Blogger Reporter Business Company Experience LIGA PT Alfa Lirga Karya Traveling Travelling Travelling Tips

Ingin Check In di Bandara Tanpa Ribet? Pakai Jasa Airport Handling LIGA Saja

Jasa airport handling? Apakah itu? Apakah sama dengan jasa porter bandara?” Begitu kira-kira pertanyaan beberapa teman yang mengintip postingan Instagram Story saya beberapa waktu lalu, yang menceritakan tentang jasa airport handling bernama LIGA. Nah, sesuai janji saya di postingan tersebut, kali ini saya mau menceritakan lebih lengkap tentang apa itu jasa airport handling.

Ribetnya bepergian bawa rombongan

Namun, sebelumnya, saya mau nanya dulu nih? Adakah teman-teman pembaca blog ini yang punya pengalaman menjadi tour leader rombongan wisatawan tour atau jamaah umroh? Teman-teman yang sering jadi tour leader, khususnya yang traveling-nya naik pesawat, pernah enggak sih mengalami keribetan ketika check in? Pasti pernah lha yaaa…

Apalagi, kalau di antara rombongan itu ada orang yang baru pertama kali naik pesawat atau ada yang sudah berusia sepuh atau malah masih anak-anak, dll? Kebayang betapa ribetnya check in sambil mengatur dan mengawasi semuanya. Apalagi, kadang yang diurus bukan hanya orang, melainkan juga tas/ koper bawaan, juga dokumen-dokumen yang diperlukan untuk persyaratan terbang.

Ribet ya kalau check in sambil ngurusin bawaan yang banyak?

Kejadian seperti itu pernah dialami oleh seorang teman saya. Jadi, ceritanya teman saya itu sering bikin open trip ke luar negeri, seperti ke Singapura, Malaysia, Jepang, Ausralia, Eropa, dll. Pernah suatu kali, teman saya bawa rombongan ibuk-ibuk yang usianya sudah enggak muda lagi. Ibu-ibu itu saat mau check in suka kebingungan ngurusin koper dan juga dokumennya.

Sementara, teman saya itu, yaaa, walau bawa bala bantuan sih, tapi tenaganya terbatas. Jadi, enggak mungkin donk bisa handle semua, ngawasin satu per satu koper maupun membantu urus dokumen secara detail ketika check in. Tapiii, sebagai tour leader yang bertanggung jawab, ya teman saya itu akhirnya bantuin juga sih ngurusinnya. Namun, tetep ada ngeluhnya, buktinya dia curcol ke saya wkwkwk. Naaah, di sinilah saya rasa teman saya itu, juga mungkin orang-orang lain yang suka open trip juga atau bahkan perusahaan travel butuh jasa airport handling.

Lalu jasa airport handling ini apa sih?”

Sebenarnya dari namanya udah bisa ketebak sih ya? Jasa airport handling ini membantu penumpang, salah satunya yang paling sering adalah pengurusan bagasi. Jadi, kalau teman-teman yang perginya berombongan, lalu barang bawaannya banyak, saran saya sebaiknya manfaatkan jasa airport handling.

Tentang jasa airport handling LIGA

Saya menyarankan demikian, soalnya sudah punya experience sendiri tentang bagaimana kinerja jasa airport handling. Ceritanya pada tanggal 23 Maret kemarin, saya dan beberapa teman blogger lainnya berkesempatan mengikuti airport tour di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten. Di sana kami berjumpa dengan jasa airport handling dari PT Alfa Lirga Karya atau yang lebih dikenal dengan sebutan LIGA (yang sebelumnya saya singgung di Instastory saya itu).

Jasa airport handling LIGA membantu membawakan barang bawaan penumpang dan mengurus dokumen.

LIGA ini sebenarnya merupakan pelaksana operasional dari Koperasi Karyawan Garuda Indonesia Group (KOKARGO). LIGA sudah beroperasi sejak tahun 2016 dan mengantongi izin resmi dari PT Angkasa Pura pada tahun 2017. Nomor izin operasional bandaranya: BAC.NASM.024/04/01/01/2017.

LIGA ini ada di bawah Kokargo, sehingga legalitasnya terjamin,” kata CEO PT Alfa Lirga Karya Lirra Asriviantino (Ibu Lirra) dalam pertemuan hari itu.

BTW, memang sekilas jasa airport handling ini mirip dengan jasa porter bandara ya teman-teman? Namun, sebenarnya layanannya tuh jauh berbeda…

Oh iya, ngomong-ngomong, teman-teman sudah tahu belum sih, kalau porter bandara sudah dihapuskan per-1 September 2017 lalu? Oleh sebab itu, kalau ke bandara, sekarang kita enggak akan menjumpai porter lagi. Perannya sudah digantikan oleh airport helper Enaknya helper adalah mereka jasanya no tipping alias gratis, enggak kayak porter dulu yang bahkan kayaknya maksa gitu ya kesannya?

Lalu mengapa enggak minta tolong helper bandara yang free of charge aja dibandingkan harus pakai jasa airport handling seperti LIGA?”

Jadi, gini lho, masalahnya helper ini punya kelemahan, yakni mereka hanya bisa membantu calon penumpang pesawat sampai depan mesin X-ray bandara aja. Setelah dari situ ya udah, tugas mereka selesai. Padahal, ada kan beberapa calon penumpang pesawat yang sebenarnya masih butuh bantuan ngurusin barang bawaan dan dokumen saat di counter check in?

Layanan LIGA meliputi mengantar calon penumpang sampai ruang tunggu.

Eh, sebenarnya helper juga bisa sih membantu sampai counter check in, namun terbatas hanya melayani orang yang sakit, orang yang sudah sepuh, atau anak-anak gitu. Namun, bagaimana dengan orang yang masih muda dan sehat yang sebenarnya juga punya problem yang sama, kerepotan bawa barang, misalnya? Mereka ini enggak bisa pakai jasa helper, namun masih bisa memanfaatkan jasa airport handling seperti LIGA.

Kelebihan jasa airport handling LIGA

Biasanya, yang memakai jasa airport handling LIGA ini adalah rombongan umroh dan haji atau rombongan wisata dari biro travel. Namun, sebenarnya LIGA juga melayani personal. Sehingga, kalau misalnya teman-teman bepergian seorang diri, namun enggak mau ribet bawa banyak barang bawaan ketika check in, juga bisa memanfaatkan jasa LIGA ini.

Service LIGA meliputi pelayanan keberangkatan, kedatangan, atau keduanya (pulang pergi), serta service transit. Kelebihannya, jasa airport handling ini adalah layanannya enggak cuma sebatas mengurusi koper dan barang bawaan, namun juga mencakup hal-hal berikut:

Keberangkatan

Pelayanan keberangkatan dari LIGA meliputi:

  • Pendataan rombongan saat tiba di bandara.
  • Membantu melakukan pra check in dan check in sampai boarding pass.
  • Mengarahkan/ mengantar calon penumpang sampai melewati prosedur imigrasi.
  • Pengurusan kursi roda dan mengantar sampai ruang tunggu.
  • Mengarahkan/ mengantar sampai ke ruang tunggu.

LIGA memastikan barang bawaan calon penumpang aman sampai masuk bagasi.
Kedatangan

Sedangkan, pelayanan pada saat kedatangan meliputi:

  • Menjemput dan mengarahkan rombongan ke lokasi pengumpulan bagasi.
  • Membantu menurunkan bagasi dan barang bawaan lainnya dari conveyor belt.
  • Mendata jumlah rombongan, bagas, dan barang bawaan.
  • Semua bagasi akan dibantu untuk dibawa oleh staff LIGA. Bisa sampai keluar dari terminal dan masuk ke mobil jemputan.
  • Serah terima bagasi dan barang bawaan lainnya.
Transit

Sedangkan service transit meliputi:

  • Mengantar rombongan ke terminal domestik/ sebaliknya dengan menggunakan bus dari LIGA.
  • Melakukan pendataan calon jamaah saat keberangkatan.
  • Melaksanakan check in ticket dan pengurusan bagasi apabila penumpang pindah penerbangan/ terminal.

LIGA membantu mengecek kelengkapan dokumen.

Oh iya, kelupaan, kadang kita ada keluarga yang usianya sudah sepuh, misal ayah atau ibu teman-teman mau terbang atau sebaliknya datang dari luar kota, LIGA juga bisa lho membantu memastikan mereka terbang/ mendarat dengan selamat sampai ketemu dengan kita. Soalnya kita enggak mungkin mengantar sampai dalam/ menjemput dari dalam kan? Begitu pula kalau yang  mau terbang/ datang adalah anak-anak. LIGA bisa kita andalkan untuk kasus-kasus seperti ini.

Berapa biaya jasa airport handling LIGA?” Penasaran?

Sebenarnya harganya bervariasi sih teman-teman dan tergantung kesepakatan gitu. Range-nya antara Rp. 40.000,- sampai Rp. 185.000,- tergantung layanan apa yang kita request. Mau dibantu saat keberangkatan saja, kedatangan saja, atau pada saat keberangkatan dan kedatangan. Tentu saja, kalau kita perginya berombongan jatuhnya lebih murah. Menurut saya pribadi, biaya jasa airport handling LIGA masih tergolong ramah kantong kok. Sebanding dengan service-nya yang bagus dan profesional.

Ibu Lirra (pakai hijab warna hitam) dan karyawan LIGA.

FYI, LIGA adalah jasa airport handling yang pernah dipercaya mengurusi rombongan delegasi atlet dari berbagai negara yang mengikuti Asian Games 2018 di Indonesia, lho. Sehingga, pengalamannya dalam menghandling kebutuhan calon penumpang pesawat sudah enggak perlu diragukan lagi.

Jasa airport handling LIGA tidak terbatas hanya di Bandara Soetta saja, melainkan di seluruh bandara di Indonesia. Apabila teman-teman tertarik memakai jasa LIGA, teman-teman bisa melihat informasi lengkapnya di:

Teman-teman juga bisa langsung menghubungi:

  • Contact : 081314535823/ 081219635719
  • Email : ligaairporthandling@gmail.com.

Atau langsung datang ke kantor LIGA di:

  • Area Perkantoran Terminal 1A No. AOD 05 & 061, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Supaya bisa mendapatkan informasi lebih jelas mengenai jasa airport handling LIGA ini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, khususnya buat teman-teman yang punya biro travel atau suka buka open trip seperti teman saya tadi atau bahkan traveler yang enggak ingin mengalami kerepotan saat check in bandara 🙂 . 

April Hamsa

81 Comments

  1. Achmad Humaidy 29 Maret, 2019
  2. Kang Alee 29 Maret, 2019
  3. Eko Prasetyo 30 Maret, 2019
  4. Sugi Siswiyanti 30 Maret, 2019
  5. Nur Hasani Fajriana 30 Maret, 2019
  6. Tukang Jalan Jajan 30 Maret, 2019
  7. Khoirur Rohmah 30 Maret, 2019
  8. Rin 30 Maret, 2019
  9. Ira duniabiza 30 Maret, 2019
  10. Nova Violita 30 Maret, 2019
  11. Dikki Cantona Putra 30 Maret, 2019
  12. Reyne Raea (Rey) 30 Maret, 2019
  13. Mechta 30 Maret, 2019
  14. Mechta 30 Maret, 2019
  15. Hilman 30 Maret, 2019
  16. Sigit Agustina 30 Maret, 2019
  17. Dwi 30 Maret, 2019
  18. Komi Kendy 30 Maret, 2019
  19. lendyagasshi 30 Maret, 2019
  20. Hatta Shani 30 Maret, 2019
  21. Ruli retno 30 Maret, 2019
  22. Mudrikah Stories 30 Maret, 2019
  23. vebby 30 Maret, 2019
  24. Demia KamiL 30 Maret, 2019
  25. Liza 30 Maret, 2019
  26. Lily Kanaya 31 Maret, 2019
  27. unggulcenter 31 Maret, 2019
  28. Tami Oktari 31 Maret, 2019
  29. winda - dajourneys.com 31 Maret, 2019
  30. Arvi 31 Maret, 2019
  31. Nona 31 Maret, 2019
  32. Uniek Kaswarganti 31 Maret, 2019
  33. Elliza Efina 31 Maret, 2019
  34. Rima Angel 31 Maret, 2019
  35. Rach Alida 31 Maret, 2019
    • Rach Alida Bahaweres 1 April, 2019
  36. Sintha Novia Putri 31 Maret, 2019
  37. Suzannita 31 Maret, 2019
  38. Widya Lim 31 Maret, 2019
  39. Rosanna Simanjuntak 31 Maret, 2019
  40. Ujame Gaja 31 Maret, 2019
  41. Silviana Noerita 31 Maret, 2019
  42. Yuni 31 Maret, 2019
  43. Lubnah Lukman 31 Maret, 2019
  44. Ludyah Annisah 31 Maret, 2019
  45. Ludyah Annisah 31 Maret, 2019
  46. Arda Sitepu 31 Maret, 2019
  47. Hidayah Sulistyowati 1 April, 2019
  48. CatatanRia 1 April, 2019
  49. Irena Faisal 1 April, 2019
  50. Dwi Puspita 1 April, 2019
  51. Noorma 1 April, 2019
  52. Kurnia amelia 1 April, 2019
  53. Leyla Hana 1 April, 2019
  54. Yoanna Fayza 1 April, 2019
  55. Ulya 1 April, 2019
  56. Indah 1 April, 2019
  57. Nyi Penengah 1 April, 2019
  58. Annafi 1 April, 2019
  59. Reni Dwi Astuti 1 April, 2019
  60. Okti 1 April, 2019
  61. Tukang Jalan Jajan 1 April, 2019
  62. Febrianty Rachma 1 April, 2019
  63. Nyak Rotun 1 April, 2019
  64. Rahmah 1 April, 2019
  65. anggraeni septi 2 April, 2019
  66. Melysa Luthiasari 2 April, 2019
  67. Irra Octaviany 2 April, 2019
  68. Afrilentin 2 April, 2019
  69. Maliha 3 April, 2019
  70. Zaky Arifuzzaky (Tpinno.com) 3 April, 2019
  71. Lili 3 April, 2019
  72. Tati Suherman 3 April, 2019
  73. Rani Yulianty 3 April, 2019
  74. Antung apriana 4 April, 2019
  75. aan 4 April, 2019
  76. TIAN LUSTIANA 4 April, 2019
  77. Ila rizky 5 April, 2019
  78. Zilqiah 6 April, 2019
  79. Ika Maya Susanti 17 April, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!