Blogger Reporter Events Health Health Tips Kids Health Medicine Respimer Baby

Aman Enggak Sih Menyemprot Hidung Anak yang Tersumbat karena Pilek Pakai Respimer Baby?

Respimer Baby. Pernah dengar tentang produk untuk baby yang satu ini moms? Kalau moms zaman now, kayaknya enggak asing deh dengan produk ini 😀 . Berbeda dengan moms “angkatan saya” yang sepertinya dulu belum terlalu familiar dengan produk ini. Nah, saya tuh beberapa kali melihat ada moms yang menyemprot hidung anaknya pakai Respimer Baby ini. Tujuannya katanya untuk meredakan hidung anak yang mampet karena pilek, flu, dll. Kayaknya sih si anak yang disemprot ya baik-baik aja sih moms. Cuma saya kan kepoh, apakah Respimer Baby ini beneran aman untuk mengatasi hidung anak yang tersumbat karena pilek?

Ini lho produk Respimer Baby untuk melegakan hidung mampet.

Nah, pas berkunjung ke Indonesia Maternity Baby & Kids Expo (IMBEX) 2019 pada tanggal 1 Desember lalu di Jakarta Convention Center (JCC) akhirnya saya mendapatkan jawabannya. Moms, kepengen tahu juga apakah produk Respimer Baby ini aman buat si kecil? Nanti saya sharing jawabannya yaaa 😀 .

Tentang Respimer Baby

Namun, sebelumnya, saya mau jelasin dulu nih tentang Respimer Baby. Khususnya buat moms yang mungkin masih asing dengan Respimer Baby. Jadi moms, produk ini tuh merupakan cairan semprot hidung yang bisa membantu mengeluarkan lendir atau ingus pada bayi dan anak pada saat anak menderita pilek atau flu. Biasanya kalau bayi pilek kan susah mengeluarkan ingusnya sendiri, makanya dibantu dengan Respimer Baby ini dengan cara disemprot.

Hal ini berbeda dengan zaman saya dulu saat masih jadi “new mom”, kalau anak pilek atau flu, salah satu usaha saya untuk melegakan hidung si kecil yang mampet adalah diuap pakai air panas sebaskom lalu ditetesin minyak telon. Harapannya, anak akan menghirup uap dari air panas itu sehingga hidungnya merasa lega. Padahal, cara ini ada risikonya sih, yakni anak berisiko terkena air panas dari baskom kalau kita meleng dikit.

Selain cara tersebut, salah satu cara yang trend pada masa itu untuk meredakan hidung anak yang tersumbat adalah dengan membawa anaknya ke dokter lalu diterapi uap gitu. Eh, BTW, padahal terapi uap itu ada pemberian obatnya, lho. Begitu kata dokter yang menangani anak-anak saya ketika kecil dulu. Kebetulan dokter anak saya pro Rational Use of Medicine (RUM).

Makanya dokter anak saya enggak menganjurkan terapi uap ke dokter, apabila penyebabnya cuma hidung mampet. Sedangkan, kalau kita uap sendiri, masih boleh lha, namun ya kudu berhati-hati ya. Jangan sampai terjadi kecelakaan anak kena air panasnya.

Talkshow “Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil”.

Balik lagi ke Respimer Baby. Lain dulu, lain sekarang, moms. Kalau moms zaman sekarang kayaknya sudah mengenal produk Respimer Baby ini, yang dianggap lebih praktis untuk meredakan hidung si kecil yang tersumbat. Jadi tiap bayi/ anak rewel karena pilek atau flu dan sekiranya hidunganya mampet, langsung disemprot pakai Respimer Baby ini.

Nah, pertanyaannya adalah, “Aman enggak sih menyemprot hidung anak yang tersumbat karena pilek pakai Respimer Baby?”

Soalnya yang namanya disemprot kan bayangan kita kayak gimana gitu ya moms? Kita aja kalau misalnya hidung kita kemasukan air rasanya kok enggak nyaman, hehe.

