Blogger Reporter Company Events Lazuardi Harmoni Tour Religi Islam Traveling Travelling Umrah

Tips Memilih Travel Umrah yang Profesional dan Amanah

β€œMaxy, Dema, mohon doanya ya, insyaAllah Mbah berangkat tahun ini,” kata Ibu saya saat menelepon cucu-cucunya. Yup. insyaAllah, jika Allah mengizinkan, kedua orang tua saya akan berangkat haji tahun ini. Ah, saya jadi teringat delapan tahun lalu ketika mengantar ibu daftar haji. Cukup cepat juga ya? Padahal, kemarin, seorang teman merepost status Instagram Kementrian Agama Republik Indonesia (@kemenag_ri) yang isi postingannya tentang lama antrian jamaah haji Indonesia. Semua udah dua digit angkanya. Maka, tak heran, sekarang banyak orang memilih melaksanakan umrah dahulu, sembari menunggu antrian haji. Namun, belakangan, berita tentang travel umroh yang tidak amanah mulai bikin was-was. Lalu gimana donk caranya supaya kita enggak salah langkah dalam memilih travel umroh yang amanah sekaligus profesional?

Lama antrian jamaah haji Indonesia yang diposting di IG Kemenag.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya mau sharing nih teman-teman mengenai tips memilih travel umrah yang profesional dan amanah. Bukan karena saya sudah berpengalaman umroh sih, namun karena saya sering sharing tentang umrah ini dengan beberapa teman yang sudah pernah berangkat duluan. Jadi, bisa dibilang hasil diskusi tentang umrah, saya sharing lagi melalui blogpost ini πŸ˜€ . Semoga berkenan yaaa…

Doa seorang teman untuk saya dan keluarga.

Ciri-ciri travel umrah yang profesional dan amanah

Seperti yang saya singgung di awal memulai blogpost ini, akhir-akhir ini tuh banyak kasus penipuan travel umrah yang mencuat ke publik. Dampaknya tak sedikit masyarakat yang kemudian mengalami kebingungan dalam memilih travel umrah yang amanah. Soalnya, travel-travel umrah yang katanya melakukan penipuan kemarin itu kelihatannya juga meyakinkan, lho. Kantornya mentereng, endorse artis-artis, bahkan waktu itu sempat terdaftar di Kemenag juga.

Penting buat calon jamaah umrah untuk mencari travel yang profesional dan amanah.

Untungnya, tahun lalu, Kemenag menerbitkan regulasi baru terkait penyelenggaraan umrah, yakni berupa Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah. Regulasi terbaru itu mengatur hal-hal berikut:

  • Penyelenggara/ travel umrah akan diakreditasi secara berkala oleh lembaga yang ditunjuk Kemenag.
  • Standar biaya umrah minimal Rp. 20 juta.
  • Penjualan paket umrah tidak boleh bertentangan dengan syariah. Tidak boleh menggunakan dana talangan, tidak boleh pakai skema ponzi, dll.
  • Pendaftaran dilakukan dengan sistem pelaporan elektronik dengan pembatasan keberangkatan paling lama 6 bulan setelah tanggal pendaftaran dan paling lama 3 bulan setelah pelunasan.

Merujuk dari regulasi tersebut, teman-teman bisa sedikit menyimpulkan sendiri bukan, ciri-ciri travel yang bisa dipercaya itu seperti apa? Kalau masih bingung, saya coba uraikan satu-satu ya? Seperti ini lho kira-kira travel umrah yang insyaAllah amanah plus profesional:

Terdaftar resmi di Kemenag

Cara mengecek apakah travel umrah terdaftar di Kemenag atau tidak ada dua cara, yakni datang langsung ke kantor Departemen Agama di daerah masing-masing atau cek lewat website Kemenag. Biasanya travel umrah yang telah terdaftar di Kemenag adalah travel umrah yang memiliki Tanda Daftar Perusahaan, Tanda Daftar Usaha Pariwisata, Izin Umrah Kemenag, Biro Perjalanan Wisata, Izin Undang-undang Gangguan, NPWP.

Cek kantor dan manajemen/ pemilik travel umrah

Teman-teman bisa memastikan sendiri dengan datang ke kantor travel umrah tersebut dan melihat kantornya benar-benar ada. Bahkan kalau bisa cari tahu siapa owner dan juga orang-orang yang memegang manajemen travel umrah tersebut. Dengan demikian, teman-teman bisa menyelidiki apakah mereka adalah orang-orang yang profesional dan amanah atau bukan.

