Sebagai orang tua dari anak berkulit sensitif, saya menjadi sangat selektif dalam memilih produk skin care untuk anak saya, khususnya sabun mandinya. Yeah, anak kedua saya, Si Dema sering mengalami iritasi atau ruam kemerahan pada kulitnya. Kalau sudah begitu, biasanya Dema akan mulai menggaruk kulitnya dan jadi rewel. Sedih banget melihatnya seperti itu. Namun, itu dulu, moms. Alhamdulillah, masa-masa garuk-garuk itu telah lama berakhir, tepatnya semenjak saya memakaikan produk Purebaby kepada Dema. Sekarang, kulit Dema sudah jarang iritasi dan makin sehat.

Faktor-faktor penyebab kulit sensitif pada anak

Kulit sensitif Dema biasanya kambuh pada saat terjadi perubahan cuaca yang ekstrem, baik dari cuaca panas ke dingin atau sebaliknya. Selain faktor cuaca, kulit Dema juga sering mengalami ruam kemerahan ketika lingkungan tempatnya beraktivitas berdebu.

Kalau cuaca panas kulit Dema jadi sangat sensitif.

Hmmm, sebenarnya, kulit sensitif Dema itu bisa terjadi karena ada kemungkinan faktor keturunan juga, sih. Konon, ayahnya juga begitu saat masih kecil dulu. Namun, pada saat telah dewasa berangsur sembuh, walau kadang masih muncul sesekali.

Trus, saya pernah dengar juga kalau faktor skin care bayi/ anak, khususnya sabun mandi juga bisa lho membuat kulit anak jadi sensitif. Soalnya, saya mengalaminya sendiri, moms. Suatu waktu saya pernah memakaikan sabun mandi bayi merek X yang terkenal banyak busanya kepada Dema. Saya pikir makin banyak busa akan makin bikin kulit bersih dan sehat. Ternyata, saya keliru, moms. Dema, enggak cocok memakainya. Abis mandi bukannya kulit sehat, malah muncul ruam kemerahan di kulit Dema, hiks.

Bahkan, saat masih bayi, Dema itu pernah terserang penyakit bisul akibat infeksi kulit yang dideritanya. Saya ingat betul, waktu itu, dokter mewanti-wanti saya untuk tidak sembarangan memilih sabun dan skin care lainnya buat Dema. Dokter menyarankan saya untuk memakaikan sabun mandi khusus untuk kulit sensitif kepada Dema. Semenjak saat itu saya berusaha memakaikan sabun yang tepat untuk Dema.

Sabun mandi yang cocok untuk anak dengan kulit sensitif

Berdasarkan rekomendasi dokter, pada akhirnya saya jadi mengetahui bahwa sabun untuk anak berkulit sensitif sebaiknya memenuhi kriteria berikut ini:

  • pH sabun sesuai kulit bayi yakni 5,5
  • Mengandung pelembab
  • Tidak mengandung pewangi yang berlebihan
  • Tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Mengenai kriteria terakhir, yakni tidak mengandung SLS, tadi sebelumnya saya sudah menyinggung tentang sabun mandi anak yang berbusa banyak ya moms? Ternyata moms, busa sabun yang melimpah itu terjadi karena sabun mandi tersebut mengandung SLS. FYI, SLS adalah zat yang sering diandalkan dalam membersihkan kotoran. Biasanya kita akan menjumpai SLS di sabun mandi, pasta gigi, detergen, dan produk-produk pembersih lainnya.

Untuk anak berkulit sensitif sebaiknya pakai sabun mandi dan sabun cuci pakaian bebas SLS.

Namun, meski ampuh membersihkan kotoran, ternyata apabila SLS ini digunakan terus menerus akibatnya akan berbahaya untuk mereka yang memiliki riwayat kulit sensitif. Nah, yang namanya anak kecil atau bayi itu masih sangat sensitif kulitnya, karena struktur kulitnya masih sangat tipis. Maka, sebaiknya kita hindari memakaikan sabun mandi yang mengandung SLS buat si kecil ya moms.

Kembali lagi ke kriteria sabun mandi untuk anak berkulit sensitif yang saya sebutkan di atas tadi, ternyata Purebaby adalah salah satu merek sabun yang memenuhi semua kriteria tersebut. Saya mengetahui produk Purebaby dari seorang teman yang anaknya berkulit sensitif juga. Akhirnya, saya ikut-ikutan ganti sabun mandi Dema dengan Purebaby. Sudah dua minggu ini kami memakai Purebaby Liquid Soap. Hasilnya, alhamdulillah, seperti yang saya ungkapkan tadi, sabun mandi Purebaby ini cocok buat Dema.

Kulit Dema lebih sehat setelah memakai Purebaby Liquid Soap.

Review Purebaby Liquid Soap

Sabun mandi Purebaby yang Dema pakai tepatnya bernama Purebaby Liquid Soap. Purebaby Liquid Soap ini pH-nya sesuai pH normal untuk bayi, yakni 5,5. Selain itu kalau membaca komposisinya, Purebaby Liquid Soap ini enggak mengandung SLS.

Komposisi Purebaby Liquid Soap yang tertera di kemasannya.

Tak hanya itu moms, produk sabun mandi Purebaby ini ternyata sangat ketat proses produksinya. Mulai dari pemilihan bahan bakunya, proses produksi, bahan kemas, sampai dengan produk jadi, semuanya memakai standar kualitas GMP atau Good Manufacturing Practice Farmasi.

Sebenarnya enggak heran sih, soalnya Purebaby ini adalah produk under supervision Novell Pharmaceutical Group yang merupakan perusahaan farmasi terkemuka. Itu lho moms, yang juga memproduksi Lacto-B yang digunakan kalau si kecil diare. Sehingga, standar produknya dipastikan berkualitas dan cocok untuk kulit anak yang masih sensitif. Tentu saja Dermatologically Approved juga ya moms.

Kemudian, lanjut tentang komposisi Purebaby Liquid Soap, sabun mandi ini terbuat dari ekstrak Oat Kernel, ekstrak Chamomile, dan Pro Vitamin B5 yang pada dasarnya memiliki fungsi merawatk kulit bayi sensitif dari iritasi ringan atau gangguan kulit.

Oh iya, sebelumnya, saya jelaskan satu per satu dulu komposisinya ya moms supaya paham apa itu ekstrak Oat Kernel, ekstrak Chamomile, dan juga Pro Vitamin B5. Berikut penjelasannya:

Ekstrak Oat Kernel

Dikenal juga dengan nama Avena sativa. Oat Kernel memiliki komponen aktif Mucilage polysaccharides (βglucan), proteins (glutelin and avenin), dan flavonoids. Kompone-komponen tersebut bisa menjaga kelembaban kulit, menyejukkan, dan menenangkan permukaan kulit dari rasa gatal dan perih akibat iritasi.

Ekstrak Chamomile

Ekstrak Chamomile sering direkomendasikan oleh ahli kesehatan kulit untuk perawatan penyakit kulit seperti inflamasi (peradangan), luka dan gatal pada kulit. Ekstrak Chamomile berasal dari Bunga Chamomile yang mengandung minyak atsiri. Ekstrak Chamomile ini juga mengandung Allantoin yang terdapat pada ekstrak Chamomile berfungsi mengatasi merah-merah akibat iritasi pada kulit bayi.

Pro Vitamin B5

Pro Vitamin B5 adalah turunan dari Vitamin B yang bisa beroksidasi menjadi Vitamin B5. Pro Vitamin B5 terkenal pula sebagai moisturizer yang bisa mengikat air lebih lama dan mampu menstabilkan metabolisme permukaan kulit. Pro Vitamin B5 juga dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga bisa menjaga keseimbangan kelembaban alami kulit. Selain itu, Pro Vitamin B5 juga punya efek mampu membuat kulit halus dan lembut, serta mampu menstimulasi regenerasi sel kulit baru.

Mengenai produknya sendiri, sesuai namanya, sabun mandi ini berbentuk liquid dan memang diformulasikan khusus untuk anak atau bayi berkulit sensitif. Berikut adalah kemasan Purebaby Liquid Soap yang saya maksud:

Purebaby Liquid Soap.

Kalau kita keluarkan dari box-nya, kemasan Purebaby Liquid Soap ternyata berbentuk bottle pump dengan ukuran 230 ml. Terus terang saya suka dengan kemasan bottle pump seperti ini dibandingkan dengan kemasan botol bertutup ulir atau flip top. Soalnya kemasan dengan pump membuat saya jadi lebih mudah menakar penggunaan sabun mandi anak. Enggak berisiko mudah tumpah juga, sih.

Apabila kita tekan pump-nya, akan mengalir sabun berwarna putih derngan tekstur yang lumayan terasa kental di tangan. Tekstur kental ini membuiat Purebaby Liquid Soap enggak mudah tumpah dan menurut saya bisa menghemat pemakaian juga karena kita enggak perlu menggunakan sabun banyak-banyak.

Oh iya, cara pemakaian Purebaby Liquid Soap juga cukup gampang ya moms. Buat moms yang anaknya masih bayi, cara pakainya:

  • Pumping secukupnya (dua kali pumping menurut saya cukup) Purebaby Liquid Soap ke tangan/ washlap yang sudah dibasahi air.
  • Usapkan ke tubuh bayi.
  • Bilas dengan air sampai bersih.

Mengenai baunya, jangan berharap baunya wangi semerbak seperti parfum ya moms. Wangi Purebaby Liquid Soap cukup segar dan enggak terlalu mencolok. Kemungkinan besar karena enggak banyak mengandung pewangi. Trus, busanya juga enggak banyak, soalnya no added SLS.

