American Standard Blogger Reporter Company Events Home Living Review & Contest Tips & Opinion

Tips Menghemat Air, Mulai dari Diri Sendiri di Rumah

Pasti teman-teman udah sering donk mendengar himbauan untuk menghemat air? Menurut teman-teman, menghemat air tuh penting apa enggak sih? Moga-moga pembaca blog saya, yang membaca artikel ini, termasuk tim yang menganggap hemat air itu penting yaaa. Lagipula, cara menghemat air itu gampang kok teman-teman. Enggak perlu harus pakai demo, tereak-tereak “Save water, save earth!” di tengah jalan, gitu. Namun, cukup kita mulai dari diri sendiri.

Pentingnya menghemat air

Mengapa sih kita harus menghemat air? Air kan banyak? Bahkan di Indonesia, lautan aja lebih luas dari daratan?”

Pernah kepikiran begitu? Hayyooo! 😀

Saya pernah, haha, ngaku. Sampai suatu ketika saya mengikuti salah satu kegiatan yang banyak membahas tentang air gitu. Nah, di kegiatan tersebut saya bertemu dengan beberapa orang yang ahli dalam hal konservasi tanah dan air. Ternyataaa, saudara-saudara, dari beliau-beliau ini, saya dapat informasi bahwa meskipun air di dunia ini banyak, tapi sebenarnya persediaan air bersih di bumi ini sangat terbatas.

Kalau dipikir-pikir ya betul juga sih. Lautan memang luas, tapi tidak bisa kita konsumsi. Iyalah, asin dan kemungkinan kotor. Lalu, katanya nih, air yang bisa dikonsumsi oleh manusia tuh jumlahnya cuma 3% dari sebegitu banyaknya air di dunia ini. Salah satu di antara 3% air itu adalah air tanah. Air tanah inilah yang kita pakai buat minum, memasak, mencuci, mandi, dll. Dikit banget kan?

Udah gitu ya, FYI lagi nih teman-teman, sekarang air tanah juga terbatas, lho. Faktor-faktor penyebabnya banyak, seperti penduduk bumi makin banyak, penebangan hutan, banyaknya lahan hijau yang dijadikan perumahan, pemanfaatan air yang berlebihan, dll. Akibatnya persediaan air yang layak dikonsumsi manusia pun terancam habis. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menghemat air, mulai dari diri sendiri, sekarang juga #ntms.

Gimana sih caranya menghemat air?

Dari berbagai faktor di atas yang sudah saya sebutkan, saya mau menyoroti faktor “pemanfaatan air yang berlebihan” ya teman-teman. Saya paham, kadang, hal tersebut tuh terjadi tanpa kita sadari. Misalnya, nih, ada pipa atau kran air kita yang bocor, akibatnya netes-netes deh. Kelihatannya sih kecil, tapi kalau kita tampung, percaya deh beberapa waktu kemudian pasti air yang tertampung bisa lebih dari seember.

Yuk, menghemat air, mulai dari diri sendiri di rumah!

Jadi, bagaimana caranya agar kita bisa menghemat air? Kita bisa melakukan beberapa cara berikut ya teman-teman:

Secara berkala cek kebocoran pipa dan kran air

Sebagaimana yang saya singgung sebelumnya, kebocoran pipa dan kran berpotensi membuang-buang air. Maka, sebaiknya senantiasa cek pipa dan kran secara berkala. Kalau ada yang rembes atau bocor segera panggil tukang untuk memperbaiki.

Mencuci banyak baju sekaligus

Saat mencuci baju, sekalian saja yang banyak. Kalau bisa setelah mencuci baju, bilas dengan pewangi dan pelembut pakaian yang khusus untuk sekali bilas. Sehingga, kita engak terlalu pakai banyak air untuk membilas cucian baju.

Matikan kran saat kita mencuci peralatan makan/ memasak dan cuci tangan

Jika kita sedang mencuci piring, sendok, gelas, garpu, peralatan makan dan juga peralatan memasak, maka ketika menyabun sebaiknya matikan dulu kran air. Begitu pulsa ketika kita cuci tangan. Saat pakai sabun, matikan dulu airnya ya.

Matikan shower saat kita memakai sikat gigi, pakai sabun, dan shampoo-an

Begitu pula saat mandi, matikan shower saat kita pakai sabun dan shampoo, serta sikat gigi.