Lazuardi Harmoni Tour adalah contoh travel umrah yang sudah memiliki kantor sendiri.
Teliti paket umrah dan fasilitas yang ditawarkan

Travel umrah yang profesional dan amanah biasanya akan terbuka mengenai paket dan fasilitas yang ditawarkan. Mereka bisa menyebutkan maskapai penerbangan apa yang dipakai, hotel mana yang disediakan untuk jamaah, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Sehingga, kalau teman-teman bisa dengan mudah kroscek apakah fasilitas itu sudah sebanding dengan biaya yang teman-teman keluarkan atau enggak.

Cari tahu skema pembayaran yang ditetapkan

Kalau skema pembayarannya seperti sistem ponzi seperti yang kemarin bermasalah itu sebaiknya tinggalkan. Travel umrah yang amanah biasanya menggunakan jasa perbankan untuk transaksi pembayaran. Namun, pastikan rekening untuk pembayaran adalah atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi salah satu pihak manajemennya.

Cari tahu track record-nya

Kalau teman-teman sudah memastikan semua hal yang saya sebutkan tadi dan sudah yakin mau memakai jasa salah suatu travel umrah, enggak ada salahnya tetap mencari tahu tentang track record-nya. Teman-teman dengan bertanya pada keluarga atau kenalan yang pernah memakai travel umrah tersebut atau mencari data/ testimoni secara daring.

BTW, ngobrolin travel umrah yang profesional dan amanah, alhamdulillah saya sudah menemukan salah satunya nih, teman-teman. Travel umrah tersebut merupakan rekomendasi dari teman saya. InsyaAllah, sudah punya izin resmi dari Kemenag dan track record-nya bagus. Nama travel umrahnya adalah Lazuardi Harmoni Tour. Mungkin, teman-teman ada yang berencana umrah ingin tahu lebih banyak mengenai travel umrah yang satu ini?

Tentang Lazuardi Harmoni Tour

Okey, kali ini saya mau cerita-cerita tentang Lazuardi Harmoni Tour yaaa. Kebetulan, saya dan suami punya planning #2020umrah ( tolong aminin donk! πŸ˜€ ), makanya saat teman saya menyebut Lazuardi Harmoni Tour, saya antusias mencari tahu lebih banyak lagi tentang travel umrah ini.

Bapak Danial dan Ibu Ninda.

Nah, pada tanggal 12 Februari kemarin, saya dan beberapa teman main ke kantor Lazuardi Harmoni Tour di area Tebet, Jakarta Selatan. Alhamdulillah, hari itu kami berkesempatan bertemu dan berbincang langsung dengan jajaran manajemennya. Waktu itu kami bertemu:

  • Direktur Utama, Bapak Muhammad Danial Nafis (Bapak Danial)
  • Komisaris, Ibu Nur Hamida (Ibu Ninda)
  • General Manager, Bapak Arif Rahman Hakim (Bapak Arif)
  • Manager Marketing, Ibu Romiyatih (Ibu Romi).

Saya dan teman-temanΒ blogger saat berkunjung ke kantor pusat Lazuardi Harmoni Tour.

β€œLazuardi Harmoni Tour memberangkatkan lima ratus jamaah permusim untuk umrah,” kata Bapak Danial saat memulai ceritanya tentang travel umrah yang dirintisnya tersebut. Dalam kesempatan itu, Bapak Danial juga menyebutkan bahwa Lazuardi Harmoni Tour ini telah berdiri sejak tahun 2014 dan telah memiliki izin umrah sejak 2017 dari Kemenag. Berikut adalah legalitas Lazuardi Harmoni Tour, apabila teman-teman ingin mengecek keabsahannya:

  • Tanda Daftar Usaha Pariwisata No. 174/ 1/ 31.74/-1.858.8/2016
  • Tanda Daftar Perusahaan No. 09.03.179.107306
  • Izin Umrah Kemenag No. 251 Tahun 2017
  • Biro Perjalanan Wisata No. 41/ 2016
  • Izin Undang-undang Gangguan No. 190/ 26.1/31.41/-1.751.2/ 2016
  • NPWP No. 70.613.784.1-005.000.

β€œLazuardi Harmoni Tour ini juga telah memiliki kantor milik sendiri dan enggak ngontrak ruko,” jelas Bapak Danial yang juga Ketua Jan’iyyah Ahli Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdiyah (JATMAN) Idarah Wustho DKI Jakarta ini. Kemudian, Bapak Danial, bergantian dengan Bapak Arif dan Ibu Romi bergantian menjelaskan apa saja keuntungan yang akan didapat oleh jamaah apabila memakai jasa Lazuardi Harmoni Tour.

Berikut adalah beberapa kelebihan Lazuardi Harmoni Tour:

Melayani keperluan jamaah pra keberangkatan, keberangkatan, dan pasca keberangkatan secara intensif

Lazuardi Harmoni Tour melayani keperluan jamaah dengan melakukan pendampingan yang intensif. Pendampingan tersebut dilakukan sejak saat keberangkatan dari Jakarta, selama umrah, sampai kepulangan.

β€œPerbedaan kami dengan travel lainnya adalah adanya bimbingan dari sejak sebelum berangkat, sampai di sana. Setiap keberangkatan dari Lazuardi selalu didampingi oleh ustad, oleh pembimbing, bukan cuma tour guide. Kan sering tu, pembimbing ya ustad ya guide, ditanyain tempat beli oleh-oleh. Kami tidak. Ada pembimbing ustad sendiri, ada tour guide sendiri,” kata Bapak Danial.

Menurut bapak Danial, keberadaan ustad sebagai pendamping jelas sangat dibutuhkan selama umrah. Hal ini sebagai bentuk pendampingan ruhaniah untuk jamaah, sehingga diharapkan selama beribadah semua tata caranya sesuai dengan syariat.

β€œAda banyak kejadian saat umrah, misal thawaf, enggak sah. Ambil contoh jamaah ibu-ibu, saat thawaf misalnya, ketika memegang Kabah bagian tangannya yang pakai gelang-gelang itu terlihat. Itu kan termasuk aurat. Nah, seperti itu kan enggak sah. Dibiarkan gitu saja sama pembimbingnya. Bagaikan sholat tanpa tahu sholatnya sah apa enggak. Makanya kalau Lazuardi selalu menyediakan ada muthawif, ada guide sendiri. Pendamping ini akan membimbing bagaimana cara beribadah yang sempurna di tanah suci,” jelas Bapak Danial.

Pendampingan secara ruhaniah juga dilakukan oleh Lazuardi Harmoni Tour kepada jamaahnya pasca umrah, sehingga diharapkan para alumni jamaah tetap dalam Tarbiyatul Islam.

Bimbingan intensif, tata cara manasik dalam filosofis maupun praktik

Sebelum berangkat, jamaah umrah Lazuardi Harmoni Tour diberi bimbingan intensif dan pengetahuan mengenai tata cara manasik, baik secara filosofis maupun praktik. FYI, hari itu saya juga berkesempatan mengikuti manasik yang diselenggarakan oleh Lazuardi Harmoni Tour bersama calon jamaah umrah dari Kandangan, Kalimatan Selatan.

Manasik jamaah umrah dari Kandangan.

Beberapa pembina/ pembimbing manasik di Lazuardi Harmoni Tour antara lain:

  • KH. Muhammad Danial Nafis, SE, M.Si
  • Ustadz Azka Fuady Abdillah Akbar, Lc yang merupakan alumnus Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir
  • Drs. KH. Asyari Tafsir yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren dan Madrasah Arraudhah, Malang
  • Ustadz Deden Sajidin, Lc yang juga alumnus Universitas Al Azhar, Cairo, Mesir
  • Usadzah Zeina Assegaf, Lc, alumni Kuwait University Jurusan Ilmu Tafsir dan Hadist.

β€œSelama bimbingan jamaah kita beri buku-buku doa. Tiap abis ashar di sana dan di sini ada kajiannya,” kata Bapak Arif.

Bapak Arif saat membuka acara manasik jamaah umrah.
Bekerja sama dengan handling dan lounge bandara untuk menjamin kenyamanan jamaah

Mungkin teman-teman yang sering terbang, pernah melihat calon jamaah umrah duduk-duduk di kursi tunggu yang ada di luar bandara itu? Kelihatannya kan seperti kurang nyaman gitu kan? Enggak langsung masuk ke dalam bandara. Kalau Lazuardi Harmoni Tour telah bekerja sama dengan handling dan lounge bandara, sehingga begitu jamaah sampai bandara akan langsung masuk ke lounge bandara.

β€œMungkin pernah lihat jamaah umrah di bandara kan seperti terlantar gitu, duduk-duduk di kursi. Kalau di Lazuardi kami punya fasilitas begitu tiba di Cengkareng jamaah langsung diarahkan masuk ke lounge, menunggu di resto,” jelas Bapak Danial.

Punya beberapa fasilitas untuk kemudahan jamaah ketika beribadah

Lazuardi Harmoni Tour juga menyediakan fasilitas berupa ruang manasik sendiri. Sehingga, para jamaah bisa lebih mudah menerima pembekalan tentang tata cara manasik maupun praktik. Untuk transportasi, Lazuardi Harmoni Tour menggunakan maskapai terbaik di dunia seperti Saudi Arabian Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, dan Turkish Airlines.

Selain itu, selama di tanah suci, Lazuardi Harmoni Tour menyediakan fasilitas hotel yang jaraknya sangat dekat dengan masjid. Sehingga, memudahkan jamaah ketika ingin beribadah di masjid. Beberapa hotel tersebut antara lain Showah Royale Orchid, Retaj Villa, Makarem Ajyad, Millenium Hotel, Thawharat al Andalusia di Makkah dan Millenium al Aqeeq, Rawdah Royal Inn, Mirrage al Salam, Mubarak Silver di Madinah.

Menyediakan asuransi perjalanan untuk perlindungan jamaah

Semua jamaah umrah yang berangkat dengan bendera Lazuardi Harmoni Tour sudah dilengkapi dengan asuransi perjalanan.

Memiliki provider visa sendiri

Lazuardi Harmoni Tour memiliki provider visa sendiri, namanya Noura. FYI, beberapa travel umrah lain juga memakai jasa provider visa ini.

Cara pembayaran sesuai regulasi Kemenag

Lazuardi Harmoni Tour mewajibkan persyaratan untuk setoran awal/ DP minimal Rp. 5 juta dan pelunasan biaya umrah dilakukan tiga minggu sebelum keberangkatan. Semua pembayaran dilakukan melalui jasa perbankan, melalui rekening atas nama perusahaan.

Ibu Romi menjelaskan cara pendaftaran dan pembayaran umrah.
30% dari keuntungan bersih perusahaan disalurkan ke Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Zawiyah Arraudhah

Sehingga, apabila teman-teman umrah dengan memakai jasa Lazuardi Harmoni Tour, maka secara enggak langsung teman-teman juga turut membesarkan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Zawiyah Arraudhah ini.

β€œBiro ini saya dirikan berangkat dari keprihatinan dari pengelolaan ibadah umrah dan haji yang sering enggak beres dalam pembinaan ibadah dan transportasi. Selain itu tidak hanya mengejar profit karena profit itu unuk santri di pesantren. Semua yang belajar di sana enggak bayar atau kami subsidi,” kata Bapak Danial yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Zawiyah Arraudhah.

Mempunyai berbagai kantor cabang perwakilan di Indonesia

Selain kantor di Jakarta, Lazuardi Harmoni Tour juga punya beberapa cabang yakni di Banten, Yogyakarta, Malang, Banjarmasin, Kandangan, Karawang, Depok, dan Pangkal Pinang.

Itulah teman-teman beberapa poin yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan teman-teman apabila ingin memakai jasa Lazuardi Harmoni Tour. Kalau mempertimbangkan hal-hal yang sudah saya sebutkan tersebut, saya pribadi sih berkesimpulan bahwa insyaAllah Lazuardi Harmoni Tour ini sudah memenuhi poin profesional dan amanah.

Paket program di Lazuardi Harmoni Tour

Oh iya, kurang afdol ya kalau teman-teman belum tahu paket apa saja sih yang ditawarkan oleh Lazuardi Harmoni Tour ini. Okey, saya sebutin satu-satu ya, barangkali ada yang berminat. Berikut adapah beberapa paket umrahnya:

Umrah Reguler Silver

Umrah ini berlangsung selama 9 hari dan fasilitasnya berupa hotel bintang 3 atau 4.

Umrah Special Silver

Fasilitas hotel sama seperti Umrah Regular Silver, namun berlangsung lebih lama, yakni 14 hari.

Umrah Gold

Umrah selama 9 hari dan dapat fasilitas hotel bintang 5.