Ternyata moms, jawabannya adalah: “Respimer Baby aman dipakai untuk menyemprot hidung anak yang mampet.”

Kok bisa?

Saya mengetahui jawabannya, pas kebetulan di IMBEX ada talkshow bertajuk “Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil” yang menghadirkan narasumber dr. Intan Diana Sari (dr. Intan) dari RS OMNI, Jakarta. Nanti tipsnya saya share juga di artikel ini ya moms, namun saya mau cerita soal Respimer Baby dulu.

Respimer terbuat dari 100% air laut murni.

Menurut dr. Intan, berikut adalah beberapa alasan mengapa Respimer Baby aman untuk bayi/ anak:

  • Respimer Baby bukan obat, tidak berasal dari bahan kimia, melainkan 100% berasal dari air laut alami. Air lautnya juga bukan air laut sembarangan moms, melainkan khusus air laut yang diambil dari tempat terbaik di dunia yakni di Teluk St. Malo, Perancis.
  • Tidak mengandung gas propelan yang biasanya dipakai untuk obat-obat yang disemprot. Respimer Baby memakai teknologi power assembly yang mampu membuat semprotan bisa halus dan berkelanjutan.
  • Tanpa pengawet dan tetap steril meskipun dipakai berulang-ulang.
  • Tip (ujung botol) Respimer Baby didesain pas untuk bayi dan anak sehingga daya semprot lebih lembut.

Wah, tadinya saya pikir disemprot ya kayak dimasukin air gitu. Ternyata saya keliru. Daya semprot Respimer Baby ini lembut banget, menyesuaikan dengan si anak. Itulah sebabnya, kalau anak disemprot pakai Respimer Baby, maka si anak enggak kaget yang gimana-gimana gitu. Bahkan mungkin tidak terlalu berasa saking lembutnya gitu, kali ya? 😀

Jenis-jenis Respimer Baby

Mengenai jenisnya, ternyata ada dua macam Respimer Baby moms, yakni:

Respimer Baby Baby Nasal Hygiene

Warna kemasan produknya putih dan pink dengan isi 115 ml. Respimer Baby Nasal Hygiene ini cocok untuk mencuci hidung bayi/ anak sehari-hari. Kandungannya berupa air laut dengan konsentrasi 0,9% NaCl. Konsentrasinya sama seperti konsentrasi cairan tubuh (isotonik). Selain itu, produk ini juga mengandung 80 mineral dan trace element.

Respimer Baby Nasal Hygiene.

Produk ini sangat bagus untuk membersihkan hidung anak sehari-hari, baik dalam kondisi anak sehat atau ketika anak mebgalami gejala pilek/ flu yang membuat hidungnya penuh ingus. Jadi memiliki fungsi melegakan hidung gitu, sekaligus mencegah terjadinya infeksi karena kotoran di hidung.

Saran pemakaian dari produk Respimer Baby Baby Nasal Hygiene ini adalah 2-4 kali/ hari.

Respimer Baby Decongestant

Kalau Respimer Baby Decongestant ini kemasannya berwarna putih dan orange. Isinya lebih sedikit, 60 ml. Perbedaannya dengan produk Respimer Baby satunya adalah Respimer Baby Decongestant ini konsentrasi NaCl-nya lebih tinggi, yakni sebesar 2,2%. Konsentrasinya lebih tinggi dari konsentrasi cairan tubuh (hipetonik).

Respimer Baby Decongestant.

Respimer Baby Decongestant juga mengandung 80 mineral dan trace element. Produk yang satu ini lebih cocok dipakai pada saat anak mengalami flu berat dan hidungnya mampet, sehingga mengakibatkan anak jadi sangat rewel. Saran pemakaiannya sebaiknya disemprotkan ke anak 2-3 kali/ hari.

Bagaimana cara menggunakan Respimer Baby?

Cara pemakaian Respimer Baby cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya ya moms:

  • Sebelum menyemprot hidung bayi/ anak, jangan lupa cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
  • Letakkan posisi bayi dalam posisi tidur. Tips, agar posisi bayi enggak berubah, sebaiknya letakkan selimut tebal atau handuk di kaki bayi.
  • Miringkan kepala bayi dan masukkan ujung tip Respimer Baby ke lubang hidung bayi dan semprotkan selama 2-3 detik.
  • Kemudian, gantian miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya dan masukkan tip Respimer baby ke lubang hidung lagi.
  • Lalu, bersihkan ingus bayi yang keluar. Bisa disedot, bisa juga cukup dilap pakai tissue/ sapu tangan.
  • Setelah pemakaian jangan lupa untuk membersihkan tip denga cara mencucinya dengan air hangat supaya tip kembali steril.

Gampang kan moms? 😀

Begitulah moms info mengenai keamanan sekaligus kenyaman Respimer Baby. Jadi, kalau moms masih punya anak kecil di rumah, khususnya masih baby usia 0-2 tahun, sebaiknya sedia Respimer Baby di Kotak P3K ya moms 😀 .

Tips mengatasi hidung tersumbat pada anak

Seperti yang saya janjikan, berikut adalah tips mengatasi hidung tersumbat pada anak atau bayi yang waktu itu dipaparkan oleh dr. Diana:

  • Sebaiknya atur suhu ruangan/ kamar anak agar enggak terlalu dingin.
  • Biasanya kalau anak pilek selalu ada bagian lendir yang mengeras pada bagian luar hidung, sebaiknya itu segera dibersihkan. Bisa menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Soalnya kalau dibiarkan saja nanti akan membuat area hidung kurang steril dan membuat pileknya jadi makin parah.
  • Hangatkan dada dan punggung anak dengan menggunakan krim atau minyak telon/ penghangat untuk membantu meringankan pernafasannya yang tersumbat.
  • Jika masih baby, sebaiknya jemur bayi di pagi hari selama setengah sampai satu jam.
  • Apabila hidung anak mampet maka lakukan penyemprotan pakai Respimer Baby dan jangan lupa bersihkan lendir/ ingus yang keluar.

Respimer direkomendasikan buat moms yang memiliki bayi.

Meski demikian, dr. Diana juga mengingatkan supaya moms peka dan tahu kapan waktu yang tepat membawa anak ke dokter anak jika dibutuhkan. Tanda-tanda anak perlu dibawa ke dokter adalah bila:

  • Pileknya disertai demam berhari-hari lebih dari 39 derajat Celcius.
  • Mata berair dan merah.
  • Anak rewel berlebihan sehingga susah menyusu dan enggak bisa tidur.
  • Dalam 5 hari, pileknya tidak kunjung membaik.

Itulah tipsnya moms. Semoga bisa bermanfaat buat moms yang sering galau kalau anaknya tiba-tiba kena pilek/ flu yaaa.

Wait, saya simpulkan lagi yaaa sebelum menutup artikel ini:

  • Produk Respimer Baby aman untuk meredakan hidung anak yang tersumbat karena pilek/ flu.
  • Moms, bisa memanfaatkan Respimer Baby untuk perawatan saat anak sakit pilek/ flu.
  • Kenali pilek/ flu anak, baik yang ringan maupun yang parah, sehingga moms tahu kapan waktunya membawa si kecil ke dokter.

Semoga si kecil senantiasa sehat ya moms, aamiin.

April Hamsa

84 Comments

  1. Yoona 9 Desember, 2019
  2. Merry 9 Desember, 2019
    • Keke Naima 10 Desember, 2019
  3. Reyne Raea 9 Desember, 2019
    • Reyne Raea 10 Desember, 2019
  4. Inna Riana 9 Desember, 2019
  5. Nanik Nara 9 Desember, 2019
  6. Eni Rahayu 9 Desember, 2019
  7. Nurul Rahma 9 Desember, 2019
  8. TIAN LUSTIANA 9 Desember, 2019
  9. Yeni Sovia 9 Desember, 2019
  10. Widyanti Yuliandari 9 Desember, 2019
  11. Mpo Ratne 9 Desember, 2019
  12. Hidayah Sulistyowati 9 Desember, 2019
  13. Nurul dwi larasati 10 Desember, 2019
  14. Yeni Sovia 10 Desember, 2019
  15. lendyagasshi 10 Desember, 2019
    • lendyagasshi 11 Desember, 2019
  16. Desain Kamar 10 Desember, 2019
  17. Sumiyati Sapriasih 10 Desember, 2019
  18. Keke Naima 10 Desember, 2019
  19. Nurul Sufitri 10 Desember, 2019
  20. winda - dajourneys.com 10 Desember, 2019
  21. Dwi Puspita 10 Desember, 2019
  22. Helena 11 Desember, 2019
  23. Rizka Edmanda 11 Desember, 2019
  24. RAch Alida 11 Desember, 2019
    • RAch Alida 11 Desember, 2019
  25. Atisatya Arifin 11 Desember, 2019
  26. Elva Susanti 11 Desember, 2019
  27. Uniek Kaswarganti 11 Desember, 2019
  28. Grandys 11 Desember, 2019
  29. Fenni Bungsu 11 Desember, 2019
  30. Demia Kamil 11 Desember, 2019
  31. Suciarti Wahyuningtyas 11 Desember, 2019
  32. Okti Li 11 Desember, 2019
  33. renayku 11 Desember, 2019
  34. Yanti 11 Desember, 2019
  35. Echaimutenan 11 Desember, 2019
  36. Ugik Madyo 11 Desember, 2019
  37. Tanti Amelia 11 Desember, 2019
  38. Irena Faisal 11 Desember, 2019
  39. Nathalia DP 11 Desember, 2019
  40. Dian Restu Agustina 11 Desember, 2019
  41. Rahman 11 Desember, 2019
  42. ria fasha 11 Desember, 2019
  43. elva s 12 Desember, 2019
  44. Dwi Puspita 12 Desember, 2019
  45. RAch Alida 12 Desember, 2019
  46. Dian 12 Desember, 2019
  47. Fazirotul Firdaus 12 Desember, 2019
  48. Helena Magdalena 12 Desember, 2019
  49. Julia 12 Desember, 2019
  50. winda - dajourneys.com 12 Desember, 2019
  51. Firsty ukhti 12 Desember, 2019
  52. RACHMANITA 12 Desember, 2019
  53. Triyatni 12 Desember, 2019
  54. Karyati niken 12 Desember, 2019
  55. Melissa Olivia 13 Desember, 2019
  56. Mellisa 13 Desember, 2019
  57. Tori 13 Desember, 2019
  58. Suzannita 13 Desember, 2019
  59. Ratnasari 13 Desember, 2019
  60. artha 13 Desember, 2019
  61. Dedew 13 Desember, 2019
  62. Alida 13 Desember, 2019
  63. Alida 13 Desember, 2019
  64. Mpo Ratne 13 Desember, 2019
  65. Faradila Putri 13 Desember, 2019
  66. Tian lustiana 13 Desember, 2019
    • Tian lustiana 13 Desember, 2019
  67. Hikmah Khaerunnisa 13 Desember, 2019
  68. Annisa 13 Desember, 2019
  69. Leyla Hana 13 Desember, 2019
  70. Arda Sitepu 14 Desember, 2019
  71. kartikaindah 14 Desember, 2019
  72. Afifah Haq 15 Desember, 2019
  73. diane 15 Desember, 2019
  74. Beautyasti1 15 Desember, 2019
  75. Aulia Rizky Wijayanto 15 Desember, 2019
  76. ivonie 15 Desember, 2019
  77. Evalina 16 Desember, 2019
  78. Herva Yulyanti 16 Desember, 2019
  79. desain 17 Desember, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!