Pakai hand shower GENIE dari American Standard

Sebaiknya, kamar mandi di rumah jangan memakai bak penampungan. Sebab, air di bak penampungan gampang kotor, sehingga bak akan sering kita bilas dan air sisanya kita buang. Buang-buang air kan?

Mandilah pakai hand shower. Namun, perlu diingat, pakailah hand shower yang bisa efektif menghemat air. Ciri-ciri hand shower yang bisa menghemat air itu yang bagaimana sih? Ciri-cirinya seperti ini:

  • Punya lubang micro yang banyak, sehingga aliran air akan tetap kuat, walau sebenarnya tekanan air rendah.
  • Bahannya bagus, sehingga hand shower awet, enggak gampang bocor/ rusak.

Nah, ciri-ciri hand shower yang bisa menghemat air itu ada pada produk GENIE dari American Standar. Saya kebetulan udah pakai hand shower GENIE ini di rumah. Lumayan hemat air sih. Saya coba tuliskan review-nya di bawah yaaa…

Perkenalan saya dengan GENIE

Sebelumnya, saya mau cerita dulu nih, dari mana saya mengenal GENIE. Waktu itu, tanggal 15 Desember saya datang ke Gandaria City Mall. Ternyata, di sana sedang ada pameran GENIE ini. Enggak sekadar pameran sih, namun ada pula mini talkshow perkenalan tentang produk GENIE ini dan juga Kampanye Donasi Shower for Good.

Saya saat melihat booth pameran GENIE di Gandaria City.

Saya ceritain satu-satu yaaa. Dalam mini talkshow tersebut, ada perwakilan GENIE dan juga salah seorang mom influencer yang cerita tetang hand shower ini. Perwakilan GENIE yang waktu itu cerita-cerita mengapa American Standard dan induk perusahaannya, yakni LIXIL, memproduksi GENIE antara lain:

  • Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia, Bapak Arifindi Batubara (Bapak Arifindi).
  • Product Manager American Standard Indonesia, Bapak Ramdan Abdul Rosyid (Bapak Ramdan).
  • Mom influencer, Tanya Larasati.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Arifindi mengatakan bahwa LIXIL, khususnya melalui American Standard, senantiasa berusaha menghadirkan inovasi-inovasi untuk aktivitas kehidupan yang lebih baik. “Link to Good Living,” kata Bapak Arifindi saat menjelaskan produk-produk LIXIL, terutama produk terbaru American Standard, Si GENIE.

Sedangkan, Bapak Ramdan, memperkenalkan dan menjelaskan tiga fitur utama  GENIE Hand Shower yakni:

  • Petal Pressure: Tekanan shower yang kuat namun tetap lembut di kulit.
  • Easy Clean: Memudahkan pembersihan dan endapan kapur maupun kotoran.
  • Water Saving: Hemat air sehingga lebih ekonomis dan ramah terhadap lingkungan.

Product Manager American Standard Indonesia, Bapak Ramdan Abdul Rosyid.

Bapak Ramdan juga mengatakan, bahwa selain ketiga fitur tersebut, GENIE juga memiliki kelebihan dalam hal:

  • Desainnya modern dan nyaman digenggam. Bahan penyusunnya dari Polikarbonat yang menjamin ketahanan produk.
  • Pilihan warnanya menarik sehingga meningkatkan mood saat mandi. Ada tiga pilihan warna yakni aquamarine, petal pink, dan steel grey. FYI, produk GENIE ini pernah memenangkan award Red Dot Design Award 2018 karena desainnya yang menarik.
  • Punya 120 lubang pancuran berukuran mikro yang memberikan tekanan air kuat walaupun memiliki tekanan air yang rendah. Jadi, tekanannya tuh meningkat melalui lubang-lubang itu, namun volume air yang dipakai enggak akan meningkat. Keluaran air tetap kencang, namun enggak membuat kulit pedih.

GENIE bisa menghemat tiga puluh lima persen air yang dikeluarkan oleh satu orang ketika mandi,” kata Bapak Ramdan kala itu.

  • Bentuknya transparan, sehingga kita bisa melihat kalau dalamnya ada kotoran. Menariknya lagi GENIE ini bisa dibuka dengan maintenance key dan bisa dibersihkan bagian dalam hand shower-nya.

GENIE mudah dibersihkan.

