Blogger Reporter Company Cosmos Cosmos Blenz Events Food Product Review Recipe

Cosmos Blenz, Blender Pintar yang Sekali Pencet Bisa Ngeblenz dan Berhenti Sendiri

Pernah enggak sih teman-teman mengalami kejadian seperti: “Saat sedang asyik membuat jus buah, tiba-tiba ada tamu datang” atau contoh lain “Ketika sibuk menghaluskan bumbu pakai blender, eh, anak kita minta dianterin ke toilet”? Hyaaah… Dalam situasi seperti itu, biasanya kita otomatis memencet tombol off di blender yang sedang kita pakai kan? Duh, rasanya nanggung banget yaaa, mana belum alus bener. Hehe, saya dulu sering begitu soalnya. Namun, lain dulu, lain sekarang, teman-teman. Semenjak saya pakai Blender Pintar Cosmos Blenz, ada “gangguan” apapun saat ngeblender, mesin blender saya tetap menyala, donk. Soalnya, Cosmos Blenz adalah blender pintar yang apabila kita udah pencet tombolnya sekali, ntar bisa ngblenz dan berhenti sendiri, lho. Hasilnya juga lebih halus, sehingga kita enggak perlu mengaduk manual lagi saat sedang ngeblender.

Ini lho Si Blender Pintar Cosmos Blenz.

Teman-teman mau tahu tidak, bagaimana cara kerjanya tombol “ajaib” Blender Pintar Cosmos Blenz? Okey, buat teman-teman yang tertarik mau tahu lebih banyak tentang Cosmos Blenz, saya akan mereview-nya di artikel kali ini ya? Namun, sebelumnya, saya perkenalkan dulu produk Blender Pintar Cosmos Blenz yang saya maksud.

Dua macam model Blender Pintar Cosmos Blenz

Well, Blender Pintar Cosmos Blenz itu terdiri dari dua model, teman-teman, yakni CB 801 dan CB 802. Perbedaan tipe CB 801 dan CB 802 terletak pada:

Cosmos Blenz CB 801

Cosmos Blenz CB 801 warna biru.

CB 801 ini terdiri dari dua pilihan warna yakni CB 801 Blue dan CB 801 Pink. Model CB 801 yang punya input power sebesar 300 Watt ini, komponennya terdiri dari:

  • Goblet besar berukuran 1,5 liter.
  • Penggiling Bumbu 2in 1 (Dry and Wet Mill).
  • Mesin blender.

Oh iya, kalau teman-teman ingin tahu lebih jelas Si Cosmos Blenz CB 801 ini seperti apa, bisa tonton video saya tentang unboxing dan mini review Cosmos Blenz CB 801 berikut:

Unboxing dan mini review Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801.
Cosmos Blenz CB 802

Cosmos Blenz CB 802.

Sedangkan, Cosmos Blenz CB 802 yang memiliki input power sebesar 250 Watt ini merupakan blender yang multifungsi, sebab komponennya agak banyak, yakni antara lain:

  • Goblet berukuran 1,2 liter dengan filter yang berfungsi sebagai pemisah ampas buah.
  • Dry Mill: Penggiling bumbu kering.
  • Wet Mill: Penggiling bumbu basah.
  • Chopper: Penggiling daging/ biji-bijian.
  • Mesin blendernya, tentu saja.

Produk Cosmos Blenz tersebut bisa kita dapatkan di www.belanjacosmos.com atau di Shopee (klik aja), dengan harga:

  • Cosmos Blenz CB 801 Rp. 435.000,-
  • Cosmos Blenz CB 802 Rp. 578.000,-

For your information, kalau teman2 melakukan pembelian Cosmos Blenz ini antara tanggal 9 sampai 30 November 2018 pakai kode voucher COSMBLENZ (khusus di Shopee), teman-teman bisa dapat diskon pembelian sebesar 25% lho. Beneran, bukan hoax! 😀

Mengenal lebih jauh Cosmos Blenz di Moms Blogger Gathering

Sebab, saya mendapatkan informasi mengenai kode voucher tersebut, ketika mengikuti Moms Blogger Gathering yang bertemakan “Smart Mom Pilih Blender Pintar #BERHENTISENDIRI”, yang diselenggarakan oleh Cosmos pada tanggal 9 November lalu di Hongkong Cafe, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, Cosmos memperkenalkan Si Blender Pintar Cosmos Blenz itu. Kebetulan, sebelumnya, saya udah punya produknya sih, yakni yang model CB 801. Jadi, di sana saya berkenalan dengan model CB 802-nya. Alhasil, naksir pengen punya juga yang model CB 802 deh 😀 .

Cosmos Blenz CB 801 warna pink.

Dalam acara tersebut, hadir sebagai narasumber yaitu mom influencer Ayu Hastari (IG: @ayuhastari) yang sharing mengenai aktivitasnya sebagai ibu, terutama ketika menyiapkan makanan untuk keluarganya sehari-hari, khususnya buat sang buah hati Ken. Menurut Ayu Hastari, wajib hukumnya, dia sendiri yang harus menyiapkan makanan buat Ken. Sebab, Ayu Hastari benar-benar memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh buah hatinya itu sehat dan bersih.

Selalu aku yang masakin, belum pernah orang lain yang masakin dia. Aku harus pastikan sendiri makanan itu bergizi apa enggak, peralatan untuk makanan itu juga harus bersih. Takutnya kalau orang lain (yang menyiapkan) kan enggak lihat prosesnya. Nah, aku komitmen masak buat anakku. Dan itu emang butuh effort, sih,” tutur Ayu Hastari.

Keren ya Ayu Hastari? Di sela-sela kesibukannya sebagai mom influencer, presenter, dll masih bisa menyiapkan makanan untuk anaknya sendiri. Saat dipuji demikian, ternyata Ayu Hastari punya tips supaya dirinya bisa memasak untuk keluarganya, khususnya anaknya, dalam waktu yang cukup cepat.

Mom influencer Ayu Hastari saat sharing tentang blender Cosmos-nya.

Terkadang pada kenyataannya memanage waktu untuk selalu sempetin masak enggak semudah itu ya ibu-ibu,” kata Ayu Hastari.

Maka aku prefer produk elektronik yang memudahkan untuk memasak. Kayak dulu, aku punya slow cooker, kalau sekarang lagi pakai rice cooker eight in one, pokoknya yang bisa cemplung-cemplung, set timer, tahu-tahu jadi deh. Trus kalau blender aku pakai produk blender terbarunya Cosmos yaitu Cosmos Blenz yang bisa berhenti sendiri, cukup sekali pencet, bisa ngeblenz sendiri, bisa berhenti sendiri, dan hasilnya juga lebih halus,” jelas Ayu Hastari, kemudian.

Saya setuju banget sama Ayu Hastari sih, soalnya zaman now tuh, rasanya waktu bergerak begitu cepat. Apalagi, buat ibu-ibu yang super sibuk, bener-bener butuh bantuan alat-alat yang praktis, khususnya buat memasak. Ya, salah satunya blender. Sehingga, ibu-ibu pada saat ngeblender, enggak perlu menghabiskan waktu fokus ngliatin hasil ngeblend-nya udah halus atau belum, melainkan juga bisa nyambi-nyambi ngerjain aktivitas lain.

Selain Ayu Hastari, pada saat Mom Blogger Gathering kala itu, hadir juga Chef Livianca Venaessa (IG: @liviancavenaessa) yang merupakan pemilik Sweetroops Baking Studio, yang dalam kesempatan itu melakukan cooking demo dengan resep Rolade Daging Madu. Rolade Daging Madu ini pada dasarnya adalah daging digiling dengan campuran bumbu-bumbu gitu, teman-teman. Oh ya, untuk menggiling atau mencampur daging dan bumbu-bumbu tersebut, Chef Livianca Venaessa memakai chopper Cosmos Blenz CB 802.

Kemudian, daging tersebut ditaruh di atas telur dadar, kemudian diberi isian, seperti telur rebus dll, and then digulung dengan alumunium foil. Trus, dikukus selama beberapa waktu sampai matang. Kalau udah, nanti hasil kukusan daging rolade tersebut dipotong-potong dan dimakan dengan sausnya.

Chef Livianca Venaessa saat cooking demo.

Enaknya pakai Cosmos ini, biasanya aku kayak gini (giling daging) trus aku tinggal buat bikin saus,” kata Chef Livianca Venaessa.

Well, intinya sama sih ya, seperti yang diungkapkan oleh Ayu Hastari sebelumnya tadi, bahwa Cosmos Blenz ini emang pinter. Enggak usah ditungguin, alat ini udah ngebelender sendiri sampai halus, sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas lain. Blender pintar seperti ini kayaknya wajib dimiliki para emak rempong (seperti saya) deh. Setuju? 😀 .

Menanggapi testimoni Ayu Hastari maupun Chef Livianca Venaessa dalam pemakaian Cosmos Blenz, Bapak Ervin selaku Product Manager untuk Blender Cosmos mengatakan bahwa memang Cosmos Blenz ini diciptakan untuk para moms yang repot saat memasak. Slaah satunya seperti repot masak, tapi harus urus anak. Nah, Cosmos Blenz inilah solusinya.

Bapak Ervin menyerahkan kenang-kenangan untuk Ayu Hastari

Cosmos Blenz ini sekali pencet, dia bisa ngeblenz sendiri, bisa berhenti sendiri, hasil lebih halus,” kata Bapak Ervin dalam presentasinya, ketika menjelaskan tentang produk Blender Pintar Cosmos Blenz ini.

Review Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801

Jadi, gimana teman-teman, dari cerita saya di atas, udah paham kan ya, mengenai keunikan atau kelebihan Si Cosmos Blenz ini? Kalau dengan membaca tulisan saya aja belum ada bayangan, hehe, mungkin teman-teman bisa menyimak video saya mengenai pemakaian (sekaligus review Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801) berikut ini:

Membuat Smoothies Mangga buat sarapan pakai Cosmos Blenz CB 801.

Dalam video tersebut saya membuat Smoothies Mangga buat sarapan pakai Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801. Kalau teman-teman mau bikin juga, saya share resepnya ya:

RESEP SMOOTHIES MANGGA UNTUK SARAPAN
Bahan-bahan:
  • Satu buah mangga, pilih yang matang.
  • 100-150 ml susu full cream/ plain.
  • Es batu sesuai selera.
  • Granola.
  • Satu buah pisang (dipotong/ diiris sesuai selera).
Cara membuatnya:
  • Masukkan es batu ke dalam goblet blender.
  • Kemudian, masukkan mangga ke dalam goblet blender.
  • Tuangkan susu.
  • Kemudian blenz semua bahan-bahan tersebut.
  • Setelah selesai, tuang ke mangkuk.
  • Beri topping granola dan irisan pisang.

Smoothies Mangga untuk sarapan.

Oh ya, teman-teman udah liat videonya kan ya? Nah, dalam video itu terlihat bahwa Cosmos Blenz ini mesin blendernya unik. Blender ini memiliki safety lock system dimana mesinnya enggak akan bisa bekerja apabila komponennya belum terpasang dengan benar. Ciri bahwa komponen goblet atau tabung atau mata pisaunya telah terpasang dengan benar adalah lampu indikator yang menyala. Kalau lampunya enggak menyala, maka blender tersebut enggak bisa digunakan. Trus, tutup gobletnya tuh punya pengunci yang rapat banget, sehingga, enggak ada lagi tuh kejadian blender tiba-tiba bekerja trus isinya tumpah dan muncrat kemana-mana.

Sedangkan, mengenai tombolnya, Cosmos Blenz 801 ini memiliki tiga tombol, yakni:

  • Pulse/ Clean: Fungsinya untuk mengontrol halus kasarnya makanan. Selain itu, tombol ini bisa dipakai untuk membersihkan pisau blender di goblet. Biasanya kita kan agak susah tuh membersihkan bagian bawah/ dalam goblet, khususnya yang ada mata pisaunya. Nah, dengan tombol ini kita bisa kasi air (bila perlu sabun) untuk membersihkan bagian dalam/ bawah goblet/ tabung blender.
  • High: Direkomendasikan pada saat kita menghaluskan bahan makanan padat seperti bumbu-bumbu dapur kayak kemiri, biji merica/ lada, bawang-bawangan, atau bisa juga dipakai untuk memblender biji kopi, es batu, dll.
  • Low: Tombol ini direkomendasikan untuk memblender bahan-bahan lunak seperti daging, buah-buahan, sayuran, dll.

Tiga tombol utama dan lampu indikator Cosmos Blenz CB 801.

Dalam video tadi, saat saya nyadar kalau kudu ngeganti tombol Low ke High karena saya juga menghaluskan es batu, mesin blender sempat tiba-tiba mati sebentar, trus hidup lagi kan? Nah, itu bukan saya yang nyalain lagi, teman-teman. Cosmos Blenz CB 801 ini memang cara kerjanya begitu. Jadi, setelah kita menyalakan mesinnya dalam sedetik, blender ini akan langsung menyala selama enam detik, kemudian mati sendiri, lalu menyala lagi untuk menghaluskan bahan makanan kita selama kurang lebih 40 detik. Ya, pokoknya pada saat makanan itu udah halus, maka si Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801 ini akan berhenti sendiri.

Oh ya, mata pisau Cosmos Blenz CB 801 ini cukup tajam dan kuat menghancurkan es batu lho teman-teman. Kalau teman-teman lihat video saya, es batu saya yang keras tadi benar-benar hancur, sehingga bisa bercampur jadi satu dengan buah mangga dan susu.

Mata pisau Cosmos Blenz CB 801 kuat menghancurkan es batu yang keras.

Kemudian, yuk berpindah ke bagian bawah mesin, khususnya bagian kaki-kakinya. Bagian kaki-kakinya tuh dilengkapi dengan karet yang berfungsi agar mesin blender enggak berpindah-pindah ketika kita sedang ngeblender. Trus, uniknya lagi, mesin ini dilengkapi dengan tempat supaya kita bisa menggulung dan menaruh kabel di bawah mesin blender, sehingga kabelnya bisa tergulung rapi.

Bagian bawah mesin blender Cosmos Blenz CB 801.

Jadi, gitu, teman-teman review Cosmos Blenz 801 berdasarkan pengalaman saya pribadi saat memblender buah untuk membuat smoothies. Semoga jelas yaaa… 😀 .

Review Blender Pintar Cosmos Blenz CB 802

Kalau untuk produk Cosmos Blenz CB 802, saya mereviewnya berdasarkan produk yang saya lihat dan juga ketika chopper-nya dipakai memasak oleh Chef Livianca Venaessa ya teman-teman 😀 . Untuk Cosmos Blenz CB 802 ini tersedia satu pilihan warna yaitu putih. Sedangkan untuk komponennya udah saya sebutkan di awal, terdiri dari apa aja-nya yaaa… (Bisa scroll ke atas lagi kalau mau 😀 ).

Ibu Retno dari Cosmos yang turut menjelaskan tentang cara pembelian Cosmos Blenz saat Moms Blogger Gathering.

Saya mulai dari review mesin blendernya dulu yaaa. Sebenarnya, tombol-tombolnya sama dengan Cosmos Blenz 801, yakni terdiri dari Pulse/ Clean, High, dan Low. Fungsinya pun sama, kok, teman-teman. Cuma, pada mesin blender Cosmos Blenz CB 802 tidak dilengkapi dengan indikator. Meski begitu, jangan khawatir, teman-teman, Cosmos Blenz CB 802 ini dilengkapi juga dengan safety lock system, sehingga apabila pelumat enggak terpasang dengan baik dan benar, maka mesinnya enggak akan menyala.

Untuk bagian kaki-kaki atau bawah mesin blendernya juga sama kayak Cosmos Blenz CB 801, ada karet-karet supaya blender enggak goyang, trus ada tempat buat gulung kabelnya. Lalu apa donk keunikan Si Cosmos Blenz CB 802 ini?

Baeeeek, saya coba ulas satu demi satu yaaa…

Pertama, keunikan atau bisa dibilang kelebihan Cosmos Blenz CB 802 ini, terletak pada gobletnya. Gobletnya tuh dilengkapi dengan filter gitu. Filter ini berfungsi sebagai pemisah ampas bahan makanan (buah, sayuran, dll) dengan cairannya. Jadi, biasanya kalau kita ngeblender (buah) tuh ampasnya (bahkan bijinya) kan kadang masih ada ya, sehingga jus kita terasa kasar? Buat sebagian orang yang enggak suka ampas itu, biasanya mereka akan menyaringnya lagi sebelum diminum. Nah, kalau pakai Cosmos Blenz CB 802 ini, kita enggak usah menyaring lagi ampas/ biji tersebut. Soalnya udah langsung dipisahin sama Si Blender Pintar Cosmos Blenz CB 802 ini.

Kedua, penggiling bumbunya terpisah, ada Dry Mill dan juga Wet Mill. Satu tabung buat bumbu kering dan satu lagi buat bumbu basah. Kalau Wet Mill biasanya buat bumbu-bumbu rendang, sambal, bumbu soto, dll. Sedangkan, Dry Mill biasanya buat memblender biji merica, biji kopi, dll. Menurut saya, pemisahan fungsi penggiling bumbu ini sangat memudahkan dalam hal membersihkan tabung ya? #Imho sih, hehe.

Ketiga, ya jelas deh ya, keunikannya pada chopper sebagai komponen Cosmos Blenz CB 802. Kayaknya saya baru tahu ada blender yang juga memiliki komponen chopper, ya baru Cosmos Blenz 802 ini. Bjuat yang suka bikin bakso atau rolade bisa memanfaatkan chopper Cosmos Blenz CB 802.

Teman-teman mau melihat bagaimana cara kerja chopper Cosmos Blenz CB 802? Bisa lihat video Chef Livianca Venaessa berikut yaaa…

Cara kerja chopper Cosmos Blenz CB 802.

Cukup jelas kan ya cara kerja chopper-nya? Moga-moga bisa dipahami cara penggunaannya yaaa… 😀

Okey deh, gimana? Setelah membaca ulasan/ review dan menonton video-video saya, menurut teman-teman semua, menarik kan cara kerja Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801 dan CB 802? Teman-teman tertarik ingin punya Blender Pintar Cosmos Blenz yang mana hayooo? Kalau teman-teman berminat membelinya, jangan lupa segera ke Shopee (link-nya udah ada di atas yaaa, scroll lagi), mumpung sedang ada diskon pembelian lhooo…

Rolade Daging Madu ala Chef Livianca Venaessa.

Well, sekian ya teman-teman review saya tentang Si Cosmos Blenz yang bisa ngeblenz sendiri, berhenti sendiri, bahkan punya kepintaran untuk mengukur kehalusan tekstur bahan makanan yang dihaluskannya ini. Semoga informasi mengenai blender Cosmos Blenz ini bermanfaat, khususnya buat ibu-ibu yang sedang mau beli blender 😀 .

April Hamsa

140 Comments

  1. Ani Berta 17 November, 2018
  2. andiyani achmad 17 November, 2018
  3. Laily 17 November, 2018
    • Noorma 20 November, 2018
  4. Ade anita 17 November, 2018
  5. Rahmah 17 November, 2018
  6. Lubena Ali 17 November, 2018
  7. Reyne Raea 17 November, 2018
  8. Renidwiastuti 17 November, 2018
  9. Keke Naima 17 November, 2018
  10. Echi mustika 17 November, 2018
  11. Rani Yulianty 17 November, 2018
  12. Dawiah 17 November, 2018
  13. Dian Restu Agustina 17 November, 2018
  14. Cilya 17 November, 2018
  15. Tuty Queen 18 November, 2018
  16. Dwi Puspita 18 November, 2018
  17. Mechta 18 November, 2018
  18. Ainhy 18 November, 2018
  19. Mugniar 18 November, 2018
  20. Silviana Noerita 18 November, 2018
  21. Eka Mustika Sari 18 November, 2018
  22. Aminnatul Widyana 18 November, 2018
  23. Fenni Bungsu 18 November, 2018
  24. Siti Faridah 18 November, 2018
  25. Apura 18 November, 2018
  26. retno 18 November, 2018
  27. Inka Paramita 18 November, 2018
  28. lita chan lai 18 November, 2018
  29. Kurnia amelia 18 November, 2018
    • Mugniar 19 November, 2018
  30. Faradila Putri 18 November, 2018
  31. Antung apriana 19 November, 2018
  32. Visya 19 November, 2018
  33. Noorma 19 November, 2018
  34. Siti Faridah 19 November, 2018
  35. Noe 19 November, 2018
  36. Noe 19 November, 2018
  37. Opi Rahmita 19 November, 2018
  38. Nyi Penengah 19 November, 2018
  39. Uniek Kaswarganti 19 November, 2018
  40. Ida Tahmidah 19 November, 2018
  41. Indah Nuria 19 November, 2018
  42. Okti 19 November, 2018
  43. Sri Widiyastuti 19 November, 2018
  44. Tika Samosir 19 November, 2018
  45. Rani R Tyas 19 November, 2018
  46. Okti 19 November, 2018
  47. Tati Suherman 19 November, 2018
  48. Avy Chujnijah 19 November, 2018
  49. Keke Naima 19 November, 2018
  50. Nurul Dwi Larasati 19 November, 2018
  51. Nefertite Fatriyanti 19 November, 2018
  52. gita siwi 19 November, 2018
  53. Maya Rumi 19 November, 2018
  54. Ika Maya Susanti 19 November, 2018
  55. Ajeng Pujianti Lestari 20 November, 2018
  56. Rani Yulianty 20 November, 2018
  57. Utie adnu 20 November, 2018
  58. Rach Alida Bahaweres 20 November, 2018
    • herva yulyanti 21 November, 2018
  59. Yati Rachmat 20 November, 2018
  60. Astin Astanti 20 November, 2018
  61. Elly Nurul 20 November, 2018
  62. Nurulrahma 20 November, 2018
  63. Miranti | jendelakeluarga.com 20 November, 2018
  64. Mugniar 20 November, 2018
  65. Donna Imelda 20 November, 2018
  66. Ndy Pada 20 November, 2018
  67. Suzannita 20 November, 2018
  68. Nanie 20 November, 2018
  69. Echi mustika 20 November, 2018
    • Uniek Kaswarganti 20 November, 2018
  70. Puspita Yudaningrum 20 November, 2018
  71. CatatanRia 20 November, 2018
  72. Hanni Handayani 20 November, 2018
  73. Ria Buchari 20 November, 2018
  74. Jiah 20 November, 2018
  75. Dawiah 20 November, 2018
  76. Kurnia amelia 20 November, 2018
  77. Tuty Queen 20 November, 2018
  78. rizka edmanda 20 November, 2018
  79. handriati 20 November, 2018
  80. Assaifi 20 November, 2018
  81. Diah 20 November, 2018
  82. Eskaning Arum Pawestri 20 November, 2018
  83. Inka amalia 20 November, 2018
  84. Siti hairul 20 November, 2018
  85. Atisatya Arifin 20 November, 2018
  86. Tika Samosir 20 November, 2018
  87. Dewi Nuryanti 20 November, 2018
  88. Novi H 21 November, 2018
  89. Farida 21 November, 2018
  90. Rotun DF 21 November, 2018
  91. Siti Faridah 21 November, 2018
  92. blogger kendal 21 November, 2018
  93. Nurul Fitri Fatkhani 21 November, 2018
  94. Indah Nuria 21 November, 2018
  95. Leyla 21 November, 2018
  96. Dwi Puspita 21 November, 2018
  97. Tian lustiana 21 November, 2018
  98. Sally Fauzi 21 November, 2018
  99. Jeanette Agatha 21 November, 2018
  100. Ira Hamid 21 November, 2018
  101. Rach Alida Bahaweres 21 November, 2018
  102. Siti Faridah 21 November, 2018
  103. Raisa Hakim 21 November, 2018
  104. CatatanRia 21 November, 2018
  105. sie-thi nurjanah 21 November, 2018
  106. Visya 22 November, 2018
  107. VHAranie 22 November, 2018
  108. Sara Neyrhiza 22 November, 2018
  109. Bibi Titi Teliti 22 November, 2018
  110. Anissa putri 22 November, 2018
  111. Anissa putri 22 November, 2018
  112. Arni 23 November, 2018
  113. herva yulyanti 23 November, 2018
  114. ophi ziadah 23 November, 2018
  115. Tomi 23 November, 2018
  116. Emak.Petualang 24 November, 2018
  117. Zefy Arlinda 24 November, 2018
  118. Nova Violita 24 November, 2018
  119. Dian Restu Agustina 24 November, 2018
  120. Arlindya Sari 24 November, 2018
  121. Maman Achman 24 November, 2018
  122. Farhandika Mursyid 24 November, 2018
  123. Dian Farida Ismyama 24 November, 2018
  124. Ajen 24 November, 2018
  125. Siti nurjanah 24 November, 2018
  126. Liza 24 November, 2018
  127. Omith 24 November, 2018
  128. Mudrikah Stories 24 November, 2018
  129. Pertiwi Yuliana 24 November, 2018
  130. Rhoshandhayani KT 💕 24 November, 2018
  131. Marfa 24 November, 2018
  132. Liswanti 25 November, 2018
  133. Leyla 26 November, 2018
  134. tanza erlambang 28 November, 2018
  135. Milda Ini 28 November, 2018
  136. Riri Restiani 29 November, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!