Beauty and Make Up Beauty Tips Cosmetics Facial Cleanser Product Review Scarlett Scarlett Acne Serum Scarlett Whitening Facial Wash Skin Care

Pengalaman Pakai Scarlett Acne Serum untuk Basmi Jerawat Bandel pada Kulit Kombinasi

Sebenarnya udah lama banget, tepatnya sejak tahun lalu, saya tuh sering dengar soal Scarlett Acne Serum dari beberapa beauty influencer yang saya ikuti di Instagram. Katanya serum yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Scarlett Acne Serum.

Nah, saya penasaran donk jadinya…

Beneran bagus atau enggak sih Scarlett Acne Serum ini? Apakah kira-kira serum ini mampu menyembuhkan problem jerawat di kulit saya yang merupakan jenis kulit kombinasi ini?

Jerawat yang sering muncul

BTW, FYI, usia saya saat ini sudah lewat dari 30 tahun, namun problem jerawat masih saja sering muncul. Biasanya, jerawat datang jelang siklus haid dan ketika saya sedang cemas berlebihan alias stress (penyebabnya macam-macam 😛 ).

Pada saat seperti itu, jerawat biasanya langsung mbrujul di kulit wajah saya. Tak hanya di area T dan dagu, namun kadang di dahi dan pipi. Padahal, kulit saya termasuk kulit kombinasi lho, di mana area dahi dan pipi rasa-rasanya enggak terlalu berminyak. Namun, saat “musim jerawat” ya ada saja satu dua jerawat muncul di sana.

Supaya enggak muncul jerawat lagi atau setidaknya muncul tapi enggak parah-parah amat, saya pun berusaha mencari perawatan yang cocok untuk kulit saya. Pas mendengar soal keampuhan Scarlett Acne Serum untuk usir jerawat, akhirnya saya tertarik pakai juga.

Saya sudah pakai serum ini selama 23 hari. Penasaran enggak hasilnya seperti apa?

Nah, melalui postingan ini ingin membagikan pengalaman saya itu 😀 .

Namun, sebelum saya kelupaan, buat teman-teman yang tertarik kepengen nyobain Scarlett Acne Serum juga, FYI kalian bisa order produk ini di Official Store Scarlett di Shopee (klik aja).

Produk Scarlett yang bisa kamu beli di official store-nya di Shopee.

Harganya cukup murah kok untuk sekelas serum “pembasmi” jerawat, yakni Rp. 75.000,00. Kalau beli di Shopee, kadang kalau beruntung, bisa dapat diskon juga.

Oh iya, mengapa saya menyarankan teman-teman beli di official store-nya? Soalnya supaya teman-teman tidak kena risiko mendapatkan produk palsunya. Maklum, belakangan produk skincare Scarlett tuh lagi hype gitu, sehingga di pasaran sana banyak beredar produk tiruannya.

Kalau produk asli Scarlett tuh salah satu ciri-cirinya adalah jelas tercantum expired date, kode BPOM, dan sticker hologram seperti ini:

Pastikan produk Scarlett yang kamu beli ada sticker hologram ini.

Tentang Scarlett Acne Serum

Lanjut soal produk Scarlett Acne Serum ya, deskripsi produk ini tuh adalah sebagai berikut:

Klaim

Di kemasan Scarlett Acne Serum dikatakan bahwa serum ini memiliki beberapa manfaat berikut:

  • Mengurangi/ meredakan jerawat dan breakout.
  • Melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Mencerahkan kulit.
  • Mengecilkan pori-pori kulit wajah.
  • Meratakan warna kulit wajah.
Bahan-bahan

Sedangkan untuk komposisi bahan-bahannya (sesuai kemasan) antara lain:

Aqua, Tea Tree Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentylidol, Cantella Asiatica Extrract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic, Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hyroxyethylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum 1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini 1-Butanol, Glycyrrhiza Uralensis, Root Extract, Olea Europaea Fruit Oil, Safflower Seed Oil.

Namun, bahan-bahan inilah yang katanya menjadi rahasia keunggulan Scarlett Acne Serum dalam merawat kulit kita:

  • Salicylic Acid: Meredakan peradangan kulit ketka ada jerawat, membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.
  • Tea Tree Water: Ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi breakout, mengurangi kandungan minyak berlebihan di kulit.
  • Jeju Centella Asiatica: Mengurangi peradangan, menjaga kelembaban kulit mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada kulit.
  • Liquorice Extract: Menutrisi kulit, mencegah hiperpigmentasi, mengatasi kulit gatal dan mencegah peradangan.
  • Vitamin C: Dapat menyembuhkan sel dan jaringan kulit yang rusak karena bekas jerawat, menghilangkan flek kehitaman dan bekas jerawat.
Bentuk Kemasan

Kemasan Scarlett Acne Serum.

Kemasannya ada dua yakni kemasan luar berupa box kartun/ kertas dan kemasan dalam berupa botol kaca gitu, yang sebelumnya masih diberi pengaman berupa box dari plastik gitu. Saya tidak tahu apa nama box-nya, tapi begini bentuknya:

Box pengaman di bagian dalam.

Fungsinya mengamankan botol serumnya saat berada dalam box kartun. Tidak mudah geser juga jadinya kan?

Warna kemasan box-nya dominan putih dengan bagian tutup kardus atas dan bawah berwarna ungu muda. Lalu, ada juga ilustrasi dedaunan. Nama produk, manfaat/ klaim, tanggal expired, komposisi, cara pemakaian, sticker hologram, dan beberapa keterangan lainnya ada lengkap di kemasan luar ini.

Tutup sekaligus pipet serum.

Kalau kemasan botolnya, memiliki tutup putih yang sekaligus berfungsi sebagai pipet. Botol ini berwarna bening tapi terlihat agak keruh dan dikeleilingi label dengan warna dasar ungu yang menampilkan merek, manfaat/ klaim, cara pemakaian, bahan-bahan kandungan serum.

Isi, tekstur, dan aroma

Satu botol Scarlett Acne Serum berisi 15 ml. Isinya berupa liquid dengan tekstur yang encer, sehingga kalau kita teteskan ke kulit cairannya langsung menyebar gitu. Kondisi ini membuat serum ini sangat gampang diratakan dan tentu aja gampang terserap oleh kulit.

Teskturnya encer.

Mengenai aroma, menurut pendapat saya kayaknya hampir enggak ada baunya, deh. Saya suka serum yang samar aromanya gini, ketimbang yang terlalu wangi. Apalagi, kalau dipakainya sebelum saya memakai skincare lainnya seperti pelembab atau masker.

Cara pemakaian

Cara mengaplikasikannya ke kulit wajah adalah dengan:

  • Teteskan 2-3 tetes serum.
  • Usap cairan serum supya merata sambi pijat perahan.
  • Diamkan beberapa saat supaya cairan serum meresap ke dalam kulit wajah.

Cerita perawatan wajah pakai Scarlett Acne Serum

Pertama kali memakai Scarlett adalah tanggal 18 Maret 2021, kebetulan saya sedang datang bulan sehingga seperti biasa muncul bakal jerawat hormonal di wajah, utamanya di sekitar dagu.

Kesan pertama pemakaian Scarlett Acne Serum ini adalah teksturnya encer dan mudah diratakan di kulit wajah. Setelah memakai serum kulit jadi terasa lebih halus.

Oh iya, pertama kali pakai waktu itu pada sore hari, setelah mandi. Saya pakai 3 tetes serum Acne-nya Scarlett ini di wajah. Saya agak perbanyak mengoleskan cairan di area dagu. Kemudian, malam harinya sebelum tidur, saya ulangi lagi.

Esoknya yang terjadi, bakal jerawat saya tadi jadi seperti “cepat matang”. Namun, untuk benar-benar kempes, saya butuh waktu sekitar 5-6 hari dengan rutin membersihkan wajah dan memakai acne serum ini.

Selama 6 hari itu saya masih pakai serumnya 2 kali sehari. Kadang, pagi (setelah mandi) dan malam, kadang sore dan malam. Kemudian, setelah jerawat kempes, saya memakai Scarlett Acne Serum cuma sekali yakni pada malam hari dengan tujuan untuk menghilangkan bekas jerawat membandel.

Kalau ada yang bertanya, saya mengalami pengelupasan kulit atau kulit saya jadi memerah atau enggak ketika awal-awal saya memakai Scarlett Acne Serum ini, alhamdulillah saya tidak mengalaminya.

Baca juga: Beneran Enggak Sih Scarlett by Felicya Angelista Bisa Bikin Kulit Cerah secara Instan?

Saya juga enggak mengalami purging. Baik itu di area dagu dan T saya yang agak berminyak, maupun di area pipi yang agak kering (seperti yang saya singgung sebelumnya, kulit saya berjenis kulit kombinasi), sehingga, saya menyimpulkan kalau serum ini cocok juga untuk kulit kombinasi. Namun, mungkin akan sangat berkhasiat untuk yang kulitnya berminyak dan jerawatan.

Menurut saya serum ini efektif sekali untuk mematangkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Soalnya, saya mengalami sendiri, bekas jerawat saya yang awalnya kecoklatan dengan pemakaian serum secara rutin, lama-kelamaan memudar.

Sedangkan, kalau untuk mencerahkan, saya rasa Scarlett Acne Serum tidak memberikan efek bikin kulit jadi lebih putih/ cerah. Namun, bisa membuat kulit terasa sedikit lebih kenyal dari sebelum pemakaian dan lebih halus.

Perbandingan kulit wajah sebelum dan setelah memakai Scarlett Acne Serum bisa dilihat di gambar ini:

Kiri tanggal 18 Maret, kanan tanggal 30 Maret.

Kiri tanggal 18 Maret, kanan 12 April.

Bagaimana? Tampak efekif membasmi jerawat bukan?

Jadi, kalau saya boleh menyimpulkan bagaimana Scarlett Acne Serum ini, menurut saya:

  • Cocok untuk kulit kombinasi, khususnya di area T yang lebih berminyak dan area berjerawat.
  • Efektif menyembuhkan jerawat.
  • Mampu memudarkan bekas jerawat sampai bersih dengan pemakaian rutin.
  • Harganya sangat affordable untuk sekelas serum acne.

Bonus review Scarlett Whitening Facial Wash

Bersamaan dengan nyobain memakai Scarlett Acne Serum saya juga mencoba Scarlett Whitening Facial Wash sebagai sabun wajah. Kebanyakan orang bilang kalau facial wash yang satu ini lebih cocok untuk yang punya kulit wajah normal. Namun, karena penasaran dengan rose petal yang ada dalam kandungannya, yawda saya coba pakai juga.

Klaim

Scarlett Whitening Facial Wash ini dapat membersihkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, menghilangkan kotoran khususnya di pori-pori kulit, mengontrol kadar minyak berlebih, dan mencerahkan kulit wajah.

Bahan-bahan

Scarlett Whitening Facial Wash ini mengandung:

  • Gluthatione: Bermanfaat mencerahkan dan menutrisi kulit wajah.
  • Rose Petals: Untuk melembabkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, mengobati jerawat, menenangkan kulit wajah.
  • Aloe Vera: Mengandung antioksidan, menutrisi kulit, mempercepat penyembuhan luka, meredakan iritasi kulit.
  • Vitamin E: Menyamarkan noda kehitaman di kulit, melembabkan kulit.
Bentuk Kemasan

Kemasannya terdiri dari kemasan luar dan dalam. Kemasan luar berbentuk box dengan warna dasar campuran antara pink dan ungu. Ada hiasan rose petals juga di box ini.

Scarlett Whitening Facial Wash.

Di bagian depan terlihat jelas nama brand dan produk, kemudian bahan-bahan kandungannya dan volume/ isi produk. Di bagian belakang terdapat penjelasan mengenai manfaat produk, cara pemakaian produk, serta detail ingridient-nya.

Kemudian, kemasan dalamnya berupa botol plastik bening ramping dengan tutup fliptop berwarna putih. Sticker hologram Scarlett terdapat di kemasan dalam/ botolnya ini. Dari luar dapat terlihat isi botolnya yang dipenuhi butiran scrub halus dan rose petals.

Tutup fliptop.

Harga

Scarlett Whitening Facial Wash ini dibandrol Rp. 75.000,00.

Isi, tekstur, dan aroma

Butiran scrub dan rose petals terlihat dari luar.

Satu botol berisi 100 ml gel bening dengan butiran scrub dan rose petals. Ketika dituang ke tangan, gel-nya tidak terasa lengket dan pekat, malah menurut saya cenderung cair walau enggak encer banget.

Gel-nya tidak lengket.

Meski demikian, butiran scrub-nya tidak kasar, sehingga menurut saya aman, tidak akan melukai wajah. Rose petal-nya tidak mudah hancur ketika dituang di tangan dan kalau disentuh seperti jelly yang tipis.

Wanginya seperti bunga dan soft banget. Enak sih, aromanya. Tidak menyengat.

Cara pemakaian

Sebagaimana memakai facial fash, cara memakainya sebagai berikut:

  • Tuangkan secukupnya facial wash ke telapak tangan.
  • Basahi dengan sedikit air, lalu usap secara merata ke wajah.
  • Lalu, bilas hingga bersih.
  • Sangat disarankan untuk pemakaian rutin 2-3 kali sehari.
Pendapat saya tentang Scarlett Whitening Facial Wash

Saya baru memakai facial wash ini setelah jerawat saya matang/ mengempes. Menurut saya facial wash ini tidak terlalu banyak busanya. Setelah dibilas kulit jadi terasa lebih lembab dan halus. Kulit wajah juga menjadi cerah dan terlihat resik setelah memakai sabun wajah ini.

Area T yang lebih berminyak di wajah saya jadi terasa lebih baik, sehingga menurut saya klaim bahwa sabun wajah ini cocok untuk kulit normal aja enggak sepenuhnya benar. Saya rasa kulit kombinasi maupun kulit berminyak pun akan cocok pakai produk ini.

Satu hal yang saya suka juga wajah saya tidak terasa seperti tertarik setelah pemakaian sabun ini. Trus, menurut saya cocok dipakai untuk mencuci wajah sehari-hari pada saat mandi atau sebelum tidur.

Nah, jadi begitulah teman-teman pengalaman saya memakai Scarlett Acne Serum selama 20-an hari terakhir plus bonus review tentang Scarlett Whitening Facial Wash ini. Semoga postingan ini memberi solusi untuk teman-teman yang mengalami problem kulit seperti saya yang gampang berjerawat karena hormon ya 🙂 .

April Hamsa

13 Comments

  1. maya rumi 21 April, 2021
  2. atiqoh 21 April, 2021
  3. Chairina 22 April, 2021
  4. Chairina 22 April, 2021
  5. Chairina 22 April, 2021
  6. Annafi 22 April, 2021
  7. Annisa P Putri 22 April, 2021
  8. Annisa P Putri 22 April, 2021
  9. andiyani achmad 22 April, 2021
  10. enny 22 April, 2021
  11. Fenni Bungsu 23 April, 2021
  12. Renayku 24 April, 2021
  13. Aldila Kun Condroweni 18 Mei, 2021

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!