Others

Tips Hemat Belanja Saat Diskon Lebaran Begitu Menggoda

Diskon lebaran, oh, diskon lebaran. Jelang lebaran seperti sekarang ini, hampir semua tempat belanja biasanya menyediakan diskon lebaran. Baik itu toko-toko, pusat-pusat perbelanjaan, sampai online seller atau marketplace, dll. Tak tanggung-tanggung, supaya menarik perhatian pembeli, tampat-tempat belanja itu membanting harga abis-abisan. Ada yang membandrol diskon sebesar 50%, bahkan ada pula yang berani memajang informasi diskon lebih dari 80%.

Siapa coba yang enggak tergiur kalau barang idamannya selama ini, kini dijual dengan harga diskon? Kesempatan ini tentunya enggak akan disia-siakan begitu saja, bukan? Khususnya, ibu-ibu, nih. Biasanya kalau lihat informasi diskon di toko atau marketplace langganan, matanya langsung ijo, hehe…

Alasan mengapa orang kalap belanja saat ada diskon lebaran

By the way, kayaknya banyak ya yang beranggapan bahwa diskon lebaran bisa membuat mereka lebih banyak menghemat uang? Terus terang, awalnya saya juga mengira begitu. Mungkin juga teman-teman yang membaca artikel ini, beranggapan sama. Padahal, kalau dipikir-pikir lagi sih pada kenyataannya tidak demikian. Malah kalau dilihat-lihat nih ya, orang jadi lebih banyak menghabiskan uang karena diskon lebaran.

Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan ya teman-teman. Soalnya, makin banyak barang yang didiskon membuat orang semakin berhasrat untuk membeli lebih banyak barang. Mungkin pada mulanya, kita ingin membeli satu atau dua item saja. Namun, ketika ada barang lain yang juga didiskon, mereka kita jadi lapar mata trus langsung menyambar barang tersebut juga. Haha, iya apa iya? πŸ˜›

Namun, bukan itu saja sih yang menjadi alasan utama. Sebagian orang juga banyak yang memang memanfaatkan lebaran untuk membelikan hadiah kepada banyak orang. Khususnya, membelikan hadiah buat kerabat, teman, atau bahkan klien. Mumpung harga barang-barang sedang murah, jadi makin banyak hadiah yang bisa dibeli. Biasanya, hal tersebut dilakukan untuk menjaga tali persaudaraan maupun hubungan baik. Makanya, wajar jika pada saat lebaran, justru orang boros meskipun banyak diskon lebaran.

Cara menghindari β€œjebakan” diskon lebaran

Apakah hal tersebut bisa dihindari? Tentu saja bisa. Ada beberapa tips yang bisa kita pelajari bersama, agar kita tidak boros saat menjelang lebaran seperti sekarang ini. Namun, di sisi lain, juga agar kita tidak melewatkan momen lebaran ini dengan membeli barang dengan diskon luar biasa besar ya πŸ˜€ . Berikut adalah cara/ tips untuk menghindari β€œjebakan” diskon lebaran:

  • Menetukan sebelum membeli

Sebelum keluar rumah dan menuju ke pusat perbelanjaan atau sebelum kita membuka smartphone dan mengunjungi toko online atau marketplace, tentukan dulu barang apa saja yang ingin kita beli. Tentu saja, pasti banyak sekali barang yang ingin kita beli. Namun, sebaiknya, eliminasi sehingga hanya barang-barang yang benar-benar kita butuhkan saja yang kita ingin beli.

  • Membuat daftar siapa saja yang diberi hadiah

Saat lebaran, kita mungkin ingin sekali membelikan baju untuk seluruh anggota keluarga. Kita juga ingin memberikan hadiah buat rekan kerja atau klien. Itu sah-sah saja, sih. Namun, sebaiknya tentukan dulu siapa saja yang ingin kita beri. Hal in akan membuat kita bisa menghindari terlalu boros saat berbelanja di tengah diskon besar-besaran saat menjelang lebaran.

  • Tentukan barangnya

Tentu saja kita tidak membelikan satu item yang sama untuk semua orang. Setelah kita membuat list siapa saja yang ingin kita beri hadiah, selanjutnya tentukan juga apa yang kita ingin berikan kepada masing-masing orang. Usahakan agar nilai barang satu dengan yang lain tidak berbeda agar tidak terjadi kecemburuan sosial. Hal ini juga penting agar kita tidak menghabiskan terlalu banyak uang.

  • Jangan terburu-Buru

Sering kali orang ingin langsung membeli saat ada diskon di waktu lebaran. Sebaiknya, kita jangan meniru hal tersebut. Kita harus bersabar karena semakin dekat dengan Idul Fitri maka semakin banyak barang yang diskon. Bahkan, nilai diskonnya pun biasanya semakin besar.

  • Bandingkan harga

Selain itu, kita juga harus membandingkan harga barang setelah didiskon di toko yang satu dengan toko yang lain. Sekarang ini, semakin mudah untuk membandingkan harga. Apalagi jika kita sudah familiar dengan berbelanja online. Kita bisa bandingkan antara barang yang sama di marketplace satu dengan yang lainnya.

Itulah teman-teman tips yang bisa kita praktikkan. Satu hal yang pasti, kita harus mampu mengontrol diri. Jangan sampai karena diskon lebaran , kita menjadi gelap mata. Kita beli semua barang sehingga tabungan kita habis. Bisa-bisa, nanti, kita akan kebingungan ketika lebaran sudah selesai.

Mari kita sama-sama eling, sadar, ingat, bahwa lebaran bukan momen untuk menghabiskan semua uang. Jangan sampai uang yang kita kumpulkan dalam satu tahun habis, hanya karena membeli semua barang di bulan Ramadan. Seharusnya, diskon lebaran membuat kita lebih berhemat karena kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah. Bukan justru berfoya-foya menghamburkan uang kita.

Semoga tips hemat belanja saat banyak diskon lebaran ini berguna ya teman-teman πŸ™‚ .

April Hamsa

Sumber gambar: Pixabay.

20 Comments

  1. Elva Susanti 14 Juni, 2018
  2. adi pradana 19 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  3. Okti Li 19 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  4. Elva Susanti 19 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  5. kurnia amelia 19 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  6. Hanni 19 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  7. Abby Onety 20 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  8. Tukang Jalan Jajan 20 Juni, 2018
    • April Hamsa 2 Juli, 2018
  9. Ade UFi 24 Juni, 2018
  10. Elly Nurul 25 Juni, 2018
  11. April Hamsa 2 Juli, 2018

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!