Business Company Dropshipaja.com Financial Financial Tips Marketplace Mom Life My Two Cents Selling Tips

Ide Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga supaya Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Hello, moms, apa kabar? Semoga selalu sehat dan masih semangat ya menjalani aktivitas di rumah aja. BTW, kali ini saya mau ngobrolin tentang ide bisnis bagi ibu rumah tangga supaya mendapatkan penghasilan tambahan. Barangkali, ada moms yang sedang berpikir untuk berbisnis atau jualan apa gitu, mengingat masa sekarang kok kayaknya serba susah ya?

Walau zaman sedang susah ibu rumah tangga harus keep strong

Bagaimana enggak susah? Yaaa, masa pandemi sekarang gitu, lho, banyak hal mendadak berubah. Akibatnya, segala rencana yang berkaitan erat dengan finansial, mau tak mau juga ikut dirombak atau bahkan dihapus 🙁 .

Penyebabnya, barangkali nih, ada yang penghasilan suaminya tak sebanyak dulu. Yaaa, mungkin ngantor-nya masih belum full, masih selang-seling, kadang work from home, sesekali work from office gitu? Sehingga, beberapa tunjangan dihapus. Malah, barangkali ada yang suaminya terpaksa dirumahkan oleh perusahaan atau usahanya gulung tikar? Hiks. Turut prihatin ya, moms 🙁 .

Walau zaman susah ibu rumah tangga harus tetap kuat. Sumber gambar: Pixabay.

Meski demikian, kalau boleh memberi saran nih moms, segala kesusahan itu jangan sampai membuat kita, para moms, ikut terpuruk ya. Kita kudu strong moms, demi suami dan anak-anak kita. Sebaiknya jangan mengeluh dan menambah beban suami. Kalau bisa, justru kita inisiatif mengambil langkah out of the box. Berusaha mendapatkan penghasilan tambahan untuk bantu-bantu supaya dapur tetap ngebul, gitu.

Caranya gimana? Ada yang nanya? Hmmm, inilah yang mau saya obrolin moms melalui postingan kali ini, hehe 🙂 .

Eh, tapi sebelumnya saya mau cerita dulu ya, soal ide bisnis buat ibu rumah tangga yang udah saya ketahui. FYI, kalau di circle saya sih, saya lihat makin banyak teman-teman saya yang mulai berbisnis maupun berjualan online. Yup, kenalan saya yang kebanyakan ibu rumah tangga juga ini, mulai banyak yang memanfaatkan media sosial untuk buka lapak.

Ibu rumah tangga bisa memulai bisnis online untuk menabah penghasilan. Sumber gambar: Pixabay.

Sampai kadang dalam sehari, timeline media sosial saya penuh dagangan. Saya sih enggak keberatan ya? Namanya juga orang-orang lagi pada usaha. Bahkan, saya suka memperhatikan Si A dagang apa, Si B nawarin apa, dll.

Diam-diam saya juga mengagumi beberapa orang yang mulau buka lapak online ini. Ada lho moms, seorang teman yang ngaku bahwa sebelum pandemi, dia enggak pernah sama sekali masuk dapur (karena sebelumnya kerja kantoran), eh, sekarang malah jago baking dan jualan kue-kuenya laris manis. Ada pula, teman yang jualan apa aja di media sosial, tanpa malu-malu.

Hihihi, iya sih moms, kalau malu-malu ya udah pasti enggak dapat apa-apa yaaa.

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga

Nah, berdasarkan pengamatan tersebut, saya menyimpulkan ada beberapa ide bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga:

  • Memproduksi dan menjual sendiri

Kita ambil contoh kembali teman saya yang jualan kue-kue tadi, misalnya. Teman saya itu memproduksi sendiri kuenya moms. Begitu pula dengan pemasarannya, dia lakukan sendiri.

Kalau ada modal besar moms bisa memproduksi produk sendiri. Sumber gambar: Pixabay.

Bisnis seperti yang dijalani oleh teman saya ini, tentu saja butuh waktu, tenaga, serta modal yang cukup besar. Soalnya, sebelum bikin kue kan dia harus sedia peralatannya dahulu. Tahu sendiri peralatan baking, harganya lumayan. Daaan, tak hanya modal peralatan, teman saya ini juga sempat kursus baking, supaya kue jualannya punya cita rasa yang tak mengecewakan pelanggannya. Biaya kursus juga tak sedikit ya moms, hehe.

Nah, kalau moms merasa bisa menyediakan waktu, tenaga, dan modal, silakan mulai bisnis sejenis ini moms 😀 .

  • Menjadi reseller

Menjadi reseller juga bisa dipertimbangkan. Sumber gambar: Pixabay.

Namun, kalau moms merasa memproduksi dan menjual sendiri agak berat di modal, mungkin bisa coba cara kedua ini, yakni dengan menjadi reseller. Modalnya tak terlalu besar, soalnya moms enggak bikin produknya dari awal. Moms tinggal membeli ke produsen lalu menjualnya kembali ke pelanggan dengan menaikkan harga jual supaya memperoleh laba/ keuntungan.

  • Menjadi dropshiper

Aduh, gimana bisa kulakan ke produsen, uang buat belanja aja mesti diirit-irit?” Hehe, saya paham keluhan seperti ini, deh. Soalnya saya pun merasakan hal serupa.

Nah, solusinya adalah jadi dropshiper, moms, yang minim modal bahkan bisa enggak pakai modal sama sekali. Namun, problemnya adalah kita mesti jeli menemukan produsen/ supplier yang terpercaya. Terpercaya di sini maksudnya profesional, responnya cepat, mau membantu kita, mitranya, untuk maju bareng-bareng. Jangan sampai dapat supplier yang cuek, yang masa bodoh, respon lama, yang penting jualannya laku lewat kita 🙁 .

Soalnya ini imbasnya tuh bisa ke pelanggan kita, moms. Pelanggan mana mau tahu kalau kita sebenarnya dropshiper. Pelanggan hanya tahu kalau kita adalah penjual yang menyediakan barang kebutuhannya, sehingga mereka maunya direspon cepat juga.

Eh, tapi, buat problem yang semacam itu, sekarang enggak perlu khawatir lagi nih, moms. Teknologi makin maju, demikian pula dengan digital marketing. Sekarang udah ada lho, platform bisnis online yang bisa jadi supplier andal untuk para dropshiper.

Salah satunya adalah Dropshipaja.com. Platform ini menyediakan berbagai produk bisnis yang siap kita jual secara online. Tak hanya mengurus soal produksi, namun mereka juga sekaligus mengurus packing dan pengiriman atas nama kita sebagai seller kepada pelanggan.

Coba deh moms, intip-intip ke media sosialnya di Instagram @dropshipaja. Nanti, kalau moms tertarik, moms bisa memilih produk apa yang sekiranya moms bisa jual kembali.

Ada banyak produk moms, seperti kaos, photobook, casing handphone, mug, powerbank, hoodie, topi, flashdisk, popsocket, tumbler, kartu emoney, dan lain-lain. Menariknya produk yang dijual tersebut semuanya bisa di-custom sesuai keinginan kita dan/ atau para pembeli kita.

Salah satu contoh kaus custom dari Dropshipaja.com (klik gambar untuk melihat koleksi produk yang lebih lengkap).

BTW, denger-denger yang paling diminati oleh pelanggan ada tiga produk unggulan, yakni Case Custom Premium, Kaos Custom Premium, dan Photobook. Kayaknya menarik juga ya produk-produk tersebut untuk dijual kembali? Saya juga sedang berencana mau turut jualan produk-produk itu. Selain karena bisa custom, juga karena tak butuh modal besar, cuma bayar biaya pendaftaran jadi dropshiper.

Ada yang mau tahu bagaimana cara daftar jadi dropshiper?

Nah, cara daftarnya tuh gampang moms, yakni:

  • Pertama, kita pilih produk dan desain. Desain ini bisa sesuai dengan keinginan kita yang tentu saja menyesuaikan kebutuhan pelanggan.
  • Kemudian, langkah kedua adalah kita promosikan produk tersebut di toko online kita. Bisa melalui toko online yang difasilitasi oleh Dropshipaja.com, media sosial kita sendiri, website khusus jualan kita, marketplace, dll.
  • Terakhir, kalau ada pesanan masuk kita bisa langsung menghubungi Dropshipaja.com, supaya produknya segera diurus. Seperti yang saya bilang sebelumnya tadi, mulai dari produksi, packing, dan pengiriman atas nama toko online kita, mereka lah yang handle.

Selain kemudahan tersebut, Dropshipaja.com juga memberi beberapa fasilitas seperti:

  • Menyediakan promo gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.
  • Hanya butuh waktu 1 hari produksi.
  • Tersedia pilihan produk yang banyak untuk penuhi kebutuhan toko kita.
  • Ada customer service yang siap membantu kita.
  • Menyediakan marketing kit yang lengkap sehingga kita tak perlu repot memikirkan desain.
  • Ada komunitas yang solid dan bisa diajak sharing tentang bisnis online.
  • Garansi barang kembali kalau barang yang diterima ternyata rusak, sehingga kita juga bisa menjaga kepercayaan pelanggan kita.

Nah, bagaimana moms, cukup menarik kan ya penawaran ini? Tak butuh banyak modal, cukup sediakan waktu buat promosi produknya, kita akan langsung dapat pelanggan. Yuk Gabung Dropshipaja.com sekarang juga, jangan sampai menyianyiakan kesempatan dapat tambahan penghasilan hanya dari rumah.

Semoga cukup jelas ya moms penjelasan tentang ide bisnis untuk ibu rumah tangga di postingan kali ini. Yuk, segera mulai moms, supaya kita bisa segera mendapatkan penghasilan tambahan seperti yang kita inginkan. Semoga kita semua bisa melalui masa susah ini ya. Semangat moms! 🙂

April Hamsa

63 Comments

  1. HM Zwan 3 September, 2020
  2. nurulrahma 3 September, 2020
    • Suciarti Wahyuningtyas 8 September, 2020
  3. Jiah Al Jafara 3 September, 2020
  4. Mugniar 3 September, 2020
  5. Mbak Avy 3 September, 2020
  6. Farida Pane 4 September, 2020
  7. Evi 4 September, 2020
  8. Nathalia DP 4 September, 2020
  9. Ranny 4 September, 2020
  10. Diah Kusumastuti 4 September, 2020
  11. nchie hanie 4 September, 2020
  12. Aswinda Utari 4 September, 2020
  13. Eri Udiyawati 5 September, 2020
  14. Dedew 5 September, 2020
  15. ranirtyas86 5 September, 2020
  16. Anita Makarame 5 September, 2020
    • lendyagasshi 9 September, 2020
  17. Suciarti Wahyuningtyas 5 September, 2020
  18. Susindra 5 September, 2020
  19. Diani Sekaring 5 September, 2020
  20. Lina W. Sasmita 5 September, 2020
  21. ira duniabiza 5 September, 2020
  22. Adriana Dian 5 September, 2020
  23. Tuty Saca 5 September, 2020
  24. Okti Li 5 September, 2020
  25. Wiwied Widya 5 September, 2020
  26. Rahmah Chemist 6 September, 2020
  27. Sapti nurul hidayati 6 September, 2020
  28. tukang jalan jajan 6 September, 2020
  29. lendyagasshi 6 September, 2020
  30. Marfa 6 September, 2020
  31. atiqoh 6 September, 2020
  32. Rafika Dwi Rahmah 6 September, 2020
  33. Sugi Siswiyanti 6 September, 2020
  34. Shyntako 6 September, 2020
  35. Ira Duniabiza 6 September, 2020
  36. Rahmah 7 September, 2020
  37. Alfa Kurnia 7 September, 2020
  38. Kang Alee 7 September, 2020
  39. Syarifani Mulyana 7 September, 2020
  40. Nia Haryanto 7 September, 2020
  41. Suciarti Wahyuningtyas 7 September, 2020
  42. winda - dajourneys.com 7 September, 2020
  43. aliyatus sa'diyah 7 September, 2020
  44. Yuni 7 September, 2020
  45. Nurul Fitri Fatkhani 8 September, 2020
  46. Mei Daema 8 September, 2020
  47. Mugniar 8 September, 2020
  48. Puput Febriina 8 September, 2020
  49. demia 8 September, 2020
  50. Ratna Kirana 8 September, 2020
  51. Melissa Olivia 9 September, 2020
  52. Lidya 9 September, 2020
  53. Ida Tahmidah 9 September, 2020
  54. nyi Penengah Dewanti 9 September, 2020
  55. Arumi 9 September, 2020
  56. Emanuella Christianti 9 September, 2020
  57. Uniek Kaswarganti 9 September, 2020
  58. Andy Hardiyanti 9 September, 2020
  59. Rach Alida 9 September, 2020
  60. Novitania 9 September, 2020
  61. nyi Penengah Dewanti 16 September, 2020

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!