Umrah Platinum

Umrah Platinum jangka waktunya sekitar 12-14 hari, plus spiritual journey ke negara-negara seperti Palestina, Maroko, Turki, Dubai, dan Mesir.

Umrah Ramadhan

Berlaku hanya pada saat Bulan Ramadhan dan berlangsung antara 9-14 hari.

Itulah teman-teman, beberapa paket program umrah yang ditawarkan oleh Lazuardi Harmoni Tour.Β FYI, saat ini, Lazuardi Harmoni Tour memiliki penawaran untuk teman-teman yang ingin pergi umrah pada Bulan Rajab, lho.

Paket Umrah Bulan Rajab untuk Maret 2019.
Paket Haji Mandiri

Selain umrah, Lazuardi Harmoni Tour juga memiliki Paket Haji Mandiri yang umumnya dikenal dengan nama Haji Furoda. FYI, Haji Furoda ini tidak memakai kuota haji dari pemerintah, melainkan langsung memakai visa undangan (Visa Furoda) dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Setiap tahun Lazuardi Harmoni Tour memberangkatkan 50Β seats jamaah Haji Furoda.

Kuota Haji Furoda ini enggak mengambil jatah kuota haji pemerintah, sehingga jamaah yang berangkat haji memakai visa ini tidak perlu mengantre lama. Asalkan ada dananya, bisa langsung berangkat tahun ini juga. Tahu sendiri kan lamanya antrian haji yang sudah saya jelaskan di atas? πŸ™‚ . Untuk paket program ini, tiap tahun, Lazuardi Harmoni Tour punya kuota sebesar 50 seats.

BTW, menurut Ibu Ninda yang ternyata adalah istri Bapak Danial, Lazuardi Harmoni Tour juga bisa membuatkan program sendiri yang meliputi request hotel, request destinasi selama di tanah suci, dll, dengan harga yang bisa diatur.

β€œLazuardi juga bisa bikinin program sendiri misal emak bloggeer mau janjian berangkat bareng trus sama mau ngeberangkatin artis atau tokoh siapa gitu, Nanti harga nya diatur supaya tokoh yang diberangkatin bisa gratis. Mau request hotel juga bisa, Request destinasi selama di Saudi juga bisa. Misalnya mau pesawat yang transit Turky City Tour dulu, jalan-jalan, abis itu umroh. Itu juga bisa,” kata Ibu Ninda.

Saat ini pegang koper jamaah lain, esok pegang koper sendiri. Aamiin πŸ™‚ .

Mungkin teman-teman ada yang tertarik dengan salah satu paket program tersebut, bisa langsung melihat informasi lengkapnya di media sosial Lazuardi Harmoni Tour:

Teman-teman juga bisa datang langsung ke kantor pusat Lazuardi Harmoni Tour di:

Rukan Grand Soepomo Kav. B,Β Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H. No. 73, Tebet, Jakarta Selatan.

Semoga sharing informasi mengenai tips memilih travel umrah yang profesional dan amanah, serta rekomendasi travel umrah Lazuardi Harmoni Tour ini bermanfaat ya teman-teman πŸ™‚ . Semoga kita semua dimudahkan untuk berangkat ke Baitullah, aamiin.

April Hamsa

104 Comments

  1. Lidya 18 Februari, 2019
    • April Hamsa 22 Februari, 2019
  2. Laily 18 Februari, 2019
    • April Hamsa 22 Februari, 2019
  3. Jalan-Jalan KeNai 18 Februari, 2019
    • Jalan-Jalan KeNai 19 Februari, 2019
  4. Okti Li 18 Februari, 2019
  5. Lidya 18 Februari, 2019
  6. diane 18 Februari, 2019
  7. Andiyani Achmad 18 Februari, 2019
  8. Sary Melati 18 Februari, 2019
  9. Artha Amalia 18 Februari, 2019
  10. Ira 18 Februari, 2019
  11. Uniek Kaswarganti 18 Februari, 2019
  12. Ira 18 Februari, 2019
  13. Arda Sitepu 18 Februari, 2019
  14. Ira Hamid 18 Februari, 2019
  15. Bunda Erysha (yenisovia.com) 18 Februari, 2019
  16. Ujame Gaja 18 Februari, 2019
  17. natra rahmani salim 18 Februari, 2019
  18. Cindy Vania 19 Februari, 2019
  19. Fillyawie 19 Februari, 2019
  20. Allaely Hardhiani 19 Februari, 2019
  21. Dian Restu Agustina 19 Februari, 2019
    • Dian Restu Agustina 19 Februari, 2019
      • Fenni Bungsu 26 Februari, 2019
  22. Bety Kristianto 19 Februari, 2019
  23. Siska Dwyta 19 Februari, 2019
  24. Inna Riana 19 Februari, 2019
  25. Nanik Nara 19 Februari, 2019
  26. Yessi Greena 19 Februari, 2019
  27. Sri Al Hidayati 19 Februari, 2019
  28. Wiwin Pratiwanggini 19 Februari, 2019
  29. Indah Nuria 19 Februari, 2019
  30. Farida Pane 19 Februari, 2019
  31. Fenni Bungsu 19 Februari, 2019
  32. Dedew 19 Februari, 2019
  33. Idah Ceris 19 Februari, 2019
  34. Mugniar 19 Februari, 2019
  35. mutia nurul rahmah 19 Februari, 2019
  36. Eri Udiyawati 19 Februari, 2019
  37. kakdidik13 19 Februari, 2019
  38. @nurulrahma 19 Februari, 2019
  39. Jiah 19 Februari, 2019
  40. Nchie Hanie 19 Februari, 2019
  41. BlogerMadura 19 Februari, 2019
  42. @viraelyansyah 19 Februari, 2019
  43. Hidayah Sulistyowati 19 Februari, 2019
  44. Dian farida ismyama 19 Februari, 2019
  45. amanda 19 Februari, 2019
  46. Liswanti 20 Februari, 2019
  47. Cilya 20 Februari, 2019
  48. Siti hairul 20 Februari, 2019
  49. Ade UFi 20 Februari, 2019
  50. lendyagasshi 20 Februari, 2019
    • lendyagasshi 20 Februari, 2019
  51. Lina W. Sasmita 20 Februari, 2019
  52. Miranti | jendelakeluarga.com 20 Februari, 2019
  53. Isti Adzah Rohyati 20 Februari, 2019
  54. Linimasaade 20 Februari, 2019
  55. Nyi Penengah Dewanti 20 Februari, 2019
  56. Yoanna Fayza 20 Februari, 2019
  57. Ida Raihan 20 Februari, 2019
  58. Rizka Edmanda 20 Februari, 2019
  59. Diah Kusumastuti 20 Februari, 2019
  60. Kurnia amelia 20 Februari, 2019
  61. Uniek Kaswarganti 20 Februari, 2019
  62. Elly Nurul 20 Februari, 2019
  63. ima 20 Februari, 2019
  64. Zefy Arlinda 20 Februari, 2019
  65. Dwi Puspita 20 Februari, 2019
  66. Ainhy Edelweiss 20 Februari, 2019
  67. Ria Rochma 20 Februari, 2019
  68. Tukang Jalan Jajan 20 Februari, 2019
  69. Tina Sindi 20 Februari, 2019
  70. Nurul Fitri Fatkhani 20 Februari, 2019
    • Nurul Fitri Fatkhani 20 Februari, 2019
  71. Marfa 20 Februari, 2019
  72. Rachmanita 20 Februari, 2019
  73. Yesi Intasari 20 Februari, 2019
  74. Irra Octaviany 20 Februari, 2019
  75. Faradila Putri 21 Februari, 2019
  76. Lubnah Lukman 21 Februari, 2019
  77. Desri Desri 21 Februari, 2019
  78. Yurmawita 21 Februari, 2019
  79. Novita Leviyanti 21 Februari, 2019
  80. Pecila 21 Februari, 2019
  81. Suzannita 21 Februari, 2019
  82. Sara Neyrhiza 21 Februari, 2019
  83. cucukake 21 Februari, 2019
  84. Eni Martini 22 Februari, 2019
  85. Lily Kanaya 24 Februari, 2019
  86. Teddy 25 Februari, 2019
  87. Akarui Cha 26 Februari, 2019
  88. Achmad Humaidy 26 Februari, 2019
  89. Siti nurjanah 27 Februari, 2019
  90. Grandys 27 Februari, 2019
  91. Liswanti 27 Februari, 2019
  92. Kesih Latief 28 Februari, 2019
  93. bunda sugi 28 Februari, 2019
  94. Damar Aisyah 28 Februari, 2019
  95. Sigit Agustina 1 Maret, 2019

Leave a Reply

Instagram

error: Content is protected !!