Kesehatan anak pastinya adalah prioritas paling penting bagi orang tua. Benar bukan? Namun, tuntutan untuk kesehatan anak jaman sekarang banyak. Eh, jaman dulu juga sih, cuma jaman dulu kan pasien ya datang aja sebagai pasien. Nurut apa kata dokter. Dikasi obat, dikasi antibiotik, ya dihabiskan aja tanpa banyak nanya.

Kalau jaman sekarang, orang tua dituntut jadi smart parent. Sebelum bawa anak ke dokter buat konsultasi kesehatan, wajib baca-baca dulu. Orang tua juga nggak sembarangan bawa anak ke dokter A atau dokter B. Dokter anaknya juga nyari-nyari, istilahnya sekarang β€œbelanja dokter”. Dokter yang dicari biasanya yang menganut RUM. Apa itu RUM? RUM adalah singkatan dari Rational Use of Medicine, yakni pasien mendapat informasi dan terapi yang tepat sesuai diagnosa penyakitnya, mendapat obat dengan dosis dan jangka waktu yang tepat, dan mendapat harga obat termurah.

Mencari dokter yang RUM itu ternyata nggak gampang. Namun, di daerah Jakarta Selatan ada lho praktek dokter yang RUM, yang menjamin akan memberikan layanan medis yang informatif dan komunikatif, terutama tentang kesehatan anak. Nama praktek dokternya Praktek Dokter Markas Sehat (PDMS) atau biasa disebut Markas Sehat. Markas Sehat didirikan oleh Yayasan Orang Tua Peduli (YOP) yang digagas oleh dr. Purnamawati dan disupport oleh World Health Organization (WHO).

Saya pertama kali mengenal Markas Sehat dari tetangga saya. Saat itu saya masih tinggal di Pasar Minggu yang sangat dekat sekali dengan Markas Sehat. Semenjak itu, saya memilih Markas Sehat untuk imunisasi dan konsultasi tumbuh kembang anak.

Tempatnya sangat hommy, tidak terlihat seperti rumah sakit atau klinik dokter. Dokter-dokter yang praktek disana juga tidak mengenakan jas putih. Ada child playground yang cukup luas untuk anak-anak bermain sembari menunggu giliran masuk ruang dokter. Walaupun selama ini kalau kesana nggak pernah ngantri lama-lama sih. Biasanya di sana pasien diberi jadwal kedatangan sendiri-sendiri. Misal pasien A harus datang jam 9.00, nanti pasien B jam 9.30 atau 10.00. Jadi kita tidak buang-buang waktu di ruang tunggu.

Info terakhir bulan Februari lalu, jadwal dokter di Markas Sehat:

  • dr. Purnamawati Sp.A (dr. Wati): Selasa pagi, Jumat pagi, dan Minggu pagi.
  • dr. Arifianto Sp.A (dr. Apin): Senin sore, Rabu sore, dan Jumat sore.
  • dr. Endah Citaresmi Sp.A: Kamis sore
  • dokter umum: Selasa sore, Sabtu pagi dan sore, serta Minggu sore.

Markas Sehat tampak depan.

Saya dan anak saya Dema di depan Markas Sehat.

Fasilitas Markas Sehat.

Anak-anak saya tidak mau pulang jika sudah main di child playground Markas Sehat.

Oh ya, Markas Sehat/ YOP juga punya milis yang hingga kini masih aktif, dengan anggota sebanyak 17.000 orang lebih. Namanya Milis Sehat. Di sana kita bisa berinteraksi dengan dokter dan smart parents lainnya tentang kesehatan anak maupun umum. Cara join ke Milis Sehat sangat gampang:

  1. Kirim email kosong ke: sehat-subscribe@yahoogroups.com.
  2. Nanti kita akan menerima form database dan kuisioner.
  3. Isi lengkap lalu kirim ke: sehat-owner@yahoogroups.com.
  4. Admin akan mengapprove permintaan join kita.

Jika susah mengakses milis, bisa juga mengunjungi websitenya di www.milissehat.web.id.

Milis Sehat.

Selain milis dan web, ada juga kegiatan rutin bernama Kelas Persiapan Menyusui (KLASI) YOP di Markas Sehat. Pelaksanaannya biasanya menyesuaikan dengan jadwal di Markas Sehat dan diumumkan di milis. Ada pula kegiatan Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua (PESAT) yang biasanya diselenggarakan oleh anggota milis/ smart parents dengan mengundang pembicara dari Markas Sehat. Saya dan suami pernah sekali mengikuti PESAT 14 Jakarta pada tahun 2013. Selain di Jakarta, PESAT juga pernah diadakan di Surabaya, Bandung, dan kota-kota lainnya.

Kenang-kenangan ikut PESAT 14.

Sampai saya pindah ke Depok, saya masih ke Markas Sehat untuk konsultasi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Bukannya apa-apa, nggak tahu kenapa kalau bawa anak ke rumah sakit rasanya deg-deg’an terus. Mungkin karena di rumah sakit banyak pasien sakit, jadi pikiran saya melayang kemana-mana.

Kalau konsultasi ke Markas Sehat, sebaliknya. Datang tenang, pulang pun tenang meski dioleh-olehi banyak catatan dari dokter untuk mencari lebih banyak soal tentang kesehatan anak sendiri. Biasanya hasilnya cukup kita laporkan ke milis saja, sehingga orang lain juga akan belajar dari kasus/ pengalaman kita.

Bagi yang mau imunisasi atau mencoba konsultasi kesehatan dan tumbuh kembang anak di Markas Sehat bisa menghubungi nomor 081283552332 via SMS/ Whatsapp (pukul 08.00-20.00 WIB). Alamat Markas Sehat di Komplek PWR No. 60 Jl. Suaka Margasatwa, Jatipadang, Ragunan, Jakarta Selatan. Ancer-ancernya kalau dari Pasar Minggu lurus aja ke Jatipadang, sampai mentok ke pertigaan, lalu belok kiri. Jalan terus sampai Seven Eleven, maju dikit sudah ketemu Komplek PWR.

Depok, 3 Maret 2016

Aprillia Ekasari

Categorized in: