Kids Activity Kids Health Minyak Telon Mom Life Our Kids Parenting Product Review Telon Lang Telon Lang Plus

Minyak Telon Lang untuk Menghangatkan dan Melindungi Anak dari Gigitan Nyamuk

Maxy, tolong ambilin bunda, minyak telon Lang yang di meja itu ya? Yang minyak telon Lang Plus ya!” Saya minta tolong ke Maxy, anak pertama saya untuk mengambilkan sediaan minyak telon di rumah.

Yang ini ya, bunda?” Tanya Maxy.

Minyak telon Lang dengan kandungan bahan alami.

Iyes, makasih ya,” kata saya.

Begitu minyak telon Lang Plus berpindah ke tangan saya, saya langsung membalurkan minyak telon yang sudah saya pakai sejak anak-anak bayi ini ke area perut, dada, punggung, tangan, serta kaki anak kedua saya, Dema.

Minyak telon untuk melindungi anak saat bermain

Saya melakukannya karena Dema minta izin mau main sepeda sama teman-temannya, anak-anak tetangga di luar rumah. Cuaca agak kurang baik belakangan ini. Sehingga, sekarang kalau anak-anak keluar rumah untuk bermain, tubuh mereka saya olesi minyak telon dulu.

Tujuan pertama untuk menghangatkan badan, soalnya akhir-akhir sering hujan. Angin juga sering berhembus agak kencang dan dingin. Lalu, tujuan yang kedua adalah untuk melindungi mereka dari gigitan nyamuk.

Minyak telon Lang Plus untuk meindungi anak dari gigitan nyamuk nakal.

Dibandingkan pakai lotion antinyamuk yang saya masih agak bingung mana yang cocok untuk kulit anak, saya lebih memilih pakai minyak telon aja sih. Apalagi, sekarang minyak telon Lang juga punya varian telon Lang Plus yang diklaim memiliki formula yang ampuh menghindari gigitan nyamuk hingga 10 jam. Jadi, yawda, pakai itu aja untuk melindungi anak-anak dari gigitan nyamuk.

Maxy mau keluar juga enggak?” Tanya saya ke Maxy.

Mau,” jawabnya.

Kalau gitu, sini, bunda olesin minyak telon Lang juga,” kata saya.

Setelah itu, mereka berdua langsung keluar rumah untuk bermain bersama teman-temannya.

Fitrah anak adalah bermain

Anak-anak terlihat excited sekali.

Yeah, salah satu hal yang saya sesalkan dari masa pandemi sekarang ini adalah anak-anak jadi agak susah bermain, bersosialisasi dan berinteraksi dengan anak-anak sebayanya seperti dulu 🙁 . Saya termasuk ortu yang strict untuk hal ini. Soalnya kesadaran orang-orang memakai masker di daerah rumah tinggal saya sangat minim.

Itulah sebabnya, saya masih belum mengizinkan anak-anak ke sekolah. Kami juga tidak pernah mengajak anak ke mall lagi. Anak-anak juga jarang saya beri izin bermain bersama anak-anak tetangga.

Namun, untuk yang terakhir ini, saya rasa lama-kelamaan kok ngaruh ke kondisi psikologis anak-anak ya, heuheu. Suatu waktu, Dema bilang, “Bunda, Dema enggak mau belajarnya online-online lagi. Dema maunya sekolah ke sekolah.”

Cuaca sedang tidak bagus, jadi sebaiknya beri perlindungan minyak telon saat anak bermain di luar rumah

Akhirnya, bismillah, saya agak melunak. Agar anak bahagia , sekarang, kalau hari sedang tidak hujan, saya mengizinkan anak-anak bermain sepeda. Biasanya pukul 06.00 – 07.00 pagi atau pukul 16.00 sore. Enggak lama-lama, maksimal satu jam aja.

Kadang ada satu dua anak bergabung main dengan anak-anak saya. Teman mainnya ini biasanya anak-anak tetangga sebelah rumah. Itupun, saya izinkan karena sekarang anak-anak itu pakai masker semua, setelah di komplek kami (akhirnya 😛 ) ada tiga keluarga positif Covid-19.

Lumayan ngaruh sih, anak-anak jadi lebih ceria dibandingkan sebelumnya, sekarang. Alhamdulillah.

Yaaa, gimana pun yang namanya bermain merupakan fitrah anak ya? Pinter-pinter-nya kita aja, para orang tua mengawasi anak-anak kala bermain di luar. Jangan sampai kendor pakai maskernya.

Daaan, jangan lupa juga untuk melindungi anak dari hawa yang belakangan kurang bagus, dingin karena angin, plus waspada gigitan nyamuk yang banyak berkembang biak karena musim huja. Saya sarankan hal yang saya lakukan tadi sih. Olesi kulit tubuh anak dengan minyak telon.

Minyak telon Lang untuk melindungi anak

Mengapa sih harus melindungi anak-anak pakai minyak telon? Menurut pengalaman kami yang memang sudah sedia minyak telon sejak anak-anak masih bayi, minyak telon itu baik untuk:

  • Menghangatkan badan anak.
  • Mencegah perut kembung (khususnya pada bayi/ balita).
  • Menjaga kelembaban kulit anak yang lembut, sehingga kulit anak tetap halus, lembut, dan tidak kering.

Itulah sebabnya, sebaiknya kalau punya anak kecil, jangan sembarangan memilih minyak telon ya? Wajib memilih yang enggak sekadar wanginya enak, namun juga harus terbuat dari bahan-bahan natural/ alami yang berkualitas. Buat kulit anak gitu, lho. Jangan sampai pakai minyak-minyakan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Kalau di keluarga kami, minyak telon yang sudah lama kami pilihkan untuk anak-anak kami adalah minyak telon Lang. Minyak telon Lang ini punya dua varian, yakni:

  • Telon Lang
  • Telon Lang Plus.

Perbedaannya apa?

Udah saya singgung sih perbedaannya di atas, hehe. Namun, untuk lebih jelasnya, yawda saya jelasin lagi ya. Jadi, bedanya minyak telon Lang dengan minyak telon Lang Plus tuh, kalau minyak telon Lang Plus mengandung Natural Rhodinol yang ampuh mengusir nyamuk.

Sedangkan untuk perbedaan komposisi bahan-bahan kandungan minyak telon tersebut adalah:

  • Minyak telon Lang
Komposisi telon Lang.
  • Minyak telon Lang Plus

Komposisi telon Lang Plus.

Minyak telon Lang Plus yang mengandung bahan-bahan alami tersebut bisa dipakai sejak anak masih bayi, lho.

Dahulu, ketika anak-anak masih bayi, minyak telon Lang bermanfaat sebagai anti nyamuk terbaik. Soalnya, seperti yang tadi saya bilang sebelumnya, kami belum menemukan lotion antinyamuk yang aman buat kulit bayi, trus saya pernah baca informasi walau pakai obat nyamuk elektronik sekalipun, masih ada kandungan bahan kimianya yang agak kurang baik buat anak. Jadi, anti nyamuk aman untuk bayi ya kami pikir minyak telon seperti Lang Plus aja.

Minyak telon juga punya manfaat untuk pijat bayi. Kami jarang membawa anak-anak ke spa bayi atau dukun bayi ketika mereka masih kecil. Biasanya ya kami pijat sendiri. Minyak telon kami pakai sebagai media pijat untuk bayi saat anak-anak kecil dulu.

Manfaat memijat bayi sendiri tuh banyak lho, antara lain:

  • Hemat uang (pastinyaaa).
  • Bisa menciptakan bonding yang kuat antara orang tua, khususnya ibu dengan si kecil. Anak biasanya lebih tenang kalau yang memijat adalah orang yang dikenalnya. Berbeda kalau yang memijat adalah orang lain, seringnya bakal ada situasi anak rewel gitu.
  • Sebagai cara stimulasi anak sejak dini, karena dalam kegiatan memijat bayi ada sentuhan, ada situasi dimana “tukang pijatnya” mengajak si kecil ngobrol, ada stimulasi indra penciuman dari wewangian minyak telon yang dipakai, dll.

Masih banyak lagi manfaat lain dari memijat anak/ bayi sendiri. Coba deh, sering-sering dilakukan 😀 .

Kalau saya dulu, sering memijat anak/ bayi setelah mereka selesai mandi. Juga, pada saat mereka mengalami perut kembung atau kolik. Biasanya minyak telon seperti telon Lang sangat membantu memberi anak-anak kenyamanan. Hangat soalnya.

Selalu sedia minyak telon di rumah kalau punya bayi atau anak kecil.

Jadi, begitulah teman-teman, khususnya para bunda yang punya anak kecil di rumah, saran saya sedia minyak telon ya untuk melindungi anak. Baik itu untuk menghangatkan tubuh, maupun untuk melindungi nyamuk yang lagi doyan bertelur di musim hujan kayak sekarang ini.

Juga, kepada Ibu-ibu yang baru punya baby, sebaiknya jangan terlalu khawatir memijat bayinya sendiri ya. Percayalah, yang bayi butuhkan bukan pijatan yang enak kok, namun bayi lebih butuh berada di dekat ibunya. Orang yang dikenalnya, yang selalu bikin si kecil nyaman.

Jangan lupa, pilih minyak telonnya, wajib memperhatikan komposisi kandungan bahan-bahannya ya. Pilih yang bahan-bahannya alami, kalau bisa wajib mengandung sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta udah teregistrasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Kalau rekomendasi saya sih ya minyak telon yang saya pakai sampai sekarang, telon Lang dan telon Lang Plus. Terbuat dari bahan-bahan alami dan harganya cukup ramah kantong. InsyaAllah, melindungi anak-anak dengan minyak telon akan bikin mereka semua sehat yaaa, aamiin. Jangan kendor pakai maskernya, juga! 🙂

April Hamsa

 

 

 

 

 

52 Comments

  1. Mechta 7 Februari, 2021
  2. Jeanette Agatha 7 Februari, 2021
  3. Dian 8 Februari, 2021
  4. indah nuria 8 Februari, 2021
  5. helena magdalena 9 Februari, 2021
  6. Yuni 9 Februari, 2021
  7. Emanuella Christianti 9 Februari, 2021
  8. Sulung Siti Hanum 9 Februari, 2021
  9. Diyanika 9 Februari, 2021
    • Bundabiya.com 11 Februari, 2021
  10. Herva Yulyanti 9 Februari, 2021
  11. Bundabiya.com 9 Februari, 2021
  12. astin 9 Februari, 2021
  13. andiyani achmad 9 Februari, 2021
    • astin 13 Februari, 2021
  14. winda - dajourneys.com 9 Februari, 2021
  15. Melissa Tjia 10 Februari, 2021
  16. Suciarti Wahyuningtyas 10 Februari, 2021
  17. Cilya Marthalena 10 Februari, 2021
  18. Mei Daema 11 Februari, 2021
  19. indah nuria 11 Februari, 2021
  20. Ratnasari 11 Februari, 2021
  21. Laksmipaopao 11 Februari, 2021
  22. HM Zwan 11 Februari, 2021
  23. Ellyzabeth 11 Februari, 2021
  24. Ayi Prima 11 Februari, 2021
  25. lendyagasshi 11 Februari, 2021
    • lendyagasshi 13 Februari, 2021
  26. nyi Penengah Dewanti 11 Februari, 2021
  27. Desy Yusnita 11 Februari, 2021
  28. Jiah 11 Februari, 2021
  29. Andiyani Achmad 11 Februari, 2021
  30. Ucig 11 Februari, 2021
  31. Nurul Sufitri 11 Februari, 2021
  32. Nurul Rahma 11 Februari, 2021
  33. Ucig 11 Februari, 2021
  34. Evi 11 Februari, 2021
  35. Hidayah Sulistyowati 11 Februari, 2021
  36. Bibi Titi Teliti 11 Februari, 2021
  37. Dian Restu Agustina 12 Februari, 2021
  38. Eri Udiyawati 12 Februari, 2021
  39. Keke Naima 12 Februari, 2021
  40. Dedew 13 Februari, 2021
  41. Nanik Nara 13 Februari, 2021
  42. Ade UFi 13 Februari, 2021
  43. Tanti Amelia 13 Februari, 2021
  44. Lisa Maulida R 13 Februari, 2021
  45. Nchie Hanie 13 Februari, 2021
  46. Lisdha 13 Februari, 2021
  47. Sri Widiyastuti 15 Februari, 2021
  48. Yurmawita 15 Februari, 2021
  49. Hikmah Khaerunnisa 15 Februari, 2021

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!