Blogger Reporter Business Company Events Paxel Product Review

Paxel, Jasa Pengiriman Sameday yang Bisa Kirim Paket dengan Cepat

Ayah, aku kirim paket ke kantormu ya? Pakai Paxel. Cek SMS yaaa!” Saya mengabari suami via telepon.

Paxel apaan? Parcel? Paket apa? SMS apa?” Tanya suami.

Paxel, jasa pengiriman gitu tapi sameday delivery, Yah. Cek SMS aja pokoknya,” kata saya.

Tak lama kemudian…

Iya nih ada SMS katanya ada kiriman dari Paxel. Ada linknya buat cek pengiriman sampai di mana. Trus barusan kurirnya nelepon. Tapi aku pas lagi enggak di kantor Bun, udah di jalan pulang nih. Jadi dibawa lagi sama kurirnya. Besok ke sini lagi katanya,” kata suami.

Saya melirik ke arah jam dinding. Hmmm, ya waktu itu emang udah jam pulang kantor sih. Resepsionis sudah pulang dan satpam tidak berani menerima paket. Yaweslah… Tapi, saya udah lega karena bisa membuktikan sendiri kalau Paxel tuh emang ekspedisi yang bisa kirim paket cepet 😀 .

Yaelah, jadi coba-coba doank?” Kepoh?

Hahaha, iyaaa…

Jadi, beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 16 Oktober 2018, saya mengikuti blogger gathering yang diselenggarakan oleh Paxel di Head Quarter Paxel. Trus, saat itu pihak Paxel mengklaim bahwa mereka bisa mengirim paket sameday gitu. Katanya sih sementara ini untuk area Jabodetabek dan Bandung. Denger-denger juga Paxel baru dikembangkan area Semarang dan Solo. Sehingga, sekarang kita bisa kirim paket Jakarta- Semarang atau sebaliknya pakai sameday service dan ongkos pun murah. Ya, pakai Paxel ini.

Keunikan jasa pengiriman Paxel

Lha apa bedanya dengan jasa pengiriman yang dari kendaraan ojek online itu?” Mau tahu?

Berikut adalah keunikan jasa pengiriman  Paxel :

Same day. Same price.

Bedanya ada di tarif. Kalau pakai Paxel tarifnya flat gitu. Misalnya, kita kirim paket dari Bogor ke Jakarta, dimanapun areanya, enggak kenal jarak, tarif sama alias flat. Trus, Paxel ini bisa sameday service.

Kalau Jakarta aja biasanya enam jam. Kalau Jabodetabek kita biasanya delapan jam,” terang Chef Happiness Officer Paxel Ibu Intan Saraswari dalam acara blogger gathering kala itu.

Urban Shipment

Paxel ini memang dirancang untuk generasi/ konsumen yang senantiasa aktif bergerak. Sebagaimana kita ketahui, sekarang makin banyak orang enggak selalu bekerja di kantor atau berada di rumah. Sehingga, kadang kalau kita kirim paket ke alamat A eh ternyata zonk orangnya enggak ada. Lalu nasib paket kirimannya gimana? Nah, Paxel ini memfasilitasi kemungkinan-kemungkinan seperti itu.

Kita bisa melakukan estafet kiriman. Paxel melakukannya secara per-zona. Bayangkan cara bergeraknya seperti busway,” kata Co-Founder Paxel Bapak Johari Zein ketika menerangkan keunikan Paxel di blogger gathering.

Bapak Johari Zein Co-Founder Paxel.

FYI, Bapak Johari Zein ini sudah malang melintang lho di dunia logistik. Bapak Johari Zein adalah orang yang membesarkan beberapa jasa pengiriman yang kemungkinan besar sering kita pakai selama ini.

We’ve Got You Covered

Paxel memastikan bahwa paket kita aman. Kurirnya juga sudah ditraining untuk supaya “mengedukasi” konsumen tentang packaging yang baik itu seperti apa. Supaya paket sampai ke penerima dengan selamat.

Paxel akan bantu customer dengan saran packaging sebelum dikirim,” kata Brand Happiness Hero Paxel Bapak Alexander Zulkarnain di saat yang sama.

Packaging dari Paxel.
Ready When You Are

Sebagai pengirim, kita bisa melakukan scheduling delivery dan pick up sesuai kebutuhan kita.

Oh iya, tadi kan akhirnya paket saya enggak sampai langsung ke tangan suami dan akhirnya dibawa balik pak kurir ya? Namun, paket itu enggak akan numpuk di kantor Paxel sih, melainkan tersimpan di locker terdekat tujuan pengriman saya tadi. Esoknya, saat suami sudah siap menerima, maka kurir akan kembali menghubungi suami dan mengirimkan paket tersebut.

Paket telah diterima oleh suami saya.

Zaman sekarang orang bergerak terus, enggak selalu ada di satu tempat. Akibatnya delivery itu enggak selalu di rumah atau orangnya sedang enggak di rumah. Akibatnya paket-paket ini ada yang enggak bisa diangkut. Masih ada sisa yang belum selesai. Lama-lama ini jadi snowball, padahal handle kayak gitu butuh orang. Akhirnya Paxel mempersiapkan sebauh alat yang bisa dipercara untuk menangani kiriman-kiriman seperti itu. Caranya dengan membuat locker. Locker ini bukan sekadar untuk menitipkan tapi bisa merespon tiap perubahan yang ada pada dirinya,” Jelas Bapak Johari Zein.

Lebih jauh tentang Paxel

Cara kirim pakai Paxel gimana ya?” Ingin tahu lebih tentang Paxel?

Jadi, begini teman-teman, sebenarnya Paxel ini bukan sekadar jasa logistik atau delivery service aja, namun Paxel ini merupakan startup logistik berbasis aplikasi gitu. Sehingga, kalau teman-teman tertarik mengirim paket dengan Paxel, enaknya sih download aplikasinya dulu. Enggak berat kok, cuma 12 MB aja.

Oh iya, kalau teman-teman download aplikasi Paxel sekarang dan memasukkan kode aprilhamsa nanti teman-teman akan langsung dapat free credit/ saldo awal sebesar Rp. 100.000,-. Dengan free credit tersebut, teman-teman udah bisa langsung melakukan pengiriman paket.

Paxel yang didirikan oleh Bryant Christanto (CEO) dan Zaldy Ilham Masita (Co-Founder) ini rencananya akan punya empat jenis layanan, yakni:

  • Door to door
  • Door to locker
  • Locker to home
  • Locker to locker.

Saat ini layanan locker masih tersedia di lingkup corporate/ perusahaan atau hunian apartemen, namun Paxel juga berupaya menambah lebih banyak lagi titik-titik penempatan locker-nya. Locker Paxel tuh unik teman-teman, seperti ini bentuknya:

Locker yang disediakan oleh Paxel.

Jadi, kalau kita mengirim paket, kita bisa memasukkan paket itu ke dalam locker. Caranya pakai aplikasi buat buka ya. Ntar di loker kita bisa scan pakai aplikasi kita. Begitu pula jika kita menerima paket via locker, kita bisa mengambilnya dengan cara yang sama.

Selain kita sendiri, orang yang bisa mengambil dan mengantar paket-paket itu, baik ke locker lain atau ke door ya kurir Paxel. BTW, kurir di Paxel punya nama unik juga lho, yakni Happiness Heroes. Yup, mereka yang berjasa mengantar paket-paket kita tersebut diberi nama Happines Heroes karena mereka mengantar kebaikan kepada kita. Sesuai tagline Paxel “Antarkan Kebaikan”.

Mas Happiness Hero.

Mengapa tagline Paxel berbunyi demikian? Sebab, Paxel menggunakan IronMan Analogy, yakni:

  • Tugas Paxel: Mengantar goods (with care).
  • Hal yang ingin diraih Paxel: Customer Happiness, dimana jika ada keterlambatan karena kesalahan Paxel makan akan ada refund dan jika ada kerusakan maka Paxel akan memberikan kompensasi.
  • Tujuan Paxel: Mengantarkan kebaikan sesuai taglinenya #AntarkanKebaikan.
  • Hal yang dilakukan Paxel: Service yang excellent with nice.

Supaya bisa memfasilitasi pengiriman paket-paket customer dengan baik, Paxel memberikan training buat para Happiness Heroes-nya. Paxel berupaya supaya karyawannya enggak hanya sekadar karyawan, namun juga berkembang bersama. Saat blogger gathering kala itu, saya dan teman-teman blogger lainnya juga diajak berkeliling kantor Paxel. Ruangan manajemen dan karyawan enggak bersekat sehingga nuansa kekeluargaannya dapet gitu deh.

Brand essense yang ingin diangkat oleh Paxel adalah move the nation, yakni gerakan dalam industri logistik, gerakan dalam berinovasi, dan gerakan untuk meningkatkan pengalaman kurir dan pelanggan,” terang Bapak Alexander Zulkarnain saat menerangkan tentang tagline Paxel.

Bapak Alexander Zulkarnain ketika menjelaskan tentang Paxel.

Tak ketinggalan, dalam kesempatan itu, Bapak Alexander Zulkarnain juga menjelaskan tetang logo Paxel. Berikut adalah keterangan logo Paxel:

Logo Paxel menggambarkan beberapa simbol:

  • Moving: Artinya hidup iu senantiasa bergerak, tidak ada yang konstan, geraknya dinamis.
  • Parcel: Paket. Kalau bisa paket itu yang bisa mengerakkan ekonomi lebih cepat.
  • Target: Paxel punya target jadi yang terbaik.
  • Digital Technology: Teknologi kekinian yang dipakai untuk support jasa pengiriman ini.

Kesatuan dari semua itu kemudian digabung dan jadi logogram Paxel.

Paxel solusi untuk online seller

Kalau dipikir-pikir, kayaknya Paxel ini cocok buat teman-teman yang berjualan online ya teman-teman? Khususnya penjual yang barang dagangannya tuh harus lekas sampai ke tangan konsumen, misalnya makanan, frozen food, kue-kue, buah-buahan, dan juga barang-barang lain yang dibutuhkan cepat.

Paxel bisa memudahkan para online seller khususnya yang jualan sendiri, packaging sendiri, jawabin admin sendiri. Paxel adalah jawaban untuk masalah mereka,” kata Bapak Alexander Zulkarnain.

Salah satu perusahaan yang sering memakai jasa Paxel adalah OMIYAGO. OMIYAGO ini adalah platform online yang menawarkan layanan pesan antar oleh-oleh dari seluruih pelosok Indonesia. Melalui OMIYAGO kita bisa menemukan oleh-oleh khas nusantara dan lain-lain dari berbagai daerah di Indonesia. Oleh-oleh tersebut adalah produksi UKM-UKM daerah, lho. Jika kita memesan oleh-oleh via OMIYAGO nanti akan dikirim dengan Paxel ini (sementara masih Jabodetabek dan Bandung)

Nah, buat para teman-teman online seller, saran saya ikuti jejak OMIYAGO deh. pakai Paxel buat jasa pengirimannya. Soalnya ntar enggak perlu repot lagi njawabin paket pelanggan udah nyampe mana. Soalnya, kalau kita kirim pakai Paxel, nanti penerima paket udah bisa tracking paketnya sendiri. Bisa lewat SMS atau kalau perlu buat para langganan/ customer loyal saranin juga buat download aplikasi Paxel. Kalau mau dapat saldo gratis lansgung Rp. 100.000, seperti yang saya bilang tadi, begitu daftar masukkan kode aprilhamsa yaaa…

Cara kirim paket pakai Paxel mudah

Nah, setelah teman-teman punya saldo, bisa langsung kirim paket lho. Simulasinya seperti ini:

  • Masukkan pick up dan destination location. Mirip-mirip kalau kita mesen ojol gitu.
  • Teman-teman bisa perkirakan besarnya paket kita seberapa.

  • Kalau sudah kita klik continue.

  • Masukkan informasi pengirim dan penerima.

  • Lalu klik create shipment. Maka paket kita pun siap diambil oleh Happiness Hero untuk diantar ke penerima.

  • Baik pengirim maupun penerima bisa mengecek secara real time dimana posisi paket yang diantar tersebut.
  • Kalau penerima belum download aplikasinya maka penerima akan menerima SMS notifikasi.
SMS yang diterima suami saya, sebab belum unduh aplikasinya.

Begitulah teman-teman cerita tentang Paxel ini. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman online seller maupun teman-teman yang sering banget kirim dan terima paket yaaa…

April Hamsa

61 Comments

  1. Gita Siwi 22 Oktober, 2018
  2. mira utami 22 Oktober, 2018
  3. Tetty Hermawati 23 Oktober, 2018
  4. Memez 23 Oktober, 2018
  5. Rach Alida Bahaweres 23 Oktober, 2018
  6. Shine 23 Oktober, 2018
  7. Tina Sindi 23 Oktober, 2018
  8. kanianingsih 23 Oktober, 2018
  9. Elisabeth Murni 23 Oktober, 2018
  10. herva yulyanti 23 Oktober, 2018
  11. Utie adnu 23 Oktober, 2018
  12. Nefertite Fatriyanti 23 Oktober, 2018
  13. uchy sudhanto 23 Oktober, 2018
  14. Amelia Fafu 23 Oktober, 2018
  15. Eskaning Arum Pawestri 23 Oktober, 2018
  16. Dewi Nuryanti 23 Oktober, 2018
  17. Lia Lathifa 23 Oktober, 2018
  18. Tian lustiana 24 Oktober, 2018
  19. Hikmah Khaerunnisa 24 Oktober, 2018
  20. Noe 24 Oktober, 2018
  21. ZILQIAH 24 Oktober, 2018
  22. Aya 24 Oktober, 2018
  23. Aswinda Utari 24 Oktober, 2018
  24. Eryvia Maronie 24 Oktober, 2018
  25. Ida Raihan 24 Oktober, 2018
  26. Sary Melati 24 Oktober, 2018
  27. Yoanna Fayza 24 Oktober, 2018
  28. Astin Astanti 24 Oktober, 2018
  29. Erin 24 Oktober, 2018
  30. Nurul Fitri Fatkhani 24 Oktober, 2018
  31. Witri Prasetyo Aji 25 Oktober, 2018
  32. Ruli retno 25 Oktober, 2018
  33. beautyasti1 25 Oktober, 2018
  34. Rahmah 25 Oktober, 2018
  35. Siti hairul 25 Oktober, 2018
  36. Tuty Queen 25 Oktober, 2018
  37. lendyagasshi 25 Oktober, 2018
  38. Ria fasha 25 Oktober, 2018
  39. Lina W. Sasmita 25 Oktober, 2018
  40. sri untari 25 Oktober, 2018
  41. Nurulrahma 25 Oktober, 2018
  42. Rani Yulianty 25 Oktober, 2018
  43. Keke Naima 25 Oktober, 2018
  44. Echi mustika 25 Oktober, 2018
  45. Wian 25 Oktober, 2018
  46. Leyla Imtichanah 25 Oktober, 2018
  47. CatatanRia 25 Oktober, 2018
  48. Lidya 26 Oktober, 2018
  49. Inda Chakim 26 Oktober, 2018
  50. Ainhy 26 Oktober, 2018
  51. Juli 26 Oktober, 2018
  52. Nyi Penengah Dewanti 26 Oktober, 2018
  53. Yoanna Fayza 26 Oktober, 2018
  54. Kurnia amelia 26 Oktober, 2018
  55. Isti Adzah Rohyati 26 Oktober, 2018
  56. Uniek Kaswarganti 26 Oktober, 2018
  57. Sri Widiyastuti 26 Oktober, 2018
  58. indah nuria 26 Oktober, 2018
  59. Ade anita 26 Oktober, 2018
  60. Rosanna Simanjuntak 27 Oktober, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!