Namun, meski enggak terlalu wangi dan busanya tidak berlimpah, sabun mandi anak ini cukup efektif membuat kulit anak jadi lebih sehat. Sehingga, kini, kalau cuaca terlalu ekstrem, Dema udah enggak mengalami ruam kemerahan lagi.

Oh iya moms, perawatan kulit sensitif Dema tidak berhenti sampai di ganti sabun mandi saja lho. Supaya menjaga kulit Dema tetap sehat, saya juga melengkapi perawatan kulit sensitifnya dengan memakai detergen Purebaby Laundy Liquid.

Melengkapi perawatan kulit si Kecil yang sensitif dengan memakai sabun cuci pakaian Purebaby Laundry Liquid

”Mengapa juga pakai sabun cuci pakaian Purebaby Laundry Liquid?” Penasaran moms?

Jadi, gini lho, buat anak yang berkulit sensitif, memilih sabun cuci pakaian untuk mencuci pakaiannya juga sangat penting. Soalnya, yang namanya sabun cuci pakaian itu kan mengandung zat-zat kimia tertentu ya moms. Kalau ada zat yang enggak cocok sama kulit anak, maka bisa membuat iritasi juga lho.

Purebaby Laundry Liquid untuk mencuci pakaian bayi berkulit sensitif.

Itulah sebabnya, sebagai orang tua dari anak berkulit sensitif, saya juga harus memperhatikan jenis sabun cuci pakaian yang saya pakai untuk mencuci pakaian Dema. Nah, karena sebelumnya sudah kenal Purebaby untuk sabun mandi anak, begitu mengetahui kalau Purebaby juga punya sabun cuci pakaian anak (Purebaby Laundry Liquid), maka saya putuskan untuk sekalian memakainya juga.

Lalu bagaimana cara Purebaby Laundry Liquid ini membersihkan noda pada pakaian? Jadi moms, meski enggak pakai SLS, Purebaby Laundry Liquid ini mampu membersihkan dan mengangkat kotoran pada pakaian anak dan bayi karena mengandung zat pembersih yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung, serta juga mengandung anti bacterial dan anti fungi alami yaitu Aloe Vera.

Sama seperti sabun mandinya, Purebaby Laundry Liquid ini tanpa detergen SLS (Sodium Lauryl Sulfat) atay Anionik Surfaktant yang berisiko menyebabkan iritasi. Namun, karena tanpa SLS, Purebaby Laundry Liquid ini jadi ramah lingkungan.

Purebaby Launcry Liquid telah teruji secara Hypoalergenic.

Satu lagi kelebihan sabun cuci pakaian anak Purebaby Laundry Liquid ini adalah telah teruji secara klinis bersifat Hypoallergenic (tidak menyebabkan alergi). Selain itu, bahan Aloe Vera-nya dapat melembutkan pakaian anak/ bayi, sehingga saya enggak perlu membilas pakaian Dema dengan softener lagi.

Teksturnya cair dan aromanya lembut.

Sedangkan untuk produknya, jika kita tuang ke tangan, berbeda dengan sabun mandinya yang bertekstur kental, Purebaby Laundry Liquid ini tektsturnya lebih cair dan cukup berwarna bening. Aromanya soft banget.

Apabila dituang ke dalam wadah berisi air, trus dikocok memang akan tampak berbusa. Namun, busanya tuh enggak sampai meluap gitu. Kemudian, busanya juga enggak licin di tangan, sebagaimana busa detergen pada umumnya. Itulah sebabnya membilas pakaian yang dicuci pakai sabun cuci Purebaby Laundry Liquid ini enggak terlalu butuh banyak air. Jadi, moms juga bisa hemat air saat mencuci pakaian si kecil nih 🙂 .

Sedangkan untuk hasil cuciannya, menurut saya Purebaby Laundry Liquid cukup ampuh kok mengangkat noda di pakaian si kecil. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kalau nodanya enggak terlalu kotor cukup dikucek sekali sudah bisa hilang. Kalau nodanya agak membandel ya direndam dulu beberapa saat, kemudian bisa moms kucek lagi.

Busanya sedikit dan tidak licin di tangan.

Itulah moms sedikit cerita tentang bagaimana saya merawat kulit Si Kecil yang sensitif dan juga informasi plus review tentang Purebaby Liquid Soap for sensitive skin dan sabun cuci pakaian anak Purebaby Laundry Liquid. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat moms yang anaknya berkulit sensitif yaaa 🙂 .

Saya saat membeli produk Purebaby di Food Hall.

Purebaby bisa didapatkan di Food Hall, Farmers, Ranch Market, AEON, Lulu, Grand Lucky, Century, dan Baby Shop di kota moms tinggal. Purebaby Liquid Soap juga bisa moms dapatkan di Kimia Farma atau apotek lainnya.

April Hamsa

Sumber referensi: