Beauty and Make Up Erha Clinic Experience IPL Treatment Truwhite Instaradiance by IPL

Pengalaman Treatment di ERHA, Menjajal Truwhite Instaradiance by IPL untuk Dapatkan Wajah Glowing

Siang itu, seminggu yang lalu, udara Kota Jakarta terasa terik. Namun, begitu langkah kaki saya memasuki gedung ERHA Skin di Jl. Warung Jati, Jakarta Selatan, hawa berubah jadi lebih sejuk. Yeah, soalnya udara dingin dari penyejuk ruangan di sana langsung menyambut kedatangan saya. Well, hari itu, sepulang liputan event, saya sengaja menyempatkan diri untuk melakukan treatment di ERHA. Sebenarnya udah lama banget kepengen perawatan di sana, kebetulan saya pengguna produk ERHA Apothecary, namun baru sempat saya lakukan hari itu. Trus, kali itu, karena keterbatasan waktu (udah ditungguin anak-anak di rumah, hehe), saya enggak melakukan facial treatment, melainkan menjajal treatment Truwhite Instaradiance by IPL. FYI, IPL adalah kependekan dari Intense Pulse Light.

Saya saat menjajal treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA Warung Jati. 

Mengapa saya pilih treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA? Yaaa, salah satu alasannya yang tadi saya sebut, “Karena keterbatasan waktu.” Jadi, ceritanya, beberapa waktu lalu saya sempet baca postingan Instagram seorang teman yang merekomendasikan tentang tretment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA ini. Menurut teman saya tersebut, jenis perawatan ERHA yang satu ini tuh sangat cocok buat mereka yang sibuk dan enggak punya waktu banyak untuk dirawat di klinik. Nah, karena penasaran, akhirnya saya putuskan untuk mencobanya.

Jadwal praktik dokter di Klinik ERHA Warung Jati.

Kemudian, alasan kedua adalah, treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA tuh (masih kata teman saya) hasilnya instan. Kulit langsung kelihatan glowing alias lebih cerah bersinar setelah dirawat. Perempuan mana sih yang enggak kepengen punya kulit glowing, ye kaaann… Lalu, katanya, abis perawatan ini kita enggak perlu mengistirahatkan kulit wajah. Boleh kok langsung lenongan alias pakai make up, seusai perawatan. Artinya, enggak ada tuh cerita kulit kemerahan abis perawatan yang mengharuskan kulit diistirahatkan sehari dua hari, apabila memilih perawatan Instaradiance by IPL ini.

Suasana nyaman di klinik ERHA Skin

Lanjut cerita setelah masuk ke gedung ERHA Warung Jati, yaaaa… Pengunjung yang sedang duduk di ruang tunggu ketika saya datang waktu itu, ada dua orang. Ternyata, salah seorang di antara mereka sudah selesai perawatan dan mau pulang (sedang nunggu jemputan). Sementara seorang lagi, setelah saya melihat dia menerima sebuah kartu dari resepsionis, langsung naik ke lantai atas.

Ruang resepsionis di lantai bahwa Klinik ERHA Warung Jati.

Kalau saya perhatikan sih di klinik ERHA Warung Jati yang terkenal sebagai ERHA Skin, Hair & Laser Expert ini, ruangan untuk treatment ada di lantai atas. Daaann, beneran deh, begitu saya dilayani mbak-mbak resepsionisnya yang ramah dan informatif, saya langsung diarahkan menuju lantai atas.

Eh, sebelumnya, Mbak Resepsionis sempat bertanya kepada saya: “Ibu maunya perawatan seperti apa?”

Saya: “Maunya yang bikin wajah halus dan terlihat cerahan gitu mbak. Tapi jangan yang lama-lama ya treatmentnya. Saya sih maunya coba Truwhite Instaradiance by IPL. Ada ya di sini?”

Mbak Resepsionis: “Oh iya, di sini bisa, Bu.”

Oh iya, meja resepsionis ini akan langsung terlihat saat kita memasuki klinik ERHA Skin Warung Jati. Ada beberapa kursi panjang/ sofa dengan bantal-bantalnya yang nyaman. Pendingin ruangannya, seperti yang saya katakan ketika saya mengawali artikel ini, terasa sangat sejuk.

Ruang tunggu di ERHA Skin Warung Jati.