Sedangkan, Tanya Larasati dalam kesempatan itu bercerita bahwa setelah pakai hand shower GENIE yang warna aquamarine, mood-nya saat mandi yang merupakan me time-nya dia jadi lebih baik. Tanya Larasati juga mengatakan bahwa walau tekanan air di rumahnya sedang turun, namun kalau mandi pakai GENIE enggak terasa, karena air yang keluar dari shower tetap stabil.

Mom influencer Tanya Larasati.

Trus, sekilas mengenai Kampanye Donasi Shower for Good tadi, LIXIL bekerjasama dengan UNICEF membuat LIXIL-UNICEF “Make A Splash”. Kampane ini merupakan program dimana 100% hasil penjualan GENIE pada tanggal 15 Desember lalu (serentak di Indonesia, Filipina, India, dan Thailand), akan disumbangkan ke masyarakat khususnya anak-anak yang kesulitan mendapat akses air bersih dan sanitasi yang memadai.

Semua hasil penjualan akan didonasikan.

Review hand shower GENIE dari American Standard

Nah, sekarang giliran saya yang cerita pengalaman setelah memakai GENIE yaaa. Saya di rumah pakai GENIE yang petal pink. Warnanya yang cerah itu, emang bikin mood booster saat mandi. Anak-anak juga suka banget melihat air di dalam hand shower GENIE yang memang transparan itu.

Tiga pilihan warna GENIE.

Pegangan GENIE mudah digenggam, enggak gampang merosot/ lepas, meski anak-anak yang memegang sekalipun. Trus, karena bahannya dari polikarbonat, kalau dijatuhkan anak-anak tuh aman, enggak gampang rusak.

Sedangkan, mengenai semprotan airnya, beneran lembut dan enggak menyakiti kulit, walaupun air yang keluar dari lubangnya deras. Soalnya GENIE memberikan tekanan yang baik melalui 120 lubangnya tadi.

Aliran air dari GENIE lembut di kulit.

GENIE juga begitu mudah dibersihkan. Jadi, semisal ada lumut atau kotoran yang menyumbat lubangnya, kita tinggal buka bagian permukaan hand shower dengan kunci yang disediakan juga di kemasan saat membeli GENIE, lalu kita bersihkan.

Oh iya, FYI, GENIE ini dijual dalam dua kemasan:

  • Hand shower Only: Terdiri dari GENIE hand shower dan maintenance key
  • Hand shower Set: Isinya GENIE hand shower, maintenance key, shower holder dengan screw, dan selang 1,5 meter.

Nah, itulah teman-teman beberapa tips menghemat air, mulai dari diri sendiri, yang bisa kita praktikkan di rumah dan sedikit informasi tentang GENIE, hand shower yang bisa membantu kita menghemat air. Semoga postingan kali ini bermanfaat yaaa…

