 24 Maret, 2020
  60. Ainhy Edelweiss 24 Maret, 2020
  61. Nabilla DP 24 Maret, 2020
  62. Arda Sitepu 24 Maret, 2020
  63. Uniek Kaswarganti 24 Maret, 2020
  64. Ujame gaja 24 Maret, 2020
  65. Ida 24 Maret, 2020
  66. indah nuria 24 Maret, 2020
  67. nyi Penengah Dewanti 24 Maret, 2020
  68. Heni Puspita 24 Maret, 2020
  69. Citra 24 Maret, 2020
  70. Rahmah 24 Maret, 2020
  71. Riska Ngilan 26 Maret, 2020
  72. Tian lustiana 26 Maret, 2020
  73. Hana Aina 26 Maret, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!