Di samping ruang tunggu ada rak-rak yang memajang produk kosmetik, skin care untuk perawatan kulit tubuh/ wajah, serta produk untuk rambut alias ERHA Apothecary. Buat teman-teman yang belum tahu apa itu ERHA Apothecary, FYI, ERHA Apothecary adalah sebuah konsep dimana kita bisa membeli produk-produk ERHA secara bebas tanpa resep dokter. Jadi, kalau mau beli produknya, kita bisa langsung beli tanpa perlu konsultasi ke dokter. Tinggal menyesuaikan aja sama kebutuhan kita. Misal, kulit wajah kita berminyak atau kering, yawda tinggal cari aja produk ERHA yang sesuai dengan kondisi kita.

Saya di depan etalase ERHA Apothecary di Klinik ERHA Warung Jati.

Lanjut yaaa, begitu naik ke lantai (satu lantai di atas ruang resepsionis), saya ketemu lagi dengan ruang tunggu. Masih sama dengan lantai di bawahnya, ada sofa yang lumayan nyaman di sana. Selain itu, di sana juga tersedia minuman yang bisa kita ambil free. Di atas meja, tersedia katalog yang menginformasikan jenis-jenis perawatan ERHA. Sambil menunggu giliran dirawat, saya sempatkan buka-buka halaman katalognya. Kayaknya katalog tersebut sebagai bekal sebelum kita menghadap dokter buat konsultasi kali ya? Biar enggak bingung maunya nanti perawatan seperti apa, khususnya buat pasien-pasien baru, hehe.

Ruang tunggu di lantai dua Klinik ERHA Warung Jati.

Dokter yang ramah, informatif, dan komunikatif di Klinik ERHA

Tak lama kemudian, saya mendengar nama saya dipanggil oleh mbak-mbak terapis/ perawatnya. Lalu, saya diarahkan untuk masuk ke sebuah ruangan. Di sanalah saya pertama kali bertemu dengan dokter yang nantinya menangani kulit wajah saya, yaitu dr. Ni Wayan Arty (dr. Arty).

Setelah saya memberitahu dr. Arty bahwa maksud kedatangan saya adalah untuk treatment di bagian wajah, dr. Arty kemudian memeriksa wajah saya, serta menanyakan apa keluhan saya. Hmmm, kalau soal keluhan, palingan soal jerawat yang muncul sebelum haid sih. Kalau itu sih menurut dr. Arty wajar, penyebabnya hormon. Nah, saat diperiksa, ternyata dr. Arty menemukan bahwa kulit saya tuh jenis kombinasi. Bagian pipi agak kering, sementara area T tuh berminyak. Selain itu, di wajah saya terlihat banyak pembuluh-pembuluh darah halus.

Ooo, makanya kalau kena panas, wajah saya langsung kemerahan ya, Dok?” tanya saya.

Iya betul,” jawab dr. Arty.

Oh iya, Dok, zaman saya masih gadis dulu, saya kan sering melakukan perawatan juga ya. Waktu itu katanya kulit wajah saya tuh cenderung berminyak, kok sekarang bisa berubah jadi kombinasi gitu ya?” Tanya saya penasaran.

Dr. Ni Wayan Arty.

Dr. Arty menjelaskan dengan sabar. Menurut beliau, kondisi kulit seseorang memang bisa berubah seiring waktu. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, yakni antara lain: usia, makanan, lingkungan, hormon (apalagi setelah punya anak), dll. Dr. Arty juga menjelaskan bahwa, untuk jenis kulit seperti saya, sebaiknya harus makin rajin memberi makan kulit alias pakai pelembab, seperti krim pagi dan malam. Lalu, kalau banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, wajib pakai tabir surya.

Selain itu, saya juga disarankan memperbanyak minum air putih, supaya kulit wajah tetap lembab. Plus, untuk perawatan wajah kayak facial treatment gitu, menurut dr. Arty idealnya saya lakukan 3 bulan sekali. Saya pun manggut-manggut mendengar penjelasan dr. Arty.

Alat IPL terbaru di Klinik ERHA.

Nah, sesudah itu, saya menyampaikan keinginan untuk melakukan treatment Truwhite Instaradiance by IPL di area wajah kepada dr. Arty. Mendengar keinginan saya, dr. Arty mengatakan bahwa perawatan tersebut juga cocok buat saya yang ingin wajah tampil lebih glowing. Lalu, dr. Arty menjelaskan tentang tahapan dari treatment Truwhite Instaradiance by IPL kepada saya.

Dr. Arty menjelaskan bahwa treatment Truwhite Instaradiance ini enggak butuh waktu lama, cuma sekitar 15-20 menit saja. Ada dua langkah perawatan dalam treatment Truwhite Instaradiance by IPL, yakni:

  • Erha Truwhite Instaradiance by IPL: yang memiliki fungsi memberikan efek brightening secara instan.
  • Hydra-Glow Boost: ada dua langkah treatment, pertama Infusing Brightening Serum in Hot Penetration dimana akan memberikan kita dampak seperti strong whitening, anti aging, namun enggak membuat wajah iritasi. Kemudian, kedua adalah Applying Hydrating Gel in Cold Penetration yang mampu meredakan kemerahan, menambah kelembaban, serta memberikan efek instant glowing.

Bedanya dengan IPL yang lama, perawatan yang ini cocok untuk wanita maupun laki-laki. Bahkan untuk laki-laki yang berjenggot atau berkumis juga bisa. Lalu, ini bukan hanya untuk wajah saja, melainkan buat tubuh, seperti lengan, juga kaki” jelas dr. Arty.

Dr. Arty menjelaskan dengan sabar tentang treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA kepada saya.

Kalau saya menangkapnya begini tentang treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA ini:

  • Enggak ada efek samping, cocok buat semua jenis kulit.
  • Buat perempuan maupun laki-laki (bahkan yang punya kumis/ janggut)
  • Memberikan efek glowing secara instan.
  • Treatment ini engak cuma buat wajah namun juga buat bagian tubuh lain seperti : leher, ketiak, lengan, kaki (informasi ini saya dapat dari dr. Arty dan baca katalog ERHA).

Kalau mau hasil lebih baik, treatment Truwhite Instaradiance by IPL sebaiknya dilakukan dua sampai tiga minggu sekali,” saran dr. Arty.

Ooo gitu, Dok. Kalau misalnya mau hasil lebih baik, facial treatment juga kali ya Dok, sebelumnya?” tanya saya.

Betul banget. Kalau bisa lakukan facial treatment dulu, lalu lanjutkan dengan treatment Truwhite Instaradiance by IPL supaya hasilnya lebih maksimal,” kata dr. Arty.

Namun, jangan lupa juga, rajin minum air putih dan beri nutrisi untuk kulitnya pakai pelembab,” dr. Arty di akhir sesi konsultasi lagi-lagi mengingatkan saya.

Siap, Dok,” kata saya yang memang selama ini agak kurang sih minum air putihnya, hiks.

Akhirnya, treatment Truwhite Instaradiance by IPL, yeaaayy!

Setelah konsultasi, dr. Arty meminta salah seorang mbak-mbak terapis/ perawat untuk mengantar saya ke ruang perawatan.

Nanti, ke ruang sebelah, dibersihkan wajahnya dulu ya?” kata dr. Arty.

Sesampainya di ruangan yang dimaksud, saya langsung ambil posisi di semacam bed buat treatment gitu. Saya perhatikan ada tiga bed di ruang perawatan. Ada sekat-sekatnya juga dari gorden kain. Karena waktu itu saya sendirian, jadi sekatnya dibuka. Waktu itu juga enggak ada cowok, jadi aman buat yang berhijab. Meski demikian, pasien di sana kalau mau privasi banget juga bisa minta sekatnya untuk ditutup. Tinggal komunikasikan saja keinginan kita. Dokter dan terapis/ perawatnya sangat ramah dan terbuka dengan keinginan pasiennya.

Ruang tindakan perawatan di ERHA. 

Oh iya, sebelumnya mbak perawat tadi menunjukkan peralatan dan produk yang akan dipakai untuk treatment Truwhite Instaradiance by IPL. Khusus untuk spons dan headband-nya menurut mbaknya itu khusus satu pasien satu. Oleh karena itu, nanti selepas perawatan kedua barang itu boleh dibawa pulang. Kalau enggak dibawa pulang, maka nanti akan dibuang. Soalnya ERHA menjaga banget kebersihan/ keseterilan produk dan alat yang digunakan untuk menangani pasien.

Produk dan perawatan yang digunakan dalam treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA.