April Hamsa

109 Comments

  1. Jiah 22 Desember, 2018
  2. Laily 22 Desember, 2018
  3. Dian Farida Ismyama 22 Desember, 2018
  4. Rani Yulianty 22 Desember, 2018
  5. Nina 22 Desember, 2018
  6. Dian Ravi 22 Desember, 2018
  7. Reyne Raea (Rey) 22 Desember, 2018
    • Reyne Raea (Rey) 4 Januari, 2019
      • Reyne Raea (Rey) 6 Januari, 2019
  8. Zefy Arlinda 22 Desember, 2018
  9. Mudrikah Stories 22 Desember, 2018
  10. Dwi 22 Desember, 2018
  11. Nova Violita 22 Desember, 2018
  12. Irra 22 Desember, 2018
  13. Pertiwi Yuliana 22 Desember, 2018
  14. Peri Hardiansyah 22 Desember, 2018
  15. Fenni Bungsu 23 Desember, 2018
  16. Siti Faridah 23 Desember, 2018
  17. Leyla 23 Desember, 2018
  18. Afrilentin 23 Desember, 2018
  19. Faradila Putri 24 Desember, 2018
  20. Yoanna Fayza 24 Desember, 2018
  21. maya rumi 24 Desember, 2018
  22. Jeanette Agatha 24 Desember, 2018
  23. Ajeng Pujianti Lestari 24 Desember, 2018
  24. Visya 24 Desember, 2018
  25. Azzura Lhi 25 Desember, 2018
  26. Meriska Putri 25 Desember, 2018
  27. Miranti | jendelakeluarga.com 27 Desember, 2018
  28. Lia Lathifa 28 Desember, 2018
  29. Ika Puspita 3 Januari, 2019
  30. herva yulyanti 3 Januari, 2019
    • herva yulyanti 5 Januari, 2019
  31. lianny hendrawati 3 Januari, 2019
  32. Uli Hape 3 Januari, 2019
  33. Nchie Hanie 3 Januari, 2019
    • Rahmah 8 Januari, 2019
  34. Linimasaade 3 Januari, 2019
  35. andyhardiyanti 3 Januari, 2019
  36. Cindy Vania 3 Januari, 2019
  37. Evi Fadliah 4 Januari, 2019
  38. Yoanna Fayza 4 Januari, 2019
    • Yoanna Fayza 5 Januari, 2019
  39. HM Zwan 4 Januari, 2019
  40. Keke Naima 4 Januari, 2019
    • Keke Naima 5 Januari, 2019
  41. Arsen story 4 Januari, 2019
  42. lita chan lai 4 Januari, 2019
  43. Ujame Gaja 4 Januari, 2019
  44. Jiah 4 Januari, 2019
  45. Desi Namora 4 Januari, 2019
  46. Rach Alida 4 Januari, 2019
  47. indah nuria 4 Januari, 2019
  48. Yati Rachmat 4 Januari, 2019
  49. Hidayah Sulistyowati 4 Januari, 2019
  50. Okti Li 4 Januari, 2019
  51. Siti Faridah 4 Januari, 2019
  52. Rotun DF 4 Januari, 2019
  53. Juli 4 Januari, 2019
  54. Eni Martini 4 Januari, 2019
  55. emanuella aka nyonyamalas 4 Januari, 2019
  56. Evi Indrawanto 4 Januari, 2019
  57. Ida Tahmidah 5 Januari, 2019
  58. Rahmah 5 Januari, 2019
  59. Utie adnu 5 Januari, 2019
  60. rizka edmanda 5 Januari, 2019
  61. Ade anita 5 Januari, 2019
  62. Cari angin 5 Januari, 2019
  63. Noorma Fitriana M. Zain 5 Januari, 2019
  64. Lidya 5 Januari, 2019
  65. Rosanna Simanjuntak 5 Januari, 2019
  66. Nyi Penengah Dewanti 5 Januari, 2019
  67. adeuny 5 Januari, 2019
  68. Diah Kusumastuti 5 Januari, 2019
  69. Leyla 5 Januari, 2019
  70. Uniek Kaswarganti 5 Januari, 2019
  71. Novitania 5 Januari, 2019
  72. Damar Aisyah 5 Januari, 2019
  73. Inna Riana 5 Januari, 2019
  74. Helena 5 Januari, 2019
  75. CatatanRia 5 Januari, 2019
  76. lita chan lai 5 Januari, 2019
  77. Liswanti 5 Januari, 2019
  78. Atika dian Pitaloka 5 Januari, 2019
  79. Fenni Bungsu 6 Januari, 2019
  80. Reni Dwi Astuti 6 Januari, 2019
  81. Arlindya Sari 6 Januari, 2019
  82. Dewi Adikara 6 Januari, 2019
  83. Siti Faridah 6 Januari, 2019
  84. Dian Restu Agustina 6 Januari, 2019
  85. Latifika Sumanti 6 Januari, 2019
  86. ima satrianto 7 Januari, 2019
  87. VHAranie 7 Januari, 2019
  88. Andi Mirati Primasari 7 Januari, 2019
  89. Dian Restu Agustina 7 Januari, 2019
  90. Ajeng Pujianti Lestari 7 Januari, 2019
  91. Azzura Lhi 7 Januari, 2019
  92. Antung apriana 8 Januari, 2019
  93. rahma ahmad 8 Januari, 2019
  94. rahma ahmad 8 Januari, 2019
  95. IdaTahmidah: 9 Januari, 2019
  96. Sugi Siswiyanti 9 Januari, 2019
  97. Anissa Putri 9 Januari, 2019
  98. Visya 10 Januari, 2019
  99. Riri Restiani 10 Januari, 2019
  100. Sae 10 Januari, 2019
  101. Rizki Rakhmat Abdullah 10 Januari, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!