Lalu, setelah posisi saya di bed udah pewe, mbaknya memakaikan headband ke saya (oh ya, saya melepas hijab saat treatment) lalu mulai membersihkan wajah saya dengan semacam susu pembersih (cleansing milk). Setelah proses cleansing selesai, kemudian, mata saya ditutup dengan kapas basah. Katanya supaya menghindari cahaya dari alat IPL yang digunakan. Tak hanya ditutup dengan kapas, selanjutnya mata saya juga ditutup pakai kacamata khusus.

Wajah saya dibersihkan terlebih dahulu.

Setelah area mata saya aman, dr. Arty mulai memakaikan alat IPL ke area wajah saya. Tidak ada rasa sakit sama sekali saat treatment. Saya cuma merasakan ada cahaya dan agak hangat di wajah gitu.

Persiapan saat wajah saya disinar.

Ini terlalu panas enggak?” Tanya dr. Arty.

Oh enggak, Dok, anget aja,” jawab saya.

Treatment dengan lampu IPL.

Setelah itu, wajah saya diolesi semacam gel (kayaknya) yang terasa dingin. Trus, wajah saya ditempelin alat IPL-nya tadi. Tak lama kemudian, wajah saya dibersihkan lagi pakai kapas oleh mbak perawat. Setelah itu, perawatan memasuki tahap kedua yakni memasukkan serum ke wajah. Masih sama aja sih yang saya rasakan, enggak ada rasa sakit even itu cuma clekit-clekit, nyaman aja.

Terakhir, saya merasakan wajah saya seperti diolesin gel lagi gitu, lalu oleh dr. Arty dirawat dengan alat yang agak ditempel ke wajah. Seluruh bagian wajah saya di-treatment dengan alat tersebut, bahkan bagian hidung, dahi, bawah dagu sekalipun. Tahap ini juga enggak berasa sakit sama sekali.

Langkah kedua dari  treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA.

Ternyata itu adalah langkah terakhir dalam treatment Truwhite Instaradiance by IPL. Setelah perawatan dengan alat IPL selesai, mbak perawat mengolesi wajah saya dengan pelembab dan tabir surya. Treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA pun done 😀 .

Abis treatment, saya langsung menyentuh pipi saya, weeeww emang terasa halus ketimbang sebelum perawatan sih. Pipi juga jadi kenyal dan lembab. Saat bercermin, terlihat kulit wajah saya lebih cerah. Puas banget deh sama hasilnya 😀 .

Sebelum dan sesudah treatment, tampak lebih glowing kaaann 😀 .

Horeee, jadi glowing,” sorak saya dalam hati 😀 .

Puas bercermin, saya pun memakai kerudung saya lagi. Mbak perawat mengatakan sudah boleh langsung turun ke lantai bawah untuk melakukan proses administrasi selanjutnya. Namun, saat melewati ruangan konsultasi dr. Arty, saya sempatkan untuk berterima kasih dulu pada beliau. Dr. Arty kemudian memberikan saya beberapa rekomendasi perawatan kulit lagi dan tetep mengingatkan saya untuk rajin minum dan pakai pelembab plus tabir surya.

Siap, Dok!” kata saya, sambil berjanji pada diri sendiri akan melakukan tindakan sebagaimana yang disarankan oleh dr. Arty 😀

Berapa biaya treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA?

Setelah berpamitan dengan dr. Arty dan mbak perawat yang membantu perawatan wajah saya tadi, saya turun ke bawah untuk melakukan pembayaran. Penasaran berapa biayanya? Wokeh… FYI, untuk perawatan wajah dengan treatment Truwhite Instaradiance by IPL biayanya Rp. 650.000,-. Menurut saya biaya ini worth it banget, sebanding dengan hasilnya. Soalnya denger-denger ada perawatan IPL di klinik lain tuh nyampek jutaan, teman-teman. Info juga nih, hingga saat ini, satu minggu setelah treatment wajah saya masih terasa lembab, lembut, dan cerah 😀 .

Seminggu setelah perawatan di ERHA, hasilnya masih terlihat 😀 .

BTW, biaya yang saya sebutkan tadi belum termasuk biaya konsultasi dokter sebesar Rp. 200.000,- ya. Jadi, total biaya yang saya keluarkan adalah Rp. 850.000,-.

FYI, harga treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA yang lebih lengkap di sini ya:


Harga treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA.

Silahkan buat yang mau mencoba sendiri treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA ini. Semoga informasi dan penjelasan saya ini membantu yaaa.

Kalau masih belum jelas, teman-teman juga bisa lho, membaca informasinya di media sosial ERHA:

Buat yang mau wajahnya jadi glowing secara instan, treatment Truwhite Instaradiance by IPL di ERHA recommended banget #imho 🙂 .

April Hamsa

165 Comments

  1. Dian Farida Ismyama 22 Juli, 2019
    • Okti Li 29 Juli, 2019
  2. Nia K. Haryanto 23 Juli, 2019
    • Nia K. Haryanto 25 Juli, 2019
  3. Elva Susanti 23 Juli, 2019
    • Rahmah 28 Juli, 2019
  4. Khoirur Rohmah 23 Juli, 2019
    • Okti Li 30 Juli, 2019
  5. rach Alida 23 Juli, 2019
    • rach Alida 23 Juli, 2019
  6. Nurul Sufitri 23 Juli, 2019
  7. Ikhsan 23 Juli, 2019
  8. nurulrahma 23 Juli, 2019
  9. Riska Ngilan 23 Juli, 2019
  10. Ujame Gaja 23 Juli, 2019
  11. Eni Martini 23 Juli, 2019
    • Rach Alida Bahaweres 25 Juli, 2019
  12. Atisatya Arifin 23 Juli, 2019
    • Atisatya Arifin 25 Juli, 2019
  13. Tukang Jalan Jajan 23 Juli, 2019
  14. Luella Artistry 24 Juli, 2019
  15. Zefy 24 Juli, 2019
  16. Nurul Dwi Larasati 24 Juli, 2019
  17. winda - dajourneys.com 24 Juli, 2019
  18. Dian Ravi 24 Juli, 2019
  19. Gioveny 24 Juli, 2019
  20. Rosanna Simanjuntak 24 Juli, 2019
    • Rosanna Simanjuntak 26 Juli, 2019
  21. Yati Rachmat 24 Juli, 2019
  22. Rindang Yuliani 24 Juli, 2019
  23. Tori 24 Juli, 2019
  24. Amelia Waruwu 24 Juli, 2019
  25. Anita Makarame 24 Juli, 2019
  26. iidYanie 24 Juli, 2019
  27. firsty ukhti molyndi 24 Juli, 2019
  28. Pertiwi Yuliana 24 Juli, 2019
  29. Sugi Siswiyanti 24 Juli, 2019
  30. Khairiah 24 Juli, 2019
  31. Mpo Ratne 24 Juli, 2019
    • Lidya 25 Juli, 2019
  32. Andiyani 24 Juli, 2019
    • Lidya 29 Juli, 2019
  33. Liza 24 Juli, 2019
  34. lendyagasshi 24 Juli, 2019
    • lendyagasshi 25 Juli, 2019
  35. Keke Naima 25 Juli, 2019
    • Keke Naima 25 Juli, 2019
  36. vebby 25 Juli, 2019
  37. Cilya 25 Juli, 2019
  38. Uniek Kaswarganti 25 Juli, 2019
  39. Eny kadinda Aprilya 25 Juli, 2019
  40. Ratna Kirana 25 Juli, 2019
  41. Indah Nuria 25 Juli, 2019
    • Indah Nuria 27 Juli, 2019
    • Indah Nuria 27 Juli, 2019
      • indah nuria 29 Juli, 2019
  42. ima satrianto 25 Juli, 2019
  43. Indah Juli 25 Juli, 2019
  44. diane 25 Juli, 2019
  45. Kurnia amelia 25 Juli, 2019
  46. Aulia Rizky W 25 Juli, 2019
  47. Nanik Nara 25 Juli, 2019
  48. Lidya 25 Juli, 2019
    • lendyagasshi 29 Juli, 2019
  49. Siska Dwyta 25 Juli, 2019
  50. Naqiyyah Syam 25 Juli, 2019
  51. Grandys 25 Juli, 2019
  52. Okti Li 25 Juli, 2019
    • Okti Li 25 Juli, 2019
  53. Ida 25 Juli, 2019
  54. Dian Radiata 25 Juli, 2019
  55. Elly Nurul 25 Juli, 2019
  56. Icha Marina Elliza 25 Juli, 2019
  57. tanti amelia 25 Juli, 2019
  58. Khoirur Rohmah 25 Juli, 2019
  59. nurulrahma 25 Juli, 2019
  60. Jiah 25 Juli, 2019
  61. Ade anita 25 Juli, 2019
  62. Erfano 25 Juli, 2019
  63. Dian Restu Agustina 25 Juli, 2019
  64. Rachmanita 25 Juli, 2019
  65. IndahPadaWaktunya 25 Juli, 2019
  66. Widyanti Yuliandari 25 Juli, 2019
  67. Hidayah Sulistyowati 25 Juli, 2019
  68. Rahmah 25 Juli, 2019
  69. Desy Yusnita 25 Juli, 2019
  70. Fauziah azzahra 25 Juli, 2019
  71. Nurhilmiyah 26 Juli, 2019
  72. Bambang Irwanto 26 Juli, 2019
  73. Bundabiya.com 26 Juli, 2019
  74. Yeni Sovia 26 Juli, 2019
  75. Hida 26 Juli, 2019
  76. Devi 26 Juli, 2019
  77. Nanik K 26 Juli, 2019
  78. Kartika 26 Juli, 2019
  79. Bety Kristianto 26 Juli, 2019
  80. Eri Udiyawati 26 Juli, 2019
  81. Yanti 26 Juli, 2019
  82. Irena Faisal 26 Juli, 2019
  83. Sefa Yulanda 26 Juli, 2019
  84. Kurnia amelia 26 Juli, 2019
  85. Andi Telaumbanua 26 Juli, 2019
  86. Diayu Refina 27 Juli, 2019
  87. Larasatinesa 27 Juli, 2019
  88. Grandys 27 Juli, 2019
  89. Nia K. Haryanto 27 Juli, 2019
  90. Lina W. Sasmita 27 Juli, 2019
  91. Faradillah 27 Juli, 2019
  92. donasaurus 27 Juli, 2019
  93. Hidayah Sulistyowati 27 Juli, 2019
  94. Dian Restu Agustina 27 Juli, 2019
  95. Andi Mirati Primasari 27 Juli, 2019
  96. nurulrahma 27 Juli, 2019
  97. Pringadic 27 Juli, 2019
  98. Ilham Sadli 27 Juli, 2019
  99. Selvijua 27 Juli, 2019
  100. liza 27 Juli, 2019
  101. Andiyani 27 Juli, 2019
  102. Nurul Fitri Fatkhani 27 Juli, 2019
  103. Suciarti Wahyuningtyas 27 Juli, 2019
  104. Siti 27 Juli, 2019
  105. Silvia 27 Juli, 2019
  106. Desy Yusnita 27 Juli, 2019
  107. Ade UFi 27 Juli, 2019
  108. Nia K. Haryanto 27 Juli, 2019
  109. Reyne Raea 27 Juli, 2019
  110. Evalina 28 Juli, 2019
  111. mamaayuutami 28 Juli, 2019
  112. Wiwin | pratiwanggini.net 28 Juli, 2019
  113. Dyah Ummu AuRa 28 Juli, 2019
  114. Mechta 28 Juli, 2019
  115. Kurnia amelia 28 Juli, 2019
  116. susie ncuss 28 Juli, 2019
  117. Mpo Ratne 28 Juli, 2019
  118. Cindy Vania 28 Juli, 2019
  119. Echi Mustika 28 Juli, 2019
  120. Visya 28 Juli, 2019
  121. Irra Octaviany 29 Juli, 2019
  122. indah AiJ 29 Juli, 2019
  123. rach Alida 29 Juli, 2019
  124. Farida Pane 29 Juli, 2019
  125. Arda Sitepu 29 Juli, 2019
  126. Uniek Kaswarganti 29 Juli, 2019
  127. Elly Nurul 29 Juli, 2019
  128. Ida 29 Juli, 2019
  129. Syarifani Mulyana 29 Juli, 2019
  130. Herva Yulyanti 29 Juli, 2019
  131. Jiah 29 Juli, 2019
  132. Novitania 29 Juli, 2019
  133. Ira Hamid 29 Juli, 2019
  134. Ira Hamid 29 Juli, 2019
  135. Helena 29 Juli, 2019
  136. Dewi adikara 29 Juli, 2019
  137. Leyla Hana 29 Juli, 2019
  138. Syaiful BS 30 Juli, 2019
  139. bunda sugi 30 Juli, 2019
  140. Fenni Bungsu 30 Juli, 2019
  141. Antin Aprianti 31 Juli, 2019
  142. Visya 2 Agustus, 2019
  143. Putu Sukartini 8 Agustus, 2019
  144. Grandys 8 Agustus, 2019
  145. Grandys 8 Agustus, 2019
  146. Sefa Yulanda 2